twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 29 April 2021

Keseruan Mahasiswa Ramaikan Gelaran Baking Demo with Chef di Graha Tristar

Chef Dwi Mei Retnowati dan Chef Renny Savitri Buat Foccasia Garden, Kreasi Bread Kekinian yang Terinspirasi dari Keindahan Taman Bunga


AKSI seru penuh suka cita kembali ditunjukkan mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas Pagi, yang meramaikan gelaran Baking Demo with Chef Dwi Mei Retnowati (Kelas P1) dan Chef Renny Savitri (Kelas P2) buat Foccasia Garden. Baking demo itu sendiri digelar di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (21/02/2021) pagi.


Dalam baking demo tersebut, Chef Mei maupun Chef Renny menampilkan salah satu kreasi bread kekinian yang terinspirasi dari keindahan taman bunga. Bread kekinian yang superkeren itu selain menampilkan miniatur taman bunga yang indah dari aspek tampilan, juga lembut teksturnya dan rasa yang gurih tentunya (savoury taste).


”Melalui baking demo ini, kami ingin menginspirasi mahasiswa Pastry Art Class untuk terus belajar bagaimana mengasah ketrampilan mereka sehingga mampu menghasilkan produk pastry yang cantik, menarik dan berkelas,” kata Chef Mei kepada kru www.sekolahmasak,info di ruang kerjanya, pekan lalu.


Gelaran baking demo pagi itu dihadiri sekitar 25-an mahasiswa Pastry Art Class. Mereka antusias mengikuti demo membuat satu kreasi bread kekinian tersebut, yang notabene itu merupakan hasil kesepakatan sesame Dosen Pengajar Pastry Art Class di lingkungan Akpar Majapahit. Gelaran baking demo ini sekaligus mengapresiasi peringatan Kartini Day’s yang jatuh setiap tanggal 21 April.


Setelah gelaran baking demo tersebut, Foccasia Garden dari Kelas P1 maupun Kelas P2 ditampilkan di meja display masing-masing untuk didokumentasikan. Menariknya, anak didik Chef Mei dari Kelas P1 juga diberi kesempatan untuk mem-plating dan meng-garnish satu lagi Foccasia Garden dari hasil kreasi mereka sendiri.


Sementara itu, menurut Chef Renny, untuk membuat Foccasia Garden yang berkelas, maka bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat adonan bread kekinian tersebut meliputi bread flour, bread improver, yeast, sugar, egg, salt, water dan butter.

 

Sebelum di-bake pada suhu 180*C selama 15-20 menitan, maka adonan Foccasia Garden yang sudah kalis ditaruh di atas loyang persegi (bisa juga memanfaatkan loyang bulat), lalu di-garnish dengan sejumlah bahan untuk hiasannya seperti daging cincang, sausage, asparagus, paprika merah, paprika hijau, paprika kuning, red chili, lemon, tomato cherry, carrot, parsley dan cheddar cheese.


”Selama proses meng-garnish, kami juga melibatkan mahasiswa Pastry Art Class agar ketrampilan mereka semakin terasah dengan baik. Untuk finishing touch-nya sendiri kami yang memungkasi,” tandas Chef Renny kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar