twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 14 April 2021

Pengenalan Dasar Masak di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar Surabaya

Chef Ari Bekali Mahasiswa Baru Culinary Art Teknik Masak Grilled Chicken dan Buat Empat Kreasi Sauce

 

DOSEN Pengajar Dasar Masak (Basic Cooking Knowledge), Chef Ari Purwantoro pada pertemuan hari keempat, Kamis (08/04/2021) pagi, mengajarkan teknik masak Grilled Chicken dan membuat empat kreasi Sauce kepada 17 mahasiswa baru Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Pagi di Laboratorium Praktik Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Untuk memudahkan pekerjaan saat praktik masak di kitchen, Chef Ari membagi 17 mahasiswa Culinary Class itu dalam enam kelompok kerja. Masing-masing kelompok beranggotakan 5-6 orang.

Dalam kuliah Basic Cooking Knowledge hari keempat itu, Chef Ari kembali menerangkan konsep-konsep dasar teknik dan pengetahuan dalam proses memasak terutama cara membersihkan memotong ayam hingga meng-grilled-nya dan membuat empat kreasi sauce, yakni Italian Sauce, Black Pepper Sauce, Lyonnaise Sauce dan Mushroom Sauce.


Mahasiswa baru Culinary Art Class tersebut juga dikenalkan dengan teknik merebus, memanggang (grilled), menggoreng, membakar dan mengatur api kompor (stove) di kitchen agar masakan tersebut betul-betul matang sempurna.

”Tidak hanya itu, mahasiswa juga kami kenalkan dengan pengetahuan dasar-dasar hygiene & sanitation, pengetahuan menggunakan pisau, pra persiapan masak, prosedur berbagai macam pembuatan kaldu merupakan hal-hal yang diutamakan hingga sejarah layanan makanan modern,” terang Chef Ari Purwantoro kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, pekan lalu.

Sesuai panduan di dalam Buku Ajar (Silabus), ntuk masak grilled chicken membutuhkan bahan antara lain daging ayam utuh, seasoning, herbs & spice seperti oregano, thyme, basil, rosemary, bayleaf, tarragon dan olive oil.

Daging ayam yang sudah dibersihkan dan dibumbui, kemudian di-bake dalam mesin oven selama 45-60 menit pada suhu 180-200*C. Kematangan grilled chicken itu ditandai warna kecoklatan dan bumbunya meresap hingga ke dalam daging serta tekstur dagingnya lunak.

Sementara itu untuk membuat Italian Sauce, bahannya terdiri dari button mushroom, shallot, butter, white wine, tomato paste, demiglaze dan parsley, sedangkan untuk bikin Black Pepper Sauce bahannya meliputi shallot, white wine, black pepper corn, demiglaze, oregano dan thickening (sesuai kebutuhan).

Selanjutnya, mahasiswa juga diminta membuat Lyonnaise Sauce dan Mushroom Sauce. Bahan untuk membuat Lyonnaise Sauce adalah onion, butter, white wine dan demiglaze. Sedangkan untuk bikin Mushroom Sauce bahan yang dibutuhkan meliputi button mushroom, shallot, butter, white wine, demiglaze dan thickening (sesuai kebutuhan).

Sementara itu, pada tatap muka hari pertama, Senin (05/04/2021) pagi, mahasiswa baru Culinary Art Class diajarkan bagaimana membuat schrambled egg & vegetable cutting (cutting potato) serta membuat brown stock, chicken stock, fish stock dan beef stock.

Pada pertemuan hari berikutnya, Selasa (06/04/2021) pagi, mahasiswa dikenalkan seputar pengaruh panas terhadap bahan masakan. Dalam hal ini mahasiswa diajarkan bagaimana membuat omelette & cutting potato serta membuat bechamel, velouté, tomato concasse, espagnole dan tomato sauce.

Sedangkan pada tatap muka hari ketiga, Rabu (7/04/2021) pagi, Chef Ari mengenalkan metode memasak tentang bagaimana cara membuat sunny side up & vegetable cutting (cutting potato) serta membuat hollandaise sauce, demiglaze, supreme dan allemande.

Sementara itu pada pertemuan hari terakhir, Jumat (09/07/2021) pagi, mahasiswa giliran diajarkan bagaimana memotong onion, lettuce, avocado, crouton, melon, jikama (chestnut), cucumber jab serta memotong dan membersihkan ikan gurami. Selain itu, mahasiswa juga dibekali cara membuat mayonnaise, tar-tar, 1000’s island dan fruit salad in condensed milk dressing.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar