twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 30 April 2021

Aksi Heboh Mahasiswa Pastry Art Class di Elmer Baking Centre Sidoarjo

Chef Jeffrey Leonardo Sharing Ilmu Teknik Buat Assorted Sweet Bread Aneka Topping dan Filling yang Keren


AKSI heboh mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas Pagi dan Kelas Siang di Elmer Baking Centre (EBC), Kawasan Pergudangan Fortune Tambak Sawah, Sidoarjo berlangsung pada Rabu (28/04/2021). Rombongan terbagi dalam dua sesi, yakni sesi pagi diikuti 16 orang mahasiswa dan sesi siang dihadiri 15-an mahasiswa. Kunjungan mahasiswa itu di dampingi tiga Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, Chef Renny Savitri, Chef Dwi Mei Retnowati, Chef Sari Palupi dan seorang asisten chef.


Kunjungan mahasiswa ke Elmer Baking Centre (EBC) pagi itu semakin bermakna dengan hadirnya Presdir Tristar Group Ir Juwono Saroso MM., M.MPar., yang mengikuti rangkaian kehebohan acara Baking Demo with Chef Jeffrey Leonardo Tangka dari PT Federal Food Internusa, produsen Elmer Premium Chocolate. Inspiring Innovation.  

Materi praktik yang di-sharing oleh Chef Jeffrey merupakan materi praktik yang akan diajarkan kepada mahasiswa Pastry Art Class, setelah mereka diajarkan Pastry Basic, Teknik Dasar Pengolahan Roti Lean/Plain dan Teknik Dasar Pengolahan Roti Enriched, di Kampus Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Untuk membuat aneka kreasi Assorted Sweet Bread dengan tampilan kekinian, mahasiswa dikenalkan Basic Dough oleh Chef Jeffrey, yakni membuat adonan Sweet Bun Dough di Elmer Baking Centre (EBC).

Bahan A terdiri dari tepung protein tinggi, tepung protein sedang, gula pasir, susu bubuk, ragi instant (yeast), bread improver dan softener, sedangkan Bahan B meliputi telur, kuning telur, fresh cream, air dingin seta Bahan C adalah mentega dan garam.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut: (1). Mixer bahan A dengan kecepatan pelan hingga rata, (2). Masukkan bahan B, aduk dengan kecepatan pelan hingga menggumpal, (3). Naikkan kecepatan menjadi tinggi, aduk hingga ¾ kalis, (4). Tambahkan bahan C, aduk Kembali hingga kalis dan (5). Istirahatkan adonan selama 10 menit.

Selanjutnya (6). Timbang adonan dengan berat sesuai kebutuhan, (7). Bulatkan adonan lalu istirahatkan tiga menit, (8). Bentuk adonan, (9). Fermentasikan adonan kurang lebih 15 menit dan (10). Oven dengan suhu 185*C selama 12-15 menit, Assorted Sweet Bread pun siap disajikan.

Sebelum aneka kreasi Assorted Sweet Bread disajikan di meja display produk pastry, pekerjaan yang mesti disiapkan adalah membuat Egg Wash yang bahannya terdiri dari telur dan susu cair, sedangkan untuk membuat Milky Cheese Filling-nya sendiri dari keju cheddar diparut dan Elmer Filling Pasta Cheese.

Sementara itu untuk membuat Mexican Topping-nya, bahan yang dibutuhkan adalah mentega, gula halus, telur, tepung protein sedang dan susu bubuk, sedangkan untuk membuat Topping Tiger bahan yang diperlukan adalah Elmer African Red 20-24% Cocoa Powder, Elmer African Black 10-12% Cocoa Powder, tepung beras putih dan air.

Sambil menunggu proses pengovenan bread itu matang, Chef Jeffrey juga mengajarkan mahasiswa Pastry Art Class teknik membuat aneka kreasi ornament (Entremet) dari Dark Chocolate Compound (DCC) dan White Chocolate Compound (WCC). Jenis ornament yang didemokan itu antara lain motif bulu ayam, daun, kelopak bunga (seperti kipas), bunga mawar, spring (coil), chocolate mini ball dan cigarette.  

Sebelum dipungkasi dengan foto bersama Chef Jeffrey, Presdir Tristar Group, Dosen Pengajar dan mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit, Chef Renny Savitri, mewakili Kampus Akpar Majapahit secara simbolis menyerahkan cindera mata kepada Chef Jeffrey Leonardo Tangka dari Elmer Baking Centre (EBC). Good bye & see you tomorrow. God bless you all…!


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar