twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 22 Mei 2022

Dari Keseruan Praktik Masak Western Food di Kitchen Graha Tristar Bersama Chef Nadya Ratri


Mahasiswa Culinary Art Sajikan Menu Chicken Creamy Soup dan American Pizza ala Restoran Terkenal

 

AKSI seru kembali ditunjukkan mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi, saat praktik masak Western Food (American Cuisines) pada hari keenam, Rabu (11/05/2022) pagi bersama Chef Nadya Ratri Aryani. Sekitar 15-an mahasiswa yang hadir pagi itu, tampil penuh semangat demi masak Chicken Creamy Soup dan American Pizza ala restoran terkenal, di Kitchen Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Mahasiswa giliran dikenalkan teknik masak Chicken Creamy Soup (Soup) dan American Pizza (Main Course) yang tasty & deliciously. Praktik masak menu Western Food (American Cuisines) kali ini menitikberatkan pada cara pengolahan daging ayam (aves).

 

Dua menu masakan Western Food ini sangat familiar di lidah orang Indonesia, khususnya masyarakat menengah atas di Surabaya. Menu makanan cepat saji ini banyak ditawarkan oleh sejumlah restoran yang sudah tidak asing lagi eksistensinya bagi warga kota Pahlawan.

 

Setidaknya ada 10 restoran pizza terbaik di Surabaya, yakni Pizza Hut, Pisa Café & Resto, Papa Rons Pizza, Panties Pizza, Goodies Pizza, Slice of Cali (Italian Pizza), Casa Italia, Mimu Pizza & Salad, Docafe dan Koffee Plus Roof Bar.

 

Menurut Chef Nadya, demi masak Chicken Creamy Soup yang superlezat, maka bahan masakan yang dibutuhkan adalah chick breast (di-small dice), potato (juga small dice), mix veggie, cream, chicken stock dan berikan seasoning secukupnya.

 

Tambahkan juga repper, sugar, salt dan nutmeg saat men-simmering-nya bersama potato hingga matang sempurna. Sedangkan tambahan bahan yang lain seperti parsley (di-chop), toast bread (crouton), garlic dan onion (keduanya di-chop). Saat masak Chicken Creamy Soup, garlic dan onion di-sautee lebih dulu sampai mengeluarkan aroma harum.

 

Sedangkan masakan berikutnya membikin American Pizza (Main Course)-nya. Bahannya meliputi flour dan yeast (di-mixed), salad oil, sugar, water, salt dan molding. Adonan pizza yang sudah kalis di-resting dulu selama 30 menit agar mengembang. Selanjutnya adonan pizza itu dipipihkan dengan rolling secara manual, baru ditaburi topping-an sebelum di-bake pada suhu 180*C selama 25-30 menitan.

 

”Untuk topping-nya sendiri bahannya terdiri dari potongan daging (ayam), smoked beef, sausage, onion, button mushroom (sudah di-slice lebih dulu), cheedar cheese dan tambahkan tomato sauce concase,” terang Chef Nadya di hadapan mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu.

 

Sementara itu demi membuat tomato sauce concase yang enak, maka bahan yang disiapkan adalah tomato fruits (yang sudah di-peel dan di-chop, lalu di-blanch), tomato paste, garlic (di-chop lebih dulu sebelum di-sautee), bay leaf, basil, oregano, thyme, sugar, salt & pepper dan tomato ketchup.

 

Praktik pengolahan makanan Western Food (American Cuisines) hingga pertemuan hari keenam itu sudah mengaplikasikan teknik-teknik memasak seperti grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan yang lainnya. Oleh karena itu, mahasiswa Culinary Art diharapkan sudah bisa membaca resep sekaligus mempraktikannya di hot kitchen dengan baik.

 

Seperti mahasiswa Culinary Art Class yang lainnya, maka anak didik Chef Nadya juga diberi kesempatan menuangkan ide-ide fantastis mereka saat mem-plating dua menu masakan Western Food (American Cuisines) tersebut agar tampilannya tampak elegan dan berkelas, seperti penyajian makanan di restoran terkenal di Surabaya. Amazing! Good jobs Bro & Sis

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

1 komentar: