twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 22 April 2021

Aksi Ciamik Praktik Masak Continental Cuisines Bersama Chef Ari dan Chef Nadya

Mahasiswa Culinary Art Sajikan Menu ’Roast Chicken, Sautee Mushroom dan Mashed Potato’ ala Hotel Berbintang

 

RAHASIA kelezatan tiga menu legendaris yang masuk dalam kelompok Continental Cuisines (Western Food) ini diajarkan kepada mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Pagi yang diasuh Chef Ari Purwantoro maupun Chef Nadya Ratri Aryani. Praktik masak hari pertama, Selasa (13/04/2021) pagi itu, mahasiswa diminta membuat tiga menu ala hotel berbintang, yakni Roast Chicken, Sautee Mushroom dan Mashed Potato dengan tampilan yang elegan dan berkelas.

 

Demi memudahkan pekerjaan di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar, Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, 14 mahasiswa Culinary Art (C1) Class yang diasuh Chef Ari Purwantoro dibagi tiga tim masing-masing beranggotakan 4-5 orang. Setiap tim kebagian tugas masak satu dari tiga menu masakan Continental Cuisines (Western Food). Masing-masing tim berupaya tampil all out saat masak tiga menu Continental Cuisines yang disajikan ala hotel berbintang.


Tim 1 membuat menu masakan yang pertama yakni Roast Chicken. Bahan-bahan yang dibutuhkan terdiri atas broiler chicken, oil, rosemary, sweet paprika, garlic, carrot, celery, onion, salt, pepper dan mustard. Broiler chicken untuk yang sudah dibersihkan bulu-bulu halus dan diambil isinya dilumuri minyak bersama salt, pepper dan mustard sebagai bumbunya.


Broiler chicken tersebut lalu di-roasted dalam mesin oven pada suhu 200*C selama 45-60 menitan. Angkat jika sudah masak yang ditandai dagingnya berwarna kecoklatan. Pastikan juga daging ayam yang di-roasted itu sudah lunak dan bumbunya meresap sampai ke dalam daging.

 

Selain itu, mereka juga diminta menyiapkan Black Pepper Sauce yang bahannya meliputi garlic, demiglaze, black pepper corn, oregano dan tambahkan juga beurre manie (roux) secukupnya.

 

Sementara itu Tim 2 diminta membuat Saute Mushroom. Bahannya berupa button mushroom yang sudah di-slice kemudian di-sautee bersama bumbunya seperti garlic, onion, parsley, salt dan oil.

 

Sedangkan Tim 3 mengerjakan tugas untuk membuat Mashed Potato. Bahan yang dibutuhkan terdiri dari potato (sudah dikupas kulit arinya), fresh milk, cream cooking, butter dan nutmeg utuh. Untuk membuat Mashed Potato ini menggunakan metode simmering dan smashing, sehingga saat disajikan terasa lembut tekstur kentangnya.

 

”Tiga menu yang sudah matang tersebut siap untuk dihidangkan di atas piring setelah sebelumnya di-plating dan di-garnish lebih dulu dengan parsley leaf dan tomato cherry layaknya sajian masakan ala hotel berbintang,” ujar Chef Ari, sapaan akrabnya, kepada anak didiknya.

 

Tidak mau kalah dengan mahasiswa Culinary Art (C1) Class, keseruan masak tiga menu Continental Cuisines itu juga ditunjukkan oleh 14 mahasiswa Culinary Art (C2) Class yang sehari-hari dibimbing Chef Nadya Ratri Aryani.

 

Pasalnya, saat praktik di kitchen, dua kelompok --masing-masing beranggotakan tujuh mahasiswa itu— di-battle satu sama lain, sehingga mereka pun harus tampil all out dan heboh banget demi mempersembahkan kreasi masakan terbaiknya.


Durasi masak tiga menu Continental Cuisines tersebut, yakni Roast Chicken, Sautee Mushroom dan Mashed Potato tidak lebih dari dua jam sejak prepare bahan masakan, mengolah bahan-bahan masakan tersebut hingga menyajikannya di atas meja display produk.

 

”Jika semua pekerjaan rampung, sekarang Anda tinggal mem-plating-nya agar tiga menu masakan Continental Cuisines yang legendaris itu tampil cantik, menarik dan berkelas,” terang Chef Nadya Ratri, di sela-sela mendampingi anak didiknya masak di kitchen. Good jobs Bro & Sis …!

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar