twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 12 Agustus 2019

Praktik FoodTech di Kitchen Culinary Graha Tristar - Mahasiswa Advanced Culinary Class Diajarkan Buat Delapan Produk Olahan dengan Sentuhan Food Technology

Praktik FoodTech di Kitchen Culinary Graha Tristar

Mahasiswa Advanced Culinary Class Diajarkan Buat Delapan Produk Olahan dengan Sentuhan Food Technology
PEKAN lalu, tepatnya pada Selasa (19/02/2019) hingga Jumat (22/02/.2019) pagi, enam mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit praktik membuat delapan item produk olahan dengan pendekatan Food Technology bersama Chef Rachma Nur Devianti S.TP., M.MPar.
Mahasiswa diajarkan teknik membuat Ekado Frozen, BBQ Sauce, Abon Daging Sapi, Abon Ikan (Patin), Abon Ayam Ekonomis, Bawang Merah Goreng Kemasan, Nugget Tempe dan Bento Chicken Roll di Kitchen Culinary Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
Enam mahasiswa Advanced Culinary Class yang diajarkan membuat aneka produk olahan dengan sentuhan Food Technology itu adalah Melvin Septian Budiono, Wayan Raditya Ananda Kusuma, Hatmadi Ismu S., Wahyu Trisna Ardi, Edric Wilbert Tjoa dan Erwin Santoso.
Pada tatap muka hari pertama, Selasa (19/02/2019) pagi, Chef Rachma mengajarkan anak didiknya teknik membuat Ekado Frozen dan BBQ Sauce di Kitchen Culinary Graha Tristar, sedangkan pertemuan hari kedua, Rabu (21/02/2019) pagi, mahasiswa praktik membuat Abon Daging Sapi dan Abon Ikan (Patin).
Saat praktik masak membuat Abon Daging Sapi dan Abon Ikan (Patin), mahasiswa juga dikenalkan mesin penapis minyak dan hand mini sealer. Dengan memanfaatkan mesin penapis minyak goreng, maka abon yang dihasilnya jauh lebih kering hingga 80-90 persen.karena kandungan minyaknya telah berkurang banyak.
”Sedangkan penggunaan hand mini sealer memungkinkan produk olahan makanan tersebut bisa dikemas dan disimpan dalam wadah plastik kedap udara. Dengan teknik pengemasan sederhana seperti itu maka kualitas abon tetap terjaga, renyah dan bisa disimpan lebih lama,” terang dosen pengajar dengan hijab di kepala ini kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, kemarin.
Selanjutnya pada tatap muka hari ketiga, mahasiswa Advanced Culinary Class, kembali dikenalkan cara membuat Abon Ayam Ekonomis dan Bawang Merah Goreng Kemasan yang gurih dan renyah di Kitchen Graha Tristar Surabaya.
Ide kreatif membuat Abon Ayam Ekonomis itu tercetus untuk menyiasati mahalnya daging sapi maupun daging ayam di pasaran akhir-akhir ini. Nah, untuk membuat Abon Ayam Ekonomis itu memadukan antara daging ayam dan keluwih atau nangka muda dengan rasio 1 : 4.
”Artinya bahan untuk membuat Abon Ayam Ekonomis itu daging ayamnya cukup 100 gram, sedangkan keluwih atau nangka mudanya sendiri butuh 400 gram. Dengan kiat ini, pelaku usaha skala rumahan bisa menghemat bahan baku dan harga jual abon itu menjadi lebih terjangkau kantong konsumen,” terang Chef Rachma.  
Sementara itu para pertemuan hari keempat, Jumat (22/02/2019) pagi, Chef Rachma berbagi ilmu dengan anak didik tentang cara membuat Nugget Tempe dan Bento Chicken Roll. Dengan sentuhan Food Technology, cita rasa Nugget Tempe tidak kalah gurihnya dengan Nugget Daging Ayam.
Sedangkan pada pertemuan hari terakhir, Senin (25/02/2019) pagi, mahasiswa Advanced Culinary Class diuji membuat kreasi masakan (Food Creation) menurut versi mereka sendiri, setelah sebelumnya mahasiswa memperoleh pembelajaran teknik membuat aneka produk olahan dengan pendekatan Food Technology dari Chef Rachma Nur Devianti ST.P., M.MPar.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar