twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 20 Agustus 2019

Dari Ujian Praktik Sesi Kedua di Dapur Pastry 1 Graha Tristar - Tiga Mahasiswa Pastry Kelas Siang Persembahkan Kreasi Baru Lemper Ayam Kelor, Lumpia (Daun) Kelor dan Kroket Kelor Mozzarella

Dari Ujian Praktik Sesi Kedua di Dapur Pastry 1 Graha Tristar

 Tiga Mahasiswa Pastry Kelas Siang Persembahkan Kreasi Baru Lemper Ayam Kelor, Lumpia (Daun) Kelor dan Kroket Kelor Mozzarella  

 
PADA ujian praktik sesi kedua, Rabu (27/03/2019) siang, tiga dari tujuh mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang, menerima tantangan Chef Renny Savitri M.Par., membuat aneka kreasi kue tradisional (jajan pasar) yang bahannya dari daun kelor. Ujian praktik tersebut dihelat di Kitchen Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
 
 
Tiga dari tujuh mahasiswa Pastry tersebut adalah Cici Septi Melani, Anisha Nurindah Eka Nugraheni dan Rafly Ezhar Fachrudi. Mereka antusias membuat kreasi baru Lemper Ayam Kelor, Lumpia (Daun) Kelor dan Kroket Kelor Mozzarella, saat ujian praktik di Kitchen Pastry 1, pekan lalu.
Sedangkan empat mahasiswa Pastry Kelas Siang yang lainnya yakni Rosy Septia Abidah, Melanina Musdalifah Putri, Eka Yunia Rosyidah dan Sandi Indra Lesmana fokus menyiapkan kreasi jajan pasar menurut versi mereka sendiri, yakni Lapis India (Rosy), Korket Cengi (Melanina), Yunia (Klepon Labu Kuning) dan Klepon Ubi Ungu (Sandi).
 
Kue Lapis India yang dibuat Rosy merupakan kue tradisional yang berasa manis dari Banjarmasin (Kalsel). Kue ini biasanya dihidangkan untuk menu takjil buka puasa Ramadhan. Sedangkan Melanina mengangkat kue tradisional khas Madura yang berasa gurih dari olahan ketela pohon (singkong), yang bertajuk Korket Cengi
Sementara itu Eka Yunia membuat Klepon Labu Kuning yang banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional Sidoarjo dan Sandi all out membikin Klepon Ubi Ungu, Jajan pasar yang dikreasi dari olahan ubi ungu dengan rasa manis ini --di dalamnya diisi gula kelapa (gula merah)-- tentu sangat menggoda selera untuk mencicipinya.
 
Sebelum praktik masak di Kitchen Pastry 1, enam mahasiswa Pastry Kelas Siang yang sehari-hari diasuh oleh Chef Renny Savitri, memperoleh subsidi uang belanja @ Rp 50 ribu perorang dari pihak Kampus. 
Uang tersebut untuk dibelanjakan aneka bahan kue dan roti sesuai kebutuhan peserta ujian.  Kalau dananya dirasa masih kurang saat mereka berbelanja, maka peserta ujian tersebut wajib nomboki dari uang sakunya sendiri.
 
Selain itu setiap peserta ujian juga diminta menyerahkan resep cara membuat kreasi kue tradisional (jajan pasar) yang akan dibuat mahasiswa Pastry Akpar Majapahit kepada dosen, sebelum ujian berlangsung. 
 
”Menariknya pada ujian praktik sesi kedua ini, ada tiga mahasiswa kami yang menerima tantangan dosen pembimbing untuk membuat kue tradisional Lemper Ayam Kelor, Lumpia (Daun) Kelor dan Kroket Kelor Mozzarella, yang salah satu bahannya diambil dari daun kelor,” ujar Chef Renny.
Durasi ujian praktik membuat aneka kreasi jajan pasar di Kitchen Pastry 1 siang itu dimulai pukul 13.00 hingga pukul 16.00 WIB. Dengan waktu sekitar tiga jam, diharapkan setiap peserta ujian sudah bisa menampilkan hasil kreasinya –sudah di-plating atau di-garnish—semenarik mungkin di hadapan dewan juri.
Tiga orang juri tersebut yakni Asdir I Bidang Akademik Akpar Majapahit Hedy W. Saleh, SH, MBA, MSi.Par., Kaprodi D3 Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit Dewi Mariyanah M.Par., kembali dipercaya untuk menilai hasil kreasi mahasiswa Pastry Class pada ujian praktik hari kedua, Rabu (27/03/2019) sore.
 
Ketiga anggota Dewan Juri itu dengan cermat melihat satu persatu kue tradisional hasil kreasi mahasiswa Pastry Kelas Siang yang sehari-hari diasuh oleh Chef Renny Savitri M.Par di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya. 
Tidak hanya melihat tampilannya saja, ketiga orang juri itu juga dipersilakan mencicipi satu persatu dari tujuh produk hasil kreasi mahasiswa Pastry Kelas Siang dengan disaksikan Chef Renny Savitri. 
 
Dalam ujian kali ini, ada tiga kriteria penilaian oleh Dewan Juri yang mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan, yakni creativity & plating (penampilan), texture (tekstur) dan taste (citarasa). 
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Pastry Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar