twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 30 April 2021

Aksi Heboh Mahasiswa Praktik Masak Continental Bersama Chef Ari dan Chef Nadya

Mahasiswa Culinary Art Sajikan Beef Bourguignon with Potato Garlic, Olahan Daging yang Tasty ala Chef dari Prancis

 

PRAKTIK masak menu Continental Cuisines (Western Food), masih berlanjut. Kali ini giliran mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Pagi diajarkan teknik masak Beef Bourguignon with Potato Farlic yang tasty ala chef terkenal dari Prancis. Praktik masak bersama Chef Ari Purwantoro (Kelas C1) dan Chef Nadya Ratri Aryani (Kelas C2) tersebut dilakukan di Laboratorium Praktik Culinary, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (27/04/2021) pagi.

 

Demi memudahkan pekerjaan di kitchen, pagi itu, Chef Ari menugaskan enam anak didiknya yang masuk dalam Tim 1 masak Beef Bourguignon. Sedangkan 6-7 mahasiswa dari Tim 2, diminta prepare di kitchen untuk membuat Potato Garlic yang gurih rasanya.

 

Masing-masing tim pun berupaya tampil all out saat masak menu Continental Cuisines yang dihidangkan ala restoran terkenal di Prancis. Menu masakan yang pertama adalah membuat Beef Bourguignon, olahan daging sapi yang tasty (superenak) yang legendaris tersebut.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan selama masak Beef Bourguignon terdiri atas garlic, onion, parsley, carrot, leek, thyme, bay leaf, salt, pepper corn untuk mendapatkan taste yang diinginkan, red wine, beef, oil, flour, tomato paste, brown stock, button mushroom, dan cream.

 

”Untuk masak menu legendaris ini menggunakan metode sear & stew agar dagingnya menjadi empuk dengan tekstur halus dan bumbunya betul-betul meresap sempurna,” terang Chef Ari di sela-sela mendampingi anak didiknya bekerja di kitchen.

 

Secara bersamaan tim 2 juga tampil percaya diri demi masak Potato Garlic yang gurih rasanya. Untuk membuat Potato Garlic ala chef terkenal dari Prancis, maka bahan masakan yang wajib disiapkan adalah potato, garlic dan parsley. Metode memasaknya sendiri mengaplikasikan teknik sautee.


Sementara itu di Kelas C2 yang sehari-hari dibimbing Chef Nadya Ratri Aryani, dua tim mahasiswa –masing-masing beranggotakan enam orang—harus berjibaku demi mempersembahkan kreasi masakan Beef Bourguignon with Potato Garlic karena kedua tim itu di-battle satu sama yang lainnya.


”Hasil plating-an masing-masing tim saya apresiasi ketika Beef Bourguignon with Potato Garlic itu ditampilkan di meja display. Masakan mahasiswa itu juga saya kritisi dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur dan rasanya,” tandas Chef Nadya, kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar