twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 29 April 2021

Aksi Seru Mahasiswa Praktik Masak Continental Bersama Chef Ari dan Chef Nadya

Spanish Duck, Jambalaya dan Pisto, Tiga Kreasi Menu Continental Cuisines yang Deliciously, Persembahan dari Mahasiswa Culinary Art Class

 

TIGA kreasi menu Continental Cuisines (Western Food), yakni Spanish Duck, Jambalaya dan Pisto yang deliciously dipersembahkan oleh mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Pagi, seusai mereka praktik masak ala hotel berbintang di Laboratorium Praktik Culinary, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Selama praktik di kitchen, mahasiswa disupervisi langsung oleh Chef Ari Purwantoro (Kelas C1) dan Chef Nadya Ratri Aryani (Kelas C2).

 

Demi memudahkan pekerjaan di kitchen pagi itu, Chef Ari menugaskan empat anak didiknya yang masuk dalam Tim 1 masak Spanish Duck. Sedangkan empat mahasiswa dari Tim 2, prepare membuat Jambalaya dan sisanya empat mahasiswa yang lainnya dalam Tim 3 tiap tim kebagian tugas menyiapkan Pisto-nya.

 

Masing-masing tim pun berupaya tampil penuh percaya diri saat masak tiga menu Continental Cuisines yang disajikan ala hotel berbintang. Menu masakan yang pertama adalah membuat Spanish Duck, olahan bebek yang superlezat dari Negeri Matador (Spanyol).

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan selama masak Spanish Duck terdiri atas duck, olive oil, onion, garlic, green peas plus seasoning yang terdiri dari salt, pepper dan sugar untuk mendapatkan taste yang diinginkan.


 

”Selama proses masak olahan bebek khas dari Spanyol ini, mahasiswa Culinary Art Class mengaplikasikan metode searing sedangkan saat memasak bumbunya harus di-sautee lebih dulu demi menghasilkan aroma yang harum,” terang Chef Ari di sela-sela mendampingi anak didiknya bekerja di kitchen, pekan lalu.

 

Selanjutnya masak Jambalaya. Untuk membuat menu masakan yang satu ini, maka bahan masakan yang wajib disiapkan adalah bacon, onion, garlic, tomato fruit, tomato paste, thyme, rice, chicken stock, clean shrimps, sausage, red bellpepper, green bellpepper, tabasco, salt & pepper. Metode memasaknya sendiri mengaplikasikan teknik sautee dan steaming.

 

Setelah masak Spanish Duck dan Jambalaya, giliran menu terakhir yang siap diolah mahasiswa Culinary Art Class adalah Pisto.  Untuk membuat Pisto dengan metode sautee, maka bahan yang dibutuhkan antara lain onion, zhucini, tomato fruit, green bellpepper, paprika, thyme, bay leaf, egg dan tambahkan seasoning yang terdiri dari salt, pepper dan sugar untuk mendapatkan taste yang diharapkan.

 

”Jika semua pekerjaan tersebut telah tuntas, maka sekarang Anda tinggal mem-plating-nya agar tiga menu masakan Continental Cuisines yang populer itu tampil, cantik, elegan dan berkelas,” tandas Chef Nadya, di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar, pekan lalu.

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar