twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 13 Agustus 2019

Dari Belajar Teknik Pengolahan Kue Tradisional - Dari Kitchen Pastry Graha Tristar, Chef Renny Savitri Demo Buat Kue Lotus yang Renyah dan Cantik Tampilannya

Dari Belajar Teknik Pengolahan Kue Tradisional

Dari Kitchen Pastry Graha Tristar, Chef Renny Savitri Demo Buat Kue Lotus yang Renyah dan Cantik Tampilannya
UNTUK kali kesekian Dosen Pengajar Pastry Akpar Majapahit Chef Renny Savitri M.Par., menghelat Baking Demo membuat Kue Lotus (Lotus Puff Pastry), yang merupakan Chinese Traditional Snack, di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (27/02/2019) siang.
Chef Renny tertarik mengangkat Chinese Traditional Snack dalam acara Baking Demo kali ini karena terinspirasi oleh keindahan bunga Lotus saat merekah di pagi hari. Kue Lotus (Lotus Puff Pastry) merupakan salah satu kue tradisional yang masih banyak dijajakan di pasar-pasar tradisional maupun pusat perbelanjaan modern di Negeri Tirai Bambu dan di Indonesia sendiri. Kue Lotus yang merupakan salah satu kue tradisional dari China banyak disajikan saat Perayaan Tahun Baru Imlek.
Karena itulah, saya mengajak 20 mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang untuk mengikuti Baking Demo ini sejak persiapan (prepare) bahan baku, proses membuat Kue Lotus tersebut hingga menyajikannya di atas meja,” kata Chef Renny kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, Kamis (28/02/2019) siang.
Jika 20 mahasiswa Pastry Kelas Siang mengikuti gelaran Baking Demo membuat Kue Lotus, maka pada pekan sebelumnya, tepatnya pada Kamis (21/02/2019), pekan lalu, 11 mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Pagi antusias mengikuti acara Baking Demo membuat Lapis Legit Gulung yang juga dipersembahkan oleh Chef Renny.
Chef Renny mendemonstrasikan teknik membuat Kue Lotus dan Lapis Legit Gulung di hadapan anak didiknya sesuai jadwal tatap muka. Resep membuat Kue Lotus maupun Lapis Legit Gulung ini tidak tersedia di Buku Ajar (Silabus), namun merupakan hasil kreasi dari dosen pengajar sendiri.
Chef Renny mengatakan, bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kue Lotus antara lain Tepung Terigu Protein Sedang, Mentega Putih, Gula Pasir, Air, Garam Halus, Tepung Terigu Protein Rendah, Ubi Cilembu, Madu, Susu Kental Manis dan Biji Wijen.
Sedangkan bahan untuk membuat Lapis Legit Gulung yang lembut dan cantik tampilannya antara lain Kuning Telur, Gula Halus, Vanilla, Butter, Margarine, Cake Flour (merek Kunci produksi PT Bogasari Flour Mills), Susu Bubuk dan Buah Prune.
Masih menurut Chef Renny, secara umum teknik pengolahan kue tradisional (Indonesia) memang sedikit ribet dibandingkan dengan kue modern kekinian yang dipelajari mahasiswa sebelumnya, mulai Bread, Cup Cake, Pie, Tartlet, Muffin dan terakhir Produk Adonan Berlapis seperti  Croissant dan Puff Pastry.
Namun demikian jika Anda tertarik untuk melestarikan kue tradisional (aneka jajanan pasar) ini –karena memang banyak dijual di pasar-pasar tradisional—juga tidak ada salahnya, mengingat eksistensi jajan pasar belakangan malah naik daun karena mulai banyak disajikan di hotel-hotel berbintang, saat sarapan (breakpast) secara prasmanan, makan siang (lunch) hingga jamuan makan malam (dinner) dan jajan pasar pun kini bersanding sejajar dengan kue-kue modern kekinian yang lainnya.
Chef Renny sendiri pun mengakui jika kepedulian dirinya terhadap aneka kue tradisional Indonesia (jajan pasar), kemudian mengangkat isu jajan pasar dalam tesisnya, telah sukses mengantarkan dirinya meraih gelar M.Par (S2) dari STP Trisakti Jakarta, sekitar tiga tahun silam.
”Ini fakta yang telah saya alami sendiri. Untuk mencintai aneka kreasi kue tradisional Indonesia memang butuh passion dan pola pikir yang out of the box bukan sekadar mengikuti trend,” tandas perempuan cantik dengan hijab di kepala ini.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar