twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 14 Agustus 2019

Dari Belajar Teknik Pengolahan Kue Tradisional Indonesia - Dari Kitchen Graha Tristar, Mahasiswa Pastry Kelas Siang Persembahkan Kue Ku, Kroket, Pastel dan Angsle

Dari Belajar Teknik Pengolahan Kue Tradisional Indonesia

Dari Kitchen Graha Tristar, Mahasiswa Pastry Kelas Siang Persembahkan Kue Ku, Kroket, Pastel dan Angsle 
PRAKTIK teknik pengolahan kue tradisional Indonesia masih berlanjut. Pada pertemuan Kamis (28/02/2019) siang, pekan lalu, 20 mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang yang dibimbing Chef Renny Savitri M.Par kembali diajarkan teknik membuat Kue Ku, Kroket, Pastel dan Angsle di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
Praktik membuat Kue Ku, Kroket, Pastel dan Angsle tersebut merupakan materi praktik pengolahan kue tradisional hari kesembilan yang wajib dilakoni mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit, setelah sebelumnya mereka diajarkan tentang teknik pengolahan adonan berlapis –Croissant dan Puff Pastry— di Kitchen Pastry 1.
20 mahasiswa Pastry Class itu dibagi dalam empat kelompok besar, masing-masing diminta membuat dua plating-an yang berbeda untuk setiap resepnya, sehingga saat disajikan di meja sedikitnya ada 8-10 tampilan yang berbeda dari Kue Ku, Kroket, Pastel dan Angsle yang dipersembahan anak didiknya.
Dari empat resep yang dipraktikkan akhir pekan lalu, ternyata Angsle yang menjadi daya tarik sebagian besar anak didik Chef Renny. Selain paling cepat proses memasaknya, Angsle –yang disajikan di mangkuk berisi ketan putih, irisan roti tawar, mutiara kemudian diguyur kuah santan manis dan ditaburi kacang goreng-- jadi rebutan kelompok lainnya.
Durasi membuat empat olahan kue tradisional itu sekitar tiga jam –mulai pukul 13.00-16.00 WIB, sejak prepare bahan baku, proses memasak hingga menyajikannya di meja, sebelum produk olahan hasil kreasi mahasiswa itu dinilai dosen pengajar.
Menurut Chef Renny, teknik pengolahan kue tradisional Indonesia ini diajarkan kepada mahasiswa Pstry Class sejak pertengahan Februari 2019 lalu, tepatnya mulai Rabu (14/02/2019) lalu, di Kitchen Pastry 1, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
Mahasiswa Pastry Class itu diajarkan membuat sekitar 50-an resep kue dengan teknik pengolahan kue tradisional (jajan pasar) oleh Chef Renny. Dosen Pengajar menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang aneka jenis kue tradisional Indonesia (jajan pasar) termasuk dessert-nya seperti Kolak Pisang, Es Cendol Beras, Es Pisang Ijo Paluh Butung dan lain-lain.
Pada tatap muka hari pertama, Rabu (14/02/2019) siang, Chef Renny langsung menggelar Baking Demo di hadapan 20 mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang. Sebelum demo, anak didiknya dibeli pengetahuan singkat seputar teknik pengolahan kue tradisional Indonesia di Kitchen Pastry 1.
Diakui Chef Renny, teknik pengolahan kue tradisional Indonesia memang sedikit ribet dibandingkan dengan kue modern kekinian yang dipelajari mahasiswa sebelumnya, mulai Bread, Cup Cake, Pie, Tartlet, Muffin dan terakhir Produk Adonan Berlapis seperti  Croissant dan Puff Pastry.
Namun demikian jika Anda tertarik untuk melestarikan kue tradisional (aneka jajanan pasar) ini –karena memang banyak dijual di pasar-pasar tradisional— juga tidak ada salahnya, mengingat eksistensi jajan pasar belakangan malah naik daun.
Jajan pasar sekarang mulai banyak disajikan di hotel-hotel berbintang, saat sarapan (breakpast) secara prasmanan, makan siang (lunch) hingga jamuan makan malam (dinner) dan jajan pasar pun kini bersanding sejajar dengan kue-kue modern kekinian yang lainnya.

Selanjutnya, pada pertemuan hari kedua, Kamis (15/02/2019) siang, Chef Renny membekali anak didiknya cara membuat Bolu Kukus, Dadar Gulung, Risoles dan Kroket Kentang. Empat produk jajan pasar itu ada yang masuk kelompok sweet (manis rasanya) dan savoury (berasa gurih).
Kemudian pada pertemuan hari kelima, Selasa (19/02/2019) siang, Chef Renny kembali berbagi ilmu dengan anak didiknya praktik membuat empat resep kue tradisional yakni Apem, Lapis Beras, Sosis Solo dan Pastel.
Keesokan harinya, Rabu (20/02/2019) siang, Chef Renny kembali menggelar Baking Demo membuat Lapis Legit Gulung di Kitchen Pastry 1 Graha Tristar dan pada Kamis (21/02/2019) siang-nya, 20 mahasiswa Pastry Kelas Siang diajarkan cara membuat Kue Karamel, Putri Mandi, Putu Ayu dan Martabak Telur.
”Sementara itu pada pertemuan hari ketujuh, Selasa  (26/02/2019) pagi, saya mahasiswa teknik membuat Es Pisang Hijau, Kue Mangkuk, Perut Ayam dan Terang Bulan,” kata Chef Renny Savitri M.Par, Dosen Pastry Akpar Majapahit kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, kemarin.
Selanjutnya pada tatap muka ke delapan, Rabu (27/02/2019) siang, mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang mengikuti gelaran Baking Demo membuat Kue Lotus (Lotus Puff Pastry), yang merupakan Chinese Traditional Snack persembahan dari Chef Renny. Oleh sebagian masyarakat Tionghoa, Kue Lotus kebanyakan disajikan pada Perayaan Tahun Baru Imlek.
Setelah praktik membuat Kue Ku, Kroket, Pastel dan Angsle pada pertemuan hari kesembilan, Kamis (28/02/2019) siang, pekan lalu, maka pada tatap muka hari terakhir, Selasa (05/03/2019) siang, 20 mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang masih diajarkan membuat empat resep pamungkas, yakni Kue Bugis, Kue Lumpur, Ronde dan Talam Ebi yang berasa gurih.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar