twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 19 Agustus 2019

Dari Ujian Praktik Pastry Sesi Kedua di Kitchen Pastry 1 - Susul Ronaldo, Brownies Custard Caramel Kukus Hasil Kreasi Ika Indriyani, Sukses Bukukan Nilai Teratas

Dari Ujian Praktik Pastry Sesi Kedua di Kitchen Pastry 1

Susul Ronaldo, Brownies Custard Caramel Kukus Hasil Kreasi Ika Indriyani, Sukses Bukukan Nilai Teratas

PADA ujian praktik membuat kreasi produk pastry hari kedua, Rabu (27/03/2019) pagi, giliran Ika Indriyani, mahasiswi Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang, yang dinyatakan tiga orang juri sukses membukukan nilai teratas yakni 80.5, pada ujian praktik membuat kreasi produk pastry bertajuk Brownies Custard Caramel Kukus, di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
Selain Ika Indriyani, masih ada tiga mahasiswa Pastry Kelas Siang yang mengikuti ujian praktik membuat aneka kreasi produk pastry menurut versi mereka sendiri. Ketiga mahasiswa itu adalah M. Ihsanul Irfan, Mia Kurnia Dewi dan Fikri Syarif B.
Pada ujian praktik hari terakhir itu, Ika Indriyani antusias menyiapkan Brownies Custard Caramel Kukus yang topping-nya selain dihias caramel juga ditaburi bubuk gula pasir, sehingga tercipta kombinasi warna yang kontras dan menambah cantik tampilannya.
Sedangkan M. Ihsanul Irfan tampil all out membuat Brownies 2.0 yang topping-nya dari bahan dark chocolate glazing (mengkilap), terinspirasi dari kepala tanaman jamur yang tumbuh merekah di musim penghujan.
Tak mau kalah dengan dua rekannya, Mia Kurnia Dewi, mahasiswi cantik asal Bali itu berusaha membuat produk pastry bertema Flower Pudding Sponge Cake yang mengombinasikan warna pink (bunga mawar) dan putih untuk hiasan topping-nya agar tampilannya kian cantik dan menarik.
Sementara itu, Fikri Syarif dengan percaya diri menyiapkan kreasi produk pastry-nya yang diberi titel Chocolate Banana Muffin. Pasalnya, aneka kreasi muffin dengan bahan dasar coklat dan adonannya dicampur pecahan biji mete. 
”Kemudian muffin yang sudah di-oven tersebut dikreasi dengan hiasan kekinian dan ditambahkan irisan buah pisang raja pada topping-nya, kreasi muffin itu masih banyak disuka konsumen,” kata Fikri kepada kru www.culinarynews.info.
Empat produk pastry hasil kreasi mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Pagi melengkapi tiga kreasi produk pastry yang dibuat tiga rekannya yang tampil pada ujian praktik masak hari pertama, Selasa (25/03/2019) pagi. Tiga produk pastry itu adalah Blue Ocean Petit Four, New York Style Pizza dan Chocolate Red Velvet, yang dibuat oleh Ronaldo Soetanto, Jordan Axel Daniel dan Reinaldo Dicky Liem, sehari sebelumnya.
Ketika menilai hasil kreasi mahasiswa Pastry Kelas Pagi yang maju ujian pada hari kedua, Ketiga anggota Dewan Juri –Dewi Mariyanah M.Par., Imania Ayu Wulandari dan Chef Renny Savitri M.Par-- kembali menunjukkan kecermatannya ketika melihat satu persatu produk pastry hasil kreasi mahasiswa Pastry (P1) Kelas Pagi yang sehari-hari diasuh oleh Chef Renny Savitri M.Par di Kitchen Pastry 1.
Tidak hanya melihat tampilannya saja, ketiga orang juri itu juga dipersilakan mencicipi satu persatu dari tiga produk pastry hasil kreasi mahasiswa Pastry (P1) Kelas Pagi yang maju ujian praktik sesi kedua (terakhir) dengan disaksikan Chef Renny Savitri M.Par.
Dalam ujian tersebut, ada tiga kriteria penilaian oleh Dewan Juri yang mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan, yakni creativity & plating (penampilan), texture (tekstur) dan taste (citarasa). 
Empat kreasi produk pastry hasil kreasi mahasiswa Pastry (P1) Kelas Pagi yang disajikan di meja, yakni Brownies Custard Caramel Kukus, Brownies 2.0, Flower Pudding Sponge Cake dan Chocolate Banana Muffin, tak ada satu pun yang luput dari perhatian dan dikritisi oleh tiga orang juri berdasarkan tiga aspek yakni penampilan, tekstur dan citarasanya. 
”Hal ini demi mendapatkan obyektivitas selama penilaian dan yang nilainya tertinggi memang produk pastry tersebut betul-betul cantik, menarik dan enak ditinjau dari aspek penampilan, tekstur dan citarasanya,” kata Chef Renny, usai penjurian pada ujian praktik hari terakhir, di Kitchen Pastry 1, Rabu (27/03/2019) siang.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Pastry Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar