twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 12 Maret 2018

Ujian Praktik Buat Aneka Kreasi Hot & Cold Pudding - ”The Succulent dan Moon & Girl in Galaxy” Pudding Lukis Persembahan Mahasiswa Advanced Pastry Class

Ujian Praktik Buat Aneka Kreasi Hot & Cold Pudding

”The Succulent dan Moon & Girl in Galaxy” Pudding Lukis Persembahan Mahasiswa Advanced Pastry Class
SETELAH dibekali pengetahuan praktis seputar sisik melik Hot & Cold Pudding oleh chef Fitri Syntiadewi SE, selama empat kali tatap muka mulai Selasa (20/02/2018) hingga Jumat (23/02/2018) siang, mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit giliran diuji untuk membuat kreasi Hot & Cold Pudding versi mereka sendiri. Ujian praktik masak tersebut digelar di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (26/02/2018) siang.

Dua mahasiswa Advanced Pastry Class, Delvina Sascia Putri dan Abigail Gabriela berupaya tampil all out sejak prepare bahan baku untuk membuat kreasi Hot & Cold Pudding, kemudian memprosesnya hingga menjadi tampilan Pudding Art yang menarik saat ditunjukkan di hadapan chef Fitri, sapaan akrabnya.
Dalam ujian praktik tersebut, Delvina Sascia Putri berusaha keras untuk menampilkan Hot & Cold Pudding hasil kreasinya yang diberi judul The Succulent (Kaktus), sedangkan Abigail Gabriela antusias membuat kreasi Hot & Cold Pudding kesukaannya yang bertajuk Moon & Girl in Galaxy.
The Succulent hasil kreasi Sascia yang tampil menawan itu terispirasi dari keindahan aneka jenis Kaktus yang tumbuh subur di atas pot keramik. Sementara itu Moon & Girl in Galaxy hasil kreasi Gabby, sapaan akrab Abigail Gabriela itu menggambarkan wajah gadis yang secantik bulan purnama di galaksi.
Pada ujian praktik masak di Dapur Pastry 2 tersebut, chef Fitri memberi waktu sekitar tiga jam sejak prepare bahan baku, proses memasak hingga mem-plating-nya sebelum Pudding Art hasil kreasi mahasiswa itu dinilai dosen penguji.
Sedikitnya ada tiga kriteria penilaian terhadap hasil kreasi mahasiswa Advanced Pastry Class yakni aspek citarasa, tekstur, penampilan (kreativitas) dan kebersihan. Kriteria penilaian ini mengacu pada standar industri. Dengan mengacu standard operation procedure (SOP), maka mahasiswa semakin terbiasa bekerja di dapur sesuai standar industri perhotelan.
Sekadar informasi, pada tatap muka hari pertama, Selasa (20/02/2018) siang mahasiswa Advanced Pastry Class antara lain dibekali teori dan praktik seputar sisik melik produk Hot & Cold Pudding desain kekinian oleh chef Fitri yang terbukti sampai sekarang masih tetap eksis di pasaran karena disuka konsumen.
Pada praktik hari pertama itu, mahasiswa Advanced Pastry Class diajarkan membuat dua resep Hot Pudding in The Fruit & Veggie yakni Souffle in the Orange Bowl dan Cheese Souffle in the Zucchini Bowl di Dapur Pastry 2 Lantai 2 Graha Tristar.
Pada pertemuan hari kedua, Rabu (21/02/2018) siang, chef Fitri berbagi ilmu dengan anak didiknya cara membuat dua kreasi Painting Pudding (Puding Lukis) yakni Character Pudding Painting dan Batik Pudding Painting di Dapur Pastry 2.
”Pada pertemuan hari kedua itu, mahasiswa Advanced Pastry Class kami ajarkan teknik membuat Puding Lukis Karakter dan Puding Lukis Batik yang disiapkan sejak H-1 sebelum melukis karakter dan batiknya,” kata chef Fitri, sapaan akrab Fitri Syntiadewi di dampingi asistennya, Shelvi dari Akpar Majapahit.
Selanjutnya pada tatap muka hari ketiga, Kamis (22/02/2018) siang, chef Fitri dan asistennya membekali anak didiknya teknik membuat dua resep Advance Pudding Art (Pudding Suntik) yakni Peacock Pudding Art dan Pudding Art in Side.
”Untuk membuat kreasi Pudding Suntik dengan alat suntik perlu ketrampilan khusus agar hasilnya eye catching. Tampilannya cantik dan menarik saat dilihat. Teknik ini diajarkan kepada mahasiswa Advanced Pastry Class,” terang perempuan yang tampil cantik dengan hijab di kepala kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.
Sementara itu pada pertemuan hari keempat, Jumat (23/02/2018) siang, mahasiswa Advanced Pastry Class, kembali diajarkan chef Fitri Syntiadewi teknik membuat dua kreasi Pudding Kekinian yakni Pudding Motif dan Glaze Lava Pudding.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar