twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 29 April 2021

Aksi Ciamik Praktik Masak Continental Bersama Chef Ari dan Chef Lusiana

Lezatnya Menu ’Stuffed Chicken Breast with Spinach, Garlic Potato & Pesto’ ala Restoran Terkemuka di Eropa

 

KELEZATAN tiga menu populer yang masuk kategori Continental Cuisines (Western Food), yakni Stuffed Chicken Breast with Spinach, Garlic Potato dan Pesto ala restoran terkemuka di Benua Biru (Eropa) dihidangkan kepada mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Pagi, setelah mereka praktik masak di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (22/04.2021) pagi.

 

Oleh Chef Ari Purwantoro maupun Chef Lusiana, mahasiswa diminta membuat tiga menu, yakni Stuffed Chicken Breast with Spinach, Garlic Potato dan Pesto dengan tampilan yang elegan dan berkelas, layaknya sajian di restoran-restoran terkenal di Eropa.

 

Demi memudahkan pekerjaan di kitchen, 14 mahasiswa Culinary Art (C1) Class yang diasuh Chef Ari dibagi tiga tim masing-masing beranggotakan 4-5 orang. Setiap tim kebagian tugas masak satu dari tiga menu masakan Continental Cuisines (Western Food). Masing-masing tim berupaya tampil all out saat masak tersebut.

 

Tim 1 membuat menu masakan yang pertama yakni Stuffed Chicken Breast with Spinach. Bahan-bahan yang dibutuhkan terdiri atas chicken breast (fillet), spinach, cream cheese dan onion. Untuk memasaknya sendiri menggunakan metode rooled dan roasted.

 

Chicken breast yang sudah dibersihkan dibumbui lalu di-roasted dalam mesin oven pada suhu 200*C selama 45-60 menitan. Angkat jika sudah masak yang ditandai dagingnya berwarna kecoklatan. Pastikan juga daging ayam yang di-roasted itu sudah lunak dan bumbunya meresap sampai ke dalam daging.

 

”Sedangjkan spinach-nya sendiri dimasak (rooling method) bersama onion, cream cheese dan tambahkan sedikit seasoning untuk mendapatkan taste yang diinginkan,” terang Chef Ari kepada anak didiknya.

 

Sementara itu Tim 2 diminta membuat Garlic Potato. Bahannya berupa baby potato (hanya dibersihkan kulitnya) lalu dibelah jadi dua bagian dan selanjutnya di-steam. Usai proses steaming, baby potato tersebut di-sautee bersama garlic yang sudah di-chop bersama shallot, pine nut, lemon juice dan olive oil.

 

Jangan lupa tambahkan juga seasoning (salt & pepper) secukupnya hingga keluar aromanya yang harum segar saat proses sauteing masakan tersebut. Inilah Garlic Potato yang gurih dengan aroma yang mengundang selera.


Giliran Tim 3 mengerjakan tugas untuk masak Pesto. Bahan yang dibutuhkan terdiri dari Italian parsley, onion, shallot, pine nut, lemon juice, olive oil dan tambahkan juga seasoning-nya berupa salt & pepper secukupnya. Tampilan Pesto itu layaknya pasta dari Negeri Spaghetti (Italia).


”Tiga menu yang sudah matang tersebut siap untuk dihidangkan di atas piring setelah sebelumnya di-plating dan di-garnish lebih dulu dengan parsley leaf dan tomato cherry layaknya sajian masakan di restoran terkemuka di Eropa,” ujar Chef Ari Purwantoro.

 

Tidak mau kalah dengan mahasiswa Culinary Art (C1) Class, keseruan masak tiga menu Continental Cuisines itu juga ditampilkan oleh 16 mahasiswa Culinary Art (C2) Class yang sehari-hari dibimbing Chef Lusiana.

 

Pasalnya, saat praktik di kitchen, empat kelompok --masing-masing beranggotakan empat mahasiswa itu— di-battle satu sama lain, sehingga mereka pun harus tampil all out dan seru banget demi menunjukkan kreasi masakan terbaiknya.

 

Durasi masak tiga menu Continental Cuisines tersebut, yakni Stuffed Chicken Breast with Spinach, Garlic Potato dan Pesto tidak lebih dari dua jam, sejak prepare bahan masakan, mengolah bahan-bahan masakan tersebut hingga menyajikannya di atas meja display produk.

 

”Jika semua pekerjaan rampung, sekarang masing-masing kelompok kerja sibuk mem-plating-nya agar tiga menu masakan Continental Cuisines yang populer itu tampil cantik, menarik dan berkelas. Ingat semua pekerjaan itu harus clean & clear,” terang Chef Lusi kepada anak didiknya. Good jobs Bro & Sis …!

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar