twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 19 Agustus 2019

Dari Ujian Praktik Pastry Sesi Pertama di Kitchen Pastry 1 - Terinspirasi Keindahan Laut di Indonesia, Ronaldo Persembahkan Blue Ocean Petit Four dan Sukses Raih Nilai Tertinggi

Dari Ujian Praktik Pastry Sesi Pertama di Kitchen Pastry 1

 Terinspirasi Keindahan Laut di Indonesia, Ronaldo Persembahkan Blue Ocean Petit Four dan Sukses Raih Nilai Tertinggi

TIGA Dosen Akpar Majapahit yakni Dewi Mariyanah M.Par., Imania Ayu Wulandari MM.Par dan Elizabeth SE., ditunjuk menjadi juri pada ujian praktik masak membuat Blue Ocean Petit Four, New York Style Pizza dan Chocolate Red Velvet, yang diikuti tiga mahasiswa Pastry Kelas Pagi di Kitchen Pastry 1 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (26/03/2019) pagi.
Ketiga anggota Dewan Juri itu dengan cermat melihat satu persatu produk pastry hasil kreasi mahasiswa Pastry (P1) Kelas Pagi yang sehari-hari diasuh oleh Chef Renny Savitri M.Par di Kitchen Pastry 1. 
Tidak hanya melihat tampilannya saja, ketiga orang juri itu juga dipersilakan mencicipi satu persatu dari tiga produk pastry hasil kreasi mahasiswa Pastry (P1) Kelas Pagi yang maju ujian praktik sesi pertama dengan disaksikan Chef Renny Savitri M.Par.
Dalam ujian kali ini, ada tiga kriteria penilaian oleh Dewan Juri yang mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan, yakni creativity & plating (penampilan), texture (tekstur) dan taste (citarasa). 
Tiga kreasi produk pastry hasil kreasi mahasiswa Pastry (P1) Kelas Pagi yang disajikan di meja, yakni Blue Ocean Petit Four, New York Style Pizza dan Chocolate Red Velvet tak ada satu pun yang luput dari perhatian dan dikritisi oleh tiga orang juri berdasarkan tiga aspek yakni penampilan, tekstur dan citarasanya. 
”Hal ini demi mendapatkan obyektivitas selama penilaian dan yang nilainya tertinggi memang produk pastry tersebut betul-betul cantik, menarik dan enak ditinjau dari aspek penampilan, tekstur dan citarasanya,” kata Chef Renny Savitri M.Par., usai penjurian pada ujian praktik hari pertama, Selasa (26/03/2018), di Kitchen Pastry 1.
Sementara itu, tiga mahasiswa yang maju ujian praktik membuat aneka kreasi produk pastry pada hari pertama, Selasa (26/03/2019) pagi, adalah Ronaldo Soetanto, Jordan Axel Daniel dan Reinaldo Dicky Liem.
Dalam ujian praktik pagi itu, Rolando antusias menyiapkan Blue Ocean Petit Four yang terinspirasi oleh keindahan laut Kepulauan Indonesia dan sukses mengantarkannya untuk meraih nilai tertinggi 81.1, Jordan membuat New York Style Pizza yang memang lebih tebal daripada Italian Pizza dan Dicky tampil all out membikin Chocolate Red Velvet, yang menampilkan warna merah putih di topping-nya.
Sebelum praktik masak di Kitchen Pastry 1, mahasiswa Pastry (P1) Kelas Pagi yang sehari-hari dibimbing Chef Renny Savitri, memperoleh subsidi uang belanja @ Rp 50 ribu per orang dari pihak Akademik. 
Uang tersebut untuk dibelanjakan aneka bahan kue dan roti sesuai kebutuhan peserta ujian.  Kalau dananya dirasa masih kurang saat mereka berbelanja, maka peserta ujian tersebut wajib nomboki dari uang sakunya sendiri.
Jordan Axel Daniel, misalnya, total belanja untuk membuat New York Style Pizza habis Rp 250 ribuan. Uang belanja sebesar itu dialokasikan untuk beli sosis pherizzo, jamur ortotolla, paprika dan bahan pendukung lainnya. Dalam hal ini saya nambah uang belanja sekitar Rp 200 ribuan,” ujar Jordan, usai ujian praktik, kemarin.

Selain itu setiap peserta ujian juga diminta menyerahkan resep cara membuat kreasi produk pastry yang akan dibuat mahasiswa Pastry Akpar Majapahit kepada dosen atau asistennya, sebelum ujian berlangsung.


Durasi ujian praktik membuat aneka kreasi produk pastry di Kitchen Pastry 1, pagi itu dimulai pukul 08.30 hingga pukul 11.30 WIB. Dengan waktu sekitar tiga jam, diharapkan setiap peserta ujian sudah bisa menampilkan hasil kreasi terbaiknya –sudah di-plating atau di-garnish— semenarik mungkin di hadapan dewan juri.
Tiga orang juri tersebut adalah Kaprodi D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Dewi Mariyanah M.Par dan Kaprodi Food Product Akpar Majapahit Imania Ayu Wulandari MM.Par dan Elizabeth SE, staf dari BAA Akpar Majapahit.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Pastry Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar