twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 26 April 2021

Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Masak Continental Bersama Chef Ari dan Chef Thomas

Mahasiswa Culinary Art Sajikan ’Suisse Spaetzel dan Chicken Cordon Bleu with Mushroom Sauce’ yang Berkelas

 

MAHASISWA Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Pagi yang dibimbing Chef Ari Purwantoro (Kelas C1) dan Chef Thomas Denny (Kelas C2), kembali mempersembahkan dua kreasi masakan Continental Cuisines, yakni Suisse Spaetzel dan Chicken Cordon Bleu with Mushroom Sauce yang berkelas ala hotel berbintang, Sabtu (17/04/2021) pagi. Praktik masak hari kedua, pagi itu, dihelat di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Tampilan berkelas ala hotel berbintang dari hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Art Class itu tidak lepas dari dukungan penuh masing-masing Dosen Pengajar, yang mengajak anak didiknya untuk tampil percaya diri ketika masak dua menu Western Food yang sangat populer itu, sejak mereka prepare bahan masakan, memroses masakan tersebut hingga mem-plating-nya sebelum disajikannya di meja display.

 

”Saya terus mengawal mahasiswa Culinary Art Class saat praktik di kitchen, sejak prepare bahan masakan hingga mem-plating dua kreasi masakan Continental Cuisines ini agar penyajiannya sekelas hotel berbintang atau setara kapal pesiar mewah di luar negeri,” kata Chef Ari, kepada kru www.sekolahmasak,info di ruang kerjanya, Sabtu (17/04/2021), pekan lalu.

 

Pihaknya memberikan kebebasan penuh kepada anak didiknya berkreasi saat mem-plating hasil masakannya sebelum disajikan di meja display produk. Sesekali dirinya juga memberi masukan agar tampilan masakan itu betul-betul menarik, elegan dan berkelas ala hotel berbintang.

 

Sedangkan Chef Thomas tampil dengan memberikan sentuhan akhir pada setiap plating-an agar tampilannya elegan dan berkelas, Ketrampilan itu selanjutnya di-sharing-kan kepada anak didiknya. Kiat itu ditunjukkan Chef Thomas ketika memberikan contoh bagaimana teknik mem-plating masakan Suisse Spaetzel dan Chicken Cordon Bleu with Mushroom Sauce yang keren.

 

Sementara itu demi memudahkan pekerjaan di Laboratorium Praktik Culinary, Lantai 3 Graha Tristar, Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Chef Ari menugaskan anak didiknya dari Kelas C1 masak Suisse Spaetzel (Tim 1), sedangkan Tim 2 menyiapkan masakan Chicken Cordon Bleu dan Tim 3 prepare membuat Mushroom Sauce-nya. Jika semua pekerjaannya sudah tuntas, selanjutnya kreasi masakan itu di-plating dalam satu tampilan yang cantik dan menarik.

 

Sedangkan Chef Thomas yang mengawal mahasiswa Culinary Art dari Kelas C2, membentuk dua tim untuk di-battle agar masing-masing tim termotivasi Ketika mempersembahkan hasil krreasi masakan terbaiknya. Karena itu setiap tim kebagian tugas masak dua menu masakan Continental Cuisines (European Food) tersebut.

 

Masing-masing tim pun berupaya tampil penuh percaya diri saat masak empat menu Continental Cuisines yang disajikan ala hotel berbintang atau restoran ternama di Surabaya. Menu masakan yang pertama adalah Suisse Spaetzel.

 

Bahan-bahan yang diperlukan untuk masak Suisse Spaetzel adalah flour, egg, cheddar cheese, water, olive oil, onion dan seasoning berupa salt, pepper dan sugar. Untuk masak Suisse Spaetzel ini menggunakan metode mixing dan boiling.

 

Sedangkan menu yang kedua, mahasiswa praktik membuat Chicken Cordon Bleu. Bahan-bahan yang dibutuhkan terdiri atas chicken breast, smoked beef, cheddar cheese, flour, salt dan blackpepper (untuk taste), egg, bread crumb, flour, demiglaze, water dan blackpepper.

 

Selanjutnya membuat Mushroom Sauce. Untuk membuat sauce dengan metode sautee dan simmering ini, maka bahan masakan yang wajib disiapkan adalah brown sauce, buttom mushroom 9yang sudah dibuang batangnya lalu di-slice), onion, cream dan ditambahkan seasoning berupa salt, pepper dan sugar untuk mendapatkan taste yang diharapkan.

 

”Jika semua pekerjaan selesai, giliran sekarang Anda tinggal mem-plating-nya agar dua menu masakan Continental Cuisines yang sangat populer itu tampil elegan dan berkelas,” tandas Chef Thomas Denny, di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar, akhir pekan lalu.

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar