twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 13 April 2021

Asyiknya Mahasiswa Praktik Masak Oriental Cuisines Bersama Chef Nadya Ratri Aryani

 

SEBELUM pergelaran final exam, akhir Maret 2021 lalu, Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes kembali memberikan tantangan kepada mahasiswa Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Pagi, untuk masak enam menu Oriental Cuisines yang cukup populer di lidah orang Indonesia.

 

Enam menu masakan itu adalah Steamed Fish with Soy Sauce, Hainan Roce,  Iceberg with Mushroom in Oyster Sauce, Salted Egg Chicken Wings, Stir Fried Eggplant with Beef dan Fried Kweetiau. Praktik masak Chinese Food hari kedelapan tersebut dilaksanakan di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar, Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Jumat (19/03/2021) pagi.

 

Sepuluh mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu dibagi dya tim masing-masing beranggotakan lima orang. Setiap tim kebagian tugas masak tiga menu masakan Oriental Cuisines (Chinese Food). Durasi untuk masak tiga menu tersebut tidak lebih dari 90 menit.

 

Makanya, setiap tim berupaya tampil all out saat masak menu Oriental Cuisines yang disajikan ala hotel berbintang atau restoran ternama di Surabaya. Tim 1 (Tommy Juanda dkk) kebagian tugas masak tiga menu yakni Steamed Fish with Soy Sauce, Hainan Rice dan Iceberg with Mushroom in Oyster Sauce.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk masak Steamed Fish with Soy Sauce terdiri atas garoupa (ikan kerapu), soy sauce, mushroom soy, chinese wine, sesame oil, coriander leaf, ginger, leek dan red chili.

 

 

Selanjutnya demi membuat Hainan Rice yang gurih, maka bahan masakan yang disiapkan adalah rice, chicken stock, garlic, ginger, sesame oil dan salt. Sementara itu untuk masak Iceberg with Mushroom in Oyster Sauce, bahan-bahan yang diperlukan antara lain iceberg lettuce, hioko, garlic oil, oyster sauce, soy sauce, chinese wine, chicken stock, salt, pepper, sugar dan thickening.

 

Sedangkan Tim 2 (Dicky Tanu Wijaya cs) yang ditugasi untuk masak tiga menu yang berbeda, yakni Salted Egg Chicken Wings, Stir Fried Eggplant with Beef dan Fried Kweetiau

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk masak Salted Egg Chicken Wings. terdiri atas chicken wings, butter, onion, garlic, salted egg yolk, saus Inggris (lokal), L&P, green peas dan water secukupnya.

 

Sedangkan untuk masak Stir Fried Eggplant with Beef mereka juga bekerja all out demi menyiapkan bahan masakan yang meliputi green eggplant, ground beef, hioko, garlic, ginger, onion, red chilli, chinese wine, soy sauce dan coriander leaf (untuk garnish-nya).

 

Sementara itu menu terakhir adalah masak Fried Kweetiau Bahannya terdiri dari kweetiau yang masih fresh, beansprout, garlic, prawn, cutterfish, fish ball, chicken stock, chives, chinese wine, oyster sauce, soy sauce, sesame oil dan tambahkan juga seasoning yang terdiri salt, pepper dan sugar, demi mendapatkan taste-nya.

 

”Jika semua pekerjaan rampung, sekarang Anda tinggal mem-plating-nya agar tiga menu masakan Oriental Cuisines yang cukup populer di Surabaya itu tampil cantik, menarik dan berkelas,” tandas Chef Nadya Ratri Aryani, di hadapan anak didiknya.

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar