twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 29 Desember 2020

Dari Final Exam Masak Indonesian Food di Graha Tristar Surabaya


Aksi Ciamik Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Persembahkan Masakan Tradisional Khas Minangkabau

 

TIGA orang mahasiswa Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Pagi –Shieny Gunawan, Angelina Lily Setiawan dan Stefanus Erlangga-- yang dibimbing Chef Thomas Denny, tampil percaya diri saat ujian praktik masak bertajuk Nasi Bunga Telang dengan Udang Saus Rendang, Terong Balado, Gulai Daun Singkong + Sambal Ijo, Martabak Kubang Mini + Saus Cuko dan Teh Rempah Gula Batu.


Stefanus Erlangga kebagian tugas membuat Nasi Bunga Telang yang warna nasinya berubah jadi biru. Bahannya meliputi rice ditanak lebih dulu sampai setengah matang kemudian ditambahkan sedikit air dari seduhan Teh Bunga Telang untuk memberi efek warna biru pada nasi. Beras setengah matang itu baru di-uleni dengan air seduhan Teh Bunga Telang secukupnya, kemudian dimasak lagi sampai matang.


Selain menyiapkan Nasi Bunga Telang, Stefanus bersama Shieny Gunawan juga menyiapkan bumbu untuk membuat Udang Saus Rendang, Terong Balado dan Gulai Daun Singkong + Sambal Ijo dengan memanfaatkan bumbu jangkep asli Indonesia.


Sementara itu Angelina Lily Setiawan membuat Martabak Kubang Mini + Saus Cuko dan Teh Rempah Gula Batu. Kerja sama apik ini dalam satu tim terlihat sejak mereka prepare bahan masakan, memasaknya hingga mem-plating hasil kreasi masakan tersebut, sebelum disajikan di atas meja untuk dinilai dan dikritisi oleh Tim Juri. Tiga anggota Tim Juri itu adalah Chef Ari Purwantoro, Chef Endang Sri Rahajoe dan Chef Renny Savitri.

 

Sebagai warisan budaya kuliner Nusantara, 4-5 menu masakan tradisional khas Minangkabau Sumatra Barat itu selain populer di lidah sebagian besar orang Indonesia, juga punya kedekatan dengan Stefanus Erlangga yang berasal dari daerah Lampung, Sumatra Selatan.


”Masakan Padang yang ditampilkan dalam final exam itu sudah familiar bagi diri saya sendiri karena orang tua saya juga sering memasaknya. Jadi tak ada salahnya jika menu-menu masakan andalan dari Tanah Minang itu saya angkat pada ujian praktik masak kali ini,” ujar Stefanus yang diamini Shieny dan Angelina.


Tiga orang anggota Tim Juri pun mengapresiasi hasil kreasi masakan khas Minangkabau tersebut. Selain bumbunya betul-betul meresap, rasanya pun superlezat baik Udang Saus Rendang, Terong Balado maupun Gulai Daun Singkong-nya yang dipadupadankan dengan Sambal Ijo.


Begitu juga citarasa Martabak Kubang Mini + Saus Cuko-nya dan Teh Rempah Gula Batu disedu dengan air hangat dalam wadah dari tanah liat pun dinilai sudah oke penampilannya. Hanya satu yang masih kurang, yakni hasil akhir dari pengolahan Nasi Bunga Telang yang kurang padat (masih lembek) dan warna birunya pun dinilai kurang kuat. ”Namun secara overall hasil kreasi masakan tiga mahasiswa Culinary Art ini layak diatensi,” pungkas Chef Endang Sri Rahajoe.

 

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar