twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 30 April 2021

Asyiknya Belajar Teknik Pengolahan Roti Enriched Bersama Chef Mei dan Chef Renny

Mahasiswa Pastry Art Praktik Buat Burger Bun, Floss Roll Bread, Crocodile Bread dan Cheese Milky Toast Open Top di Laboratorium Praktik Graha Tristar


MAHASISWA Pastry Art Akpar Majapahit Kelas Pagi yang sehari-hari diasuh oleh Chef Dwi Mei Retnowati (kelas P1) dan Chef Renny Savitri (Kelas P2), antusias belajar Teknik Pengolahan Roti Enriched. Mereka diajarkan cara membuat empat kreasi breads dengan tampilan kekinian, yakni Burger Bun, Floss Roll Bread, Crocodile Bread dan Cheese Milky Toast Open Top, di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Selasa (27/04/2021) pagi.


Praktik hari pertama itu mahasiswa tampak antusias bekerja di kitchen-nya masing-masing, demi membuat empat kreasi breads dengan tampilan kekinian sesuai job desk yang diberikan Chef Mei dan Chef Renny.


Setiap tim berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan. Pasalnya, usai mem-plating empat kreasi breads itu, hasil kreasi masing-masing kelompok dinilai dan dikritisi oleh Dosen Pembimbing.


Tak salah jika masing-masing tim pun kerja keras untuk membuat produk pastry dengan sebaik-baiknya seperti arahan Chef Mei. Tim 1 misalnya, tampil percaya diri saat bekerja di kitchen demi membuat Burger Bun yang cantik, menarik dan berkelas.


Begitu juga dengan Tim 2, yang kebagian tugas membuat kreasi Floss Roll Bread, tampil kompak saat bekerja di kitchen, sejak prepare bahan, mengolah hingga mem-plating-nya agar tampilannya memikat hati.


Sedangkan Tim 3 tampil penuh semangat ketika bekerja di kitchen demi mempersembahkan Twist Bread 3 Strand ala hotel berbintang. Sementara itu tiga mahasiswa anggota Tim 4 berjibaku di kitchen demi membuat Cheese Milky Toast Open Top, salah satu kreasi bread dengan citarasa manis (sweet taste).


Di Kelas P2 yang dibimbing Chef Renny Savitri, dari empat kreasi breads tersebut, ada salah satu kreasi bread, Cheese Milky Toast Open Top yang diganti dengan kreasi lainnya yakni Watermelon Milky Toast Bread.


Untuk membuat Burger Bun, misalnya, Tim 1 prepare bahan yang terdiri dari bread flour (cakra kembar), yeast, bread improver, sugar, milk powder, salt, egg, cold water dan butter, sedangkan untuk washing bagian atasnya agar tampak mengkilap wajib diolesi egg yolk dan fresh milk lalu ditaburi sesame seed.


Adonan Burger Bun yang sudah kalis lalu diambil @ 45 gram dan dibentuk bulat kemudian didiamkan beberapa saat sampai mengembang dan permukaan atasnya di-washing dulu baru ditaburi dengan sesame seed, selanjutnya di-bake pada suhu 180*C selama 12-15 menitan.


Untuk filling-nya, anggota Tim 1 juga prepare menyiapkan ground beef, beef fat, tomato sauce, bread crumb, egg, salt, pepper, sesame seed, cheddar cheese (di-grated), tomato fresh, onion, tomato sauce, chili sauce, mayonnaise, bechcurly lettuce. Ground beef, beef fat, tomato sauce, bread crumb, egg, salt & pepper dihaluskan untuk membuat burger @ 35 gram lalu di-sautee hingga matang.


Sementara itu tiga mahasiswa anggota Tim 2 juga bahu-membahu membuat Floss Roll Bread. Bahan-bahan yang disiapkan untuk membuat adonan Floss Roll Bread adalah bread flour, yeast, bread improver, sugar, milk powder, salt, egg, water, butter dan margarine.


Untuk filling dan toping-nya, maka bahan yang diperlukan adalah sesame seed, nori sheet, spring onion, red chili, mayonnaise, cheddar cheese (di-grated lebih dulu), chicken floss (abon dari daging ayam), Sedangkan untuk washing-nya sendiri menggunakan egg dan fresh milk.


Sedangkan mahasiswa yang menjadi anggotaTim 3 dan Tim 4 pun harus berjibaku di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya, demi mempersembahkan Crocodile Bread dan Cheese Milky Toast Open Top (Watermelon Milky Toast Bread) yang keren abis. Good jobs Bro & Sis …!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar