twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 11 April 2021

Asyiknya Praktik Food Technology Applications Bersama Chef Ernawati dan Chef Rachma

Mahasiswa Culinary Art Diajarkan Cara Buat Jamur Crispy yang Kerenyahannya Bisa Bertahan hingga Enam Jam

 

MAHASISWA Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Pagi, kembali dibekali teknik membuat Jamur Crispy yang gurih dan super renyah oleh Chef Ernawati M.MPar dan Chef Rachma Nur Devianti STP., M.MPar., Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (18/03/2021) siang.

 

Pada pertemuan pekan terakhir tersebut, Chef Ernawati mendampingi anak didiknya praktik membuat Jamur Crispy, yang gurih dan super renyah dengan harga terjangkau. Kerenyahan Jamur Crispy ini sudah teruji karena mampu bertahan hingga enam jam sejak di-packaging.

 

Kelebihan ini yang menjadi daya tarik mahasiswa untuk membuat Jamur Crispy secara industrial di rumah seperti yang diajarkan dosen pembimbing di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar Surabaya. Pasalnya, resep untuk membuat Jamur Crispy tersebut dititikberatkan untuk membuka usaha skala rumahan atau yang biasa disebut home industry.

 

”Dengan demikian, produksi Jamur Crispy untuk bisnis rumahan tersebut bisa menyasar segmen pasar yang luas dari segmen middle low (menengah bawah) hingga middle up {menengah atas) karena harganya yang terjangkau untuk semua kalangan,” terang Chef Rachma Nur Devianti kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, baru-baru ini.

 

Selama praktik membuat Jamur Crispy dengan sentuhan food technology, pihaknya membuat empat resep. Untuk setiap resepnya membutuhkan sejumlah bahan yang terdiri dari jamur tiram, terigu, maizena, icing sugar, perenyah makanan, baking soda, garlic powder, MSG, salt, water, oil, kertas merang, bumbu tabur aneka rasa, mayonnaise dan chili sauce.

 

“Demi memberikan pilihan menarik kepada konsumen, maka selama praktik membuat Jamur Crispy tersebut, mahasiswa Culinary Art Class, saya memberikan kesempatan untuk berkreasi menampilkan sejumlah varian rasa Jamur Crispy, yakni original, cheese, balado dan BBQ dari bumbu tabur aneka rasa yang sudah saya siapkan sebelumnya,” ujarnya.


 

Selama praktik membuat Jamur Crispy tersebut, Chef Ernawati antusias membimbing mahasiswa Culinary Art (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi –Michelle Aurellia dkk-- di Laboratorium Praktik Culinary 1, sedangkan Chef Rachma tampil all out saat mengasuh mahasiswa Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Pagi –Dicky Tanu Wijaya dkk—di Laboratorium Praktik Culinary 2 Lantai 3 Graha Tristar.


”Praktik masak membuat Jamur Crispy dengan sentuhan food technology tersebut, kamki juga didukung oleh tepung terigu Bogasari dan minyak goreng Barco,” pungkas Chef Ernawati di sela-sela membimbing anak didiknya bekerja di kitchen modern Graha Tristar Surabaya.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar