twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 30 April 2021

Aksi Seru Mahasiswa Praktik Masak Continental Bersama Chef Ari dan Chef Nadya

Kerennya Tampilan Beef Stroganoff with Broccoli au Gratine & Butter Rice, yang Disajikan Mahasiswa Culinary Art

 

KESERUAN praktik masak olahan daging sapi bersama Chef Ari Purwantoro (Kelas C1) dan Chef Nadya Ratri Aryani (Kelas C2) kembali berlanjut. Kali ini giliran mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Siang, diajarkan masak tiga menu Continental Cuisines (Western Food), yakni Beef Stroganoff, Broccoli au Gratine dan Butter Rice yang lezat, di Laboratorium Praktik Culinary, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (28/04/2021) siang.

 

Beef Stroganoff sendiri merupakan sajian daging sapi khas Negeri Beruang Merah (Rusia) yakni daging sapi yang ditumis lalu dihidangkan dalam saus dengan krim asam (smentana). Dalam praktik masak kali ini, Beef Stroganoff dikombinasi dengan sedapnya Broccoli au Gratine dan Butter Rice yang gurih menampilkan hidangan yang berkelas ala restoran ternama hotel bintang lima.


Demi memudahkan pekerjaan di kitchen, siang itu, Chef Ari kembali menugaskan empat anak didiknya yang masuk dalam Tim 1 masak Beef Stroganoff. Sedangkan empat mahasiswa dari Tim 2, prepare membuat Broccoli au Gratine dan sisanya empat mahasiswa yang lainnya masuk dalam Tim 3, kebagian tugas menyiapkan Butter Rice-nya.

 

Masing-masing tim pun berupaya tampil penuh percaya diri saat masak tiga menu Continental Cuisines yang disajikan ala restoran ternama. Menu masakan yang pertama adalah membuat Beef Stroganoff, olahan daging sapi yang deliciously dari Negeri Beruang Merah (Rusia).

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan selama masak Beef Stroganoff terdiri atas tenderloin (di-shredded lebih dulu), butter, onion (di-brunoa), mushroom (di-slice), demiglaze, cream, dijon mustard, parsley dan salt & pepper sebagai seasoning-nya diberikan secukupnya untuk memberikan taste yang diharapkan. Teknik masak Beef Stroganoff menggunakan metode sear & stew.

 

”Selama proses masak olahan daging sapi khas Rusia ini, mahasiswa Culinary Art Class mengaplikasikan metode sear & stew, demi menghasilkan aroma olahan daging sapi yang sensasional,” terang Chef Ari di sela-sela mendampingi anak didiknya bekerja di kitchen.

 

Selanjutnya masak Broccoli au Gratine. Untuk membuat menu masakan yang satu ini, maka bahan masakan yang mesti disiapkan adalah broccoli (di-florette), bechamel + cream 30 ml, bread crumb dan parmesan. Metode memasaknya sendiri memadukan teknik blanch, sautee dan gratine.


Setelah masak Beef Stroganoff dan Broccoli au Gratine, giliran menu terakhir yang siap diolah mahasiswa Culinary Art Class adalah Butter Rice yang gurih. Menurut Chef Nadya Ratri Aryani, untuk membuat Butter Rice dengan metode steam & sautee, maka bahan yang dibutuhkan antara lain long grain rice, butter, celery (di-slice lebih dulu) dan onion yang sudah di-brunoa.


”Jika semua pekerjaan tersebut telah selesai, maka sekarang giliran Anda mem-plating-nya agar tiga menu masakan Continental Cuisines legendaris itu tampil cantik, elegan dan berkelas,” ujar Chef Nadya di ruang kerjanya.


Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar