twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 19 Agustus 2019

Dari Belajar Teknik Hiasan Karamel Bersama Chef Renny Savitri - Mahasiswa Pastry Persembahkan ”Montecarlo Vanilla Sponge, Strawberry Slice, Dutch Mocha Almond dan Snow Falls Vanilla Sponge” yang Cantik

Dari Belajar Teknik Hiasan Karamel Bersama Chef Renny Savitri

Mahasiswa Pastry Persembahkan ”Montecarlo Vanilla Sponge, Strawberry Slice, Dutch Mocha Almond dan Snow Falls Vanilla Sponge” yang Cantik

PERTEMUAN hari terakhir, tepatnya pada Jumat (15/03/2019) pagi, mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Semester III Kelas Pagi kembali diajarkan Teknik Hiasan Karamel (Caramel Art),  untuk mengikuti praktik membuat empat resep cakes yang cantik tampilannya, yakni Montecarlo Vanilla Sponge, Strawberry Slice, Dutch Mocha Almond dan Snow Falls Vanilla Sponge.
Praktik membuat empat resep kreasi cakes dengan sentuhan caramel art itu disupervisi langsung oleh Chef Renny Savitri M.Par., Dosen Pengajar Pastry Akpar Majapahit, di Kitchen Pastry 1 (P1), Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
Praktik membuat hiasan karamel hari terakhir itu dihadiri enam mahasiswa Pastry Class, yakni Ika Indriyani, Eriawan Purnama, Jordan Axel Daniel, Ronaldo, Reinaldy Dicky Liem dan Frensisko Tri Ahmad.
Empat resep cakes dengan sentuhan caramel art  yang diajarkan ini merupakan resep terakhir dari 20-an resep cakes yang diajarkan kepada anak didik Chef Renny. Semua produk pastry dan bakery itu dipercantik dengan sentuhan caramel art.
Sebelumnya, Dosen Pengajar Pastry dengan hijab di kepala itu telah menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang aneka hiasan karamel dan proses aplikasinya dalam suatu produk pastry.
Pada tatap muka hari pertama, Senin (11/03/2019) lalu, misalnya, Chef Renny membekali anak didiknya cara membuat Brandy Snap Cup, Nougat Slice, Strawberry Rings with Caramel Choux dan Festive Chocolate Gateau with Spun Sugar. Dalam kesempatan itu, Chef Renny juga memberi tips bagaimana memproses gula pasir menjadi karamel yang dipanaskan di atas pan pada suhu tertentu selama 15-20 menitan.
”Untuk membuat karamel yang berwarna kecoklatan, butuh perhatian ekstra agar tidak sampai overcook alias kegosongan dengan warna kehitaman. Biasanya karamel yang overcook tidak elok untuk hiasan cakes, karena saat memprosesnya di-sambi kerja yang lain. Padahal demi hasil terbaik maka Anda mesti fokus saat memproses gula pasir jadi karamel,” terang Chef Renny kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.
Selanjutnya pada pertemuan hari kedua, Selasa (12/03/2019) lalu, Chef Renny telah membekali anak didiknya tentang proses aplikasi caramel art dalam suatu produk pastry di Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya. Empat produk pastry yang dihias karamel itu, adalah Croquembuce Choux, Charlotte Cheese Toffee, Iced Lemon Cake with Pulled Sugar dan Orange Crème Tartlet with Spun Sugar.
Sementara itu pada pertemuan hari ketiga, Rabu (13/03/2019), mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Pagi kembali belajar teknik hiasan karamel, yakni Vanilla Cup Cakes with Almond Tuilles, Sachertorte, Iced Rum Raisin Cake dan Malakoff Cake, di Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya.
Sedangkan pada tatap muka hari keempat, Kamis (14/03/2019), Chef Renny Savitri menggelar Baking Demo di hadapan 11 mahasiswa Pastry Kelas Pagi, dengan membuat kreasi produk pastry dengan sentuhan caramel art  tetapi resepnya tidak ada di Buku Ajar (Silabus). Baking Demo itu sendiri dihelat di Kitchen Pastry 1, Lantai 2, Graha Tristar Surabaya.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar