twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 12 Agustus 2019

Dari Kunjungan Industri di Bidakara Fancy Tunjungan Hotels - Mahasiswa Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Praktik Akomodasi Restoran di Bidakara Fancy Tunjungan Hotels

Dari Kunjungan Industri di Bidakara Fancy Tunjungan Hotels

Mahasiswa Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Praktik Akomodasi Restoran di Bidakara Fancy Tunjungan Hotels 

SEBANYAK 21 mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang praktik Akomodasi Restoran sesuai Standar Industri Perhotelan di Bidakara (Bisanta) Fancy Tunjungan Hotels, Senin (18/02/2019) pagi bersama Peter ST., Dosen Pengajar Akomodasi Restoran. Maksud dan tujuan dari kunjungan industri ini untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar Akomodasi Restoran di kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan.
Meskipun yang mengikuti kunjungan industri sekaligus praktik Akomodasi Restoran di Bidakara Fancy Tunjungan Hotel adalah mahasiswa Pastry Class, namun mereka tetap percaya diri ditantang masak di Hot Kitchen oleh Chef Imam Shofi’i dan timnya. 
Sesuai arahan Chef Imam, sembilan mahasiswa ditugaskan di Hot Kitchen untuk praktik masak Nasi Putih, Nasi Goreng Mandarin, Ang Sio Sayuran, Fu Yung Hai dan Ayam Saos Inggris. sedangkan tiga mahasiswa praktik membuat Roti Manis di Cold Kitchen Bidakara Fancy Tunjungan Hotels.
Sementara itu, sembilan mahasiswa lainnya dikenalkan cara kerja Food & Beverage Service (FBS) oleh Food & Beverage Manager (FBM) Bidakara Fancy Tunjungan Hotels, Bagus bersama asistennya, Yudi, di Anggrek Restaurant.
Rombongan mahasiswa bersama dosen pembimbingnya itu menumpang satu unit mobil Multipurpose Vehicle (MPV) berangkat dari Kampus Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya sekitar pukul 09.00 WIB menuju hotel yang beroperasi di Jl Raya Tegalsari No. 77-85 Surabaya dan tiba di hotel sekitar 45 menit kemudian.
Perjalanan sejauh 20-an kilometer itu ditempuh sekitar 45 menitan dan rombongan sampai di tujuan sekitar pukul 09.45 WIB. Sedangkan dosen yang mendampingi rombongan mahasiswa pada Senin (18/02/2019) pagi itu adalah Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Peter ST bersama tim dari Divisi Multimedia Tristar Group.
Kedatangan 21 mahasiswa Akpar Majapahit bersama dosen pembimbingnya itu disambut oleh Food & Beverage Manager (FBM) Bidakara (Bisanta) Fancy Tunjungan Hotels, Bagus, Sous Chef Imam Shofi’i dan Marketing Executive, Jonathan Wijaya di lobi hotel bintang tiga tersebut. 
Setelah berbincang sejenak di lobi hotel, rombongan mahasiswa diajak menuju Meeting Room untuk dibekali materi seputar Akomodasi Restoran sekitar 15 menitan dan Tour Hotel selama 15 menit, sebelum praktik masak  di kitchen hotel sesuai run down yang telah disusun pihak hotel.
Selama praktik masak di Kitchen Bidakara Fancy Tunjungan Hotels, mahasiswa juga diajarkan teknik memotong sayur, buah dan daging (termasuk ikan) sesuai standar industri perhotelan. Mereka juga dikenalkan lima resep masakan yang akan dibuat.
Kelompok 1 yang terdiri dari sembilan mahasiswa langsung diajak praktik masak di hot kitchen hotel (sesuai order lunch buffet di papan tulis) dengan disupervisi langsung oleh Chef Imam Shofi’i dan timnya. Menu yang dimasak Nasi Putih, Nasi Goreng Mandarin, Ang Sio Sayuran, Fu Yung Hai dan Ayam Saos Inggris.
Sementara itu, tiga mahasiswa lainnya (anggota Kelompok 2) ditugaskan di cold kitchen membuat Roti Manis, sedangkan sembilan mahasiswa lainnya ditugaskan menjadi waiters/waitress (pramusaji) demi mempersiapkan acara jamuan makan siang di Anggrek Restaurant. Durasi masaknya pun harus cepat sesuai standar kerja di kitchen hotel, yakni sekitar 1-1,5 jam, sebelum masakan itu disajikan kepada tamu.
”Setelah aneka menu jamuan makan siang usai dimasak oleh Kelompok 1 di kitchen hotel, sembilan mahasiswa anggota Kelompok 3 kami tugasi untuk menaruh hasil masakannya di atas meja makan. Masakan itu untuk persiapan makan siang yang di-set up ala buffet,” terang Bagus, FBM Bidakara Fancy Tunjungan Hotels kepada kru www.culinarynews.info. 
Pada waktu bersamaan, FBM Bidakara Fancy Tunjungan Hotels Bagus dan asistennya pun antusias menyupervisi langsung sembilan mahasiswa lain dari Kelompok 3. Mereka diminta menyiapkan sendok dan garpu, piring, sendok es, gelas dan napkin (celemek) untuk diletakkan sesuai tempatnya, seperti yang dicontohkan waiters Anggrek Restaurant.
Di sela mendampingi anak didiknya praktik, Dosen Akomodasi Restoran Akpar Majapahit Peter ST mengatakan, program pembelajaran Akomodasi Restoran seperti  ini merupakan tindak lanjut dari penjelasan dosen pengajar selama materi perkuliahan tersebut dipresentasikan di ruang kelas.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar