twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 20 Agustus 2019

Dari Ujian Praktik Sesi Pertama di Dapur Pastry 1 Graha Tristar - Mahasiswa Pastry Kelas Siang Sajikan Enam Kreasi Kue Tradisional dengan Tampilan Cantik Desain Kekinian

Dari Ujian Praktik Sesi Pertama di Dapur Pastry 1 Graha Tristar

Mahasiswa Pastry Kelas Siang Sajikan Enam Kreasi Kue Tradisional dengan Tampilan Cantik Desain Kekinian 


 
SEBANYAK 20 mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang yang diasuh Chef Renny Savitri M.Par., ditantang membuat aneka kreasi kue tradisional (jajan pasar) pada ujian praktik di Kitchen Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Ujian praktik tersebut dihelat dalam tiga sesi, yakni mulai Selasa (26/03/2019) hingga Kamis (28/03/2019) siang.
 
Pada ujian praktik hari pertama, Selasa (26/03/2019) siang, ada enam mahasiswa yang tampil menjadi peserta. Mereka adalah Yasir Indrastata, Bakhtiar Aji Sampurna, M. Irfan, Donny Andika Putra, Nancy Reagen Djiwang dan Arika Putri Febrinawati.
Dalam ujian praktik siang itu, Yasir antusias menyiapkan Lecker Kue Jadul, Bakhtiar membuat Pudding Kelor Coconut Sauce, Irfan all out membikin Semar Mendem, Donny fokus menyiapkan Klepon Labu Kuning Isi Durian, Nancy membikin produk Chai Pan (kue tradisional dari Sulawesi + Saruba sebagai minumannya) dan Arika membuat kreasi Maksuba (kue tradisional dari Palembang, Sumatra Selatan).
 
Sebelum praktik masak di Kitchen Pastry 1, enam mahasiswa Pastry Kelas Siang yang sehari-hari dibimbing Chef Renny Savitri, memperoleh subsidi uang belanja @ Rp 50 ribu perorang dari pihak Kampus. 
Uang tersebut untuk dibelanjakan aneka bahan kue dan roti sesuai kebutuhan peserta ujian.  Kalau dananya dirasa masih kurang saat mereka berbelanja, maka peserta ujian tersebut wajib nomboki dari uang sakunya sendiri.
 
Selain itu setiap peserta ujian juga diminta menyerahkan resep cara membuat kreasi kue tradisional (jajan pasar) yang akan dibuat mahasiswa Pastry Akpar Majapahit kepada dosen, sebelum ujian berlangsung. 
”Menariknya pada ujian praktik sesi pertama ini, ada satu mahasiswa kami yang menerima tantangan dosen pembimbing untuk membuat kue tradisional (pudding) yang salah satu bahannya diambil dari daun kelor,” ujar Chef Renny, bangga.
 
Durasi ujian praktik membuat aneka kreasi jajan pasar di Kitchen Pastry 1 siang itu dimulai pukul 13.00 hingga pukul 16.00 WIB. Dengan waktu sekitar tiga jam, diharapkan setiap peserta ujian sudah bisa menampilkan hasil kreasinya –sudah di-plating atau di-garnish—semenarik mungkin di hadapan dewan juri.
Tiga orang juri tersebut adalah Asdir I Bidang Akademik Akpar Majapahit Hedy W. Saleh, SH, MBA, MSi.Par., Kaprodi D3 Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit Dewi Mariyanah M.Par dan Dosen Pastry Tristar Group Chef Fitri Syntiadewi SE.
 
Ketiga anggota Dewan Juri itu dengan cermat melihat satu persatu kue tradisional hasil kreasi mahasiswa Pastry Kelas Siang yang sehari-hari diasuh oleh Chef Renny Savitri M.Par di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya. 
Tidak hanya melihat tampilannya saja, ketiga orang juri itu juga dipersilakan mencicipi satu persatu dari enam produk hasil kreasi mahasiswa Pastry Kelas Siang dengan disaksikan Chef Renny Savitri. 
 
Dalam ujian kali ini, ada tiga kriteria penilaian oleh Dewan Juri yang mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan, yakni creativity & plating (penampilan), texture (tekstur) dan taste (citarasa). 
Semua produk pastry hasil kreasi mahasiswa Pastry (P3) Kelas Siang yang disajikan di meja, mulai Lecker Kue Jadul, Pudding Kelor Coconut Sauce, Semar Mendem, Klepon Labu Kuning Isi Durian, Chai Pan dan Maksuba, tak luput dari perhatian dan dikritisi oleh tiga orang juri berdasarkan tiga aspek yakni penampilan, tekstur dan citarasanya. 
 
”Hal ini demi mendapatkan obyektivitas selama penilaian dan yang nilainya tertinggi memang produk pastry tersebut betul-betul cantik, menarik dan enak ditinjau dari aspek penampilan, tekstur dan rasanya,” kata Chef Fitri, kepada kru www.culinarynews.info usai penjurian, Selasa (26/03/2019) sore.
 
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Pastry Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar