twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 11 Desember 2020

Aksi Mahasiswa Masak Indonesian Food Bersama Chef Mario Alvin Jonathan


Demi Tampil Beda, Mahasiswa Culinary Art Diajarkan Buat Nasi Gurih Bunga Telang with Serundeng, Tahu Tempe Bacem dan Opor Ayam

 

DEMI tampil beda dari biasanya, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group, Chef Mario Alvin Jonathan, selain membekali anak didiknya cara masak Nasi Gurih Bunga Telang, Tahu Tempe Bacem dan Opor Ayam yang gurih dan lezat, juga mengajari mahasiswa praktik membuat Serundeng agar plating-annya nanti semakin cantik, menarik dan berkelas saat disajikan di meja display produk masakan.



Tantangan dari Chef Jo, sapaan akrab Mario Alvin Jonathan kepada anak didiknya untuk masak Nasi Gurih Bunga Telang with Serundeng itu tercetus pada pertemuan hari keenam, Kamis (03/12/2020) pagi, di mana materi praktiknya adalah Nasi Gurih, Tahu Tempe Bacem dan Opor Ayam, yang dikreasi menjadi Nasi Gurih Bunga Telang with Serundeng.


”Sepulang dari Semarang, saya bawa Teh Bunga Telang dalam kemasan plastik berukuran sekitar 75-100 gram. Dari seduhan Teh Bunga Telang ini kemudian diaplikasikan mahasiswa Culinary Art saat masak Nasi Gurih, sehingga warna nasinya tidak putih melainkan biru. Sedangkan Serundeng dimanfaatkan sebagai topping atau untuk garnish-nya saat menghias Nasi Gurih Bunga Telang itu agar tampilannya cantik dan menarik,” terang Chef Jo.


Sebelum praktik masak di kitchen, Chef Mario Alvin Jonathan menerangkan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk masak menu pertama, Nasi Gurih Bunga Telang. Untuk membuat Nasi Gurih Bunga Telang yang aromanya harum, enak rasanya dan warna nasinya berubah jadi biru, bahannya meliputi rice, coconut milk dengan ditambahkan bumbu (spices)-nya berupa lemon grass, salam leaf, salt serta ditambahkan sedikit air dari seduhan Teh Bunga Telang untuk memberi efek warna biru pada nasi.

Teknik membuat Nasi Gurih Bunga Telang, beras yang sudah dibersihkan dimasak hingga setengah matang baru di-uleni dengan coconut milk berikut bumbunya yang terdiri dari lemon grass, salam leaf, salt dan 150-200 ml air seduhan Teh Bunga Telang.


Setelah nasi setengah matang itu dibumbui sampai merata, lalu dikukus lagi hingga matang (sekitar 30 menitan), yang ditandai dengan keluarnya aroma harum dan gurih, maka Nasi Gurih Bunga Telang tersebut baru diangkat.


Sedangkan praktik masak menu kedua adalah membuat Serundeng. Bahannya terdiri dari parutan kelapa muda, shallot, garlic, red chilli, hot chilli, salam leaf (daun salam), lime leaf (daun jeruk nipis) dan salt secukupnya. Parutan kelapa muda + bumbu Serundeng yang sudah dimasukkan dalam pan fry, lalu diaduk merata sampai masak mengering (selama 45-60 menitan) di atas kompor dengan api sedang. 


”Kombinasi Nasi Gurih Bunga Telang with Serundeng, membuat tampilan hasil masakan itu semakin keren dan berkelas,” kata Chef Jo, di sela-sela mendampingi mahasiswa praktik masak di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar.


Selanjutnya membuat Tahu Tempe Bacem. Untuk masak Tahu Tempe Bacem yang enak, maka bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi bean curd, bean cake, coconut sugar, peak leaf, shallot, garlic, tamarind, salam leaf dan coco water.

 

Untuk membuat Tahu Tempe Bacem yang enak dengan bumbunya betul-betul meresap, maka tahu dan tempe dipotong persegi, kotak atau segitiga sesuai selera kemudian di-simmering semua. Selanjutnya buat bumbunya dari coconut sugar (gula kelapa), peak leaf, shallot, garlic, tamarind, salam leaf dan coco water.


Bumbu yang sudah dihaluskan (sampai berbentuk pasta) kemudian di-sauteeing baru tahu dan tempenya dimasukkan dan tambahkan juga air kelapa (coco water). Selama proses pemasakan. ”Selama proses simmering, maka biarkan kuahnya sampai reduce tinggal 15-20 persennya saja dan ditandai warna kecoklatan pada Tahu Tempe Bacem tersebut lalu entas masakan tersebut dari kompor,” jelas Chef Jo.

Sementara itu untuk menu ketiga, mahasiswa diminta menyiapkan bahan berikut bumbunya demi masak Opor Ayam yang lezat, yakni whole chicken, coconut, shallot, garlic, candlenut, corriander, cumin, pepper, galangal, salam leaf, lemon grass dan salt.


Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar