twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 18 April 2021

Belajar Pengolahan Roti Plain/Lean & Eriched Bersama Chef Ita Suhervin

Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A Praktik Individu Buat Dinner Roll, Cheese French dan Garlic Bread yang Keren

PADA pertemuan hari Senin (12/04/2021) pagi, 17 mahasiswa baru Pastry Art Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticceria) Kelas A belajar Teknik Pengolahan Roti Plain/Lean & Eriched bersama Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group, Chef Ita Suhervin selama lima hari, di Kitchen Modern Lantai 2 Kampus Food University Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya.


Pada tatap muka hari pertama itu Chef Ita bersama asistennya Rana Ulfa Rahmadani berbagi ilmu cara membuat tiga resep roti kekinian, yakni Dinner Roll, Cheese French dan Garlic Bread. Selama bekerja di kitchen, mahasiswa tidak kerja dalam tim kecil melainkan praktik secara individual.

Selama praktik membuat tiga kreasi bread tersebut, enam mahasiswa membuat Dinner Roll sejak prepare bahan, memproses di kitchen hingga mem-plating berikut garnish-nya agar tampilannya cantik, menarik dan berkelas saat disajikan di meja display produk.

Selanjutnya enam mahasiswa Pastry Art yang lain diminta praktik secara individual mermbuat Cheese French. Giliran lima mahasiswa berikutnya diberi tugas oleh Chef Ita praktik secara individual untuk membuat Garlic Bread.

Menurut Chef Ita, 17 mahasiswa baru Pastry Art Class Tristar Manyar itu adalah Bill Loren, Gracia Julia Halim, Victoria Graciella Sugiharto, Erdinda Putri Lamau, Richie Riando, Aisyah Rhestu Secty Jadiyantara, Jalla Kusumanegara, Michael Fidellouis Kosasih, Titus Tirtawan, Muhammad Zidane Indrawardhana, Maria Yuliana Permatasari Jehandu, Nadifatul Anisa, Kristianus Harley Santosa Igar, Khalifudin Tamam Waliyullah, Alfihz Luthfi Naufaldy, Faleria Christin Tahir dan Fiona Ling.

Untuk membuat Dinner Roll, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah bread flour (Cakra Kembar), egg, sugar, bread improver, yeast, salt, water dan butter. Sedangkan untuk membuat Butter Dish-nya sendiri bahannya meliputi butter, margarine dan salt.

Sebelum adonan yang sudah kalis dan dibentuk bulat baru di-bake pada suhu 190*C selama 15-20 menitan, adonan Dinner Roll itu wajib di-proof lebih dulu selama 60 menit hingga mengembang sempurna lalu diolesi Butter Dish agar tampilannya mengkilap. Dinner Roll yang sudah matang diangkat dari mesin oven, selanjutnya dihias sesuai selera masing-masing individu mahasiswa.

Selanjutnya untuk membuat Cheese French, maka bahan yang disiapkan di meja kerja adalah bread flour (Cakra Kembar), bread improver, yeast, salt dan water. Adonan Cheese French yang sudah kalis itu kemudian ditaburi dengan 100 gram cheddar cheese meg dan 100 gram mozzarella cheese, baru diolesi dengan Butter Dish yang bahannya terdiri dari butter, margarine dan salt.

”Sebelum di-plating dan di-garnish agar tampilannya elegan dan berkelas, maka Cheese French tersebut di-bake lebih dulu pada suhu 200*C selama 15-20 menitan,” ujar Chef Ita Suhervin kepada anak didiknya.

Resep terakhir yang diajarkan kepada mahasiswa baru Pastry Art Class adalah membuat Garlic Bread. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Garlic Bread meliputi bread flour (Cakra Kembar), bread improver, yeast, salt dan water. Sedangkan bahan untuk topping-nya terdiri dari margarine, salt, parsley, garlic dan cheddar cheese.

Adonan Garlic Bread yang sudah kalis dibentuk persegi dengan ukuran 10x20 cm2 atau bisa juga ukurannya lebih kecil yakni 5x10 cm2, sebelum di-bake pada suhu 190*C selama 20 menitan ditaburi dengan topping-an yang sudah disiapkan sebelumnya. Good jobs Bro & Sis …!


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di jaringan kampus Tristar Group, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar