twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 29 Desember 2020

Final Exam Tristar Cruise Class Jemursari di Food University Bistro (FUB) Surabaya


 Aksi Mahasiswa Tristar Cruise Jemursari Tampilkan Satu Set Menu Western Food untuk Fine Dining yang Berkelas

 

 

DEMI mengukur sejauh mana kemampuannya bekerja di kitchen hotel berbintang maupun di kapal pesiar mewah, 10 mahasiswa Tristar Cruise International Training Centre (TITC) diuji masak satu set menu lengkap Western Food untuk acara jamuan makan malam Fine Dining yang dihidangkan ala Table Manner di Food University Bistro (FUB) Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, Selasa (22/12/2020) malam.

 

Dalam jamuan makan malam resmi itu, menu yang disajikan mulai dari A French Style Buttery Omelette with Paprika, Mozarella & Smoke Beef Fillings (Egg Station), A Swiss American Fruit & Nut Salad with Fresh Lettuce Base & Mayonnaise Dressings (Waldorf Salad/Appetizer), Classical Minestone Soup with Cheese Crouton an Italian Style Hearty Soup Made with Tomato Concase Served Cheese Crouton (Soup & BNP).


Sementara itu untuk Main Course-nya sendiri berupa Garlic Grilled Chicken with Brown Sauce & Vegetables a French Inspired Grilled Chicken with Fish & Custrous Demiglaze Sauce Served with a Side of Mixed Vegetables dan Dessert-nya adalah Buritto de Platino Frito Mexican Inspired Wrapped Banana with Sweet & Spicy Cinnamon & Twist of Delicate, Melty & Salty Cheddar.

 

Selama final exam di Kitchen Modern FUB, enam mahasiswa Tristar Cruise Jemursari  itu disupervisi langsung oleh Assistant Chef Joko Aryo Handoko, sedangkan empat mahasiswa lainnya fokus men-set up meja makan untuk acara Fine Dining dengan di dampingi Chef Thomas Denny. Mereka prepare bahan masakan di FUB sejak pukul 15.00, sedangkan tamu undangan VIP baru menghadiri acara jamuan malam itu pada pukul 18.00 WIB.

 

Enam mahasiswa yang bekerja all out di kitchen adalah Jesslyn, Sherina Novitasari, Arjuna, Intan, Ricky Alvius dan Ritchie, demi menyiapkan Egg Station, Appetizer, Soup, Main Course hingga Dessert-nya. Keenam mahasiswa ini harus berjibaku demi menyajikan satu set menu makan malam yang memenuhi standar hotel berbintang atau standar kelayakan penyajian masakan western food di atas kapal pesiar.


Sementara itu aksi empat mahasiswa lainnya yakni Jordan Abisha, Britania Wira, Jenny Veronica dan Khoirunnisa, juga tidak kalah hebohnya dengan enam rekannya yang bekerja di kitchen FUB. Pasalnya, saat bertugas men-set up meja makan dan diposisikan sebagai waiters/waitress, kerja mereka sebagai kru Food & Beverage Services (FB) juga diawasi dan dinilai oleh Chef Thomas.


 

Ketika tamu undangan VIP sudah berdatangan, Chef Thomas dan asistennya, Chef Joko mempersilakan tim waiters/waitress bekerja sesuai tupoksi dan Jordan Abisha yang ditunjuk sebagai Captain Service berkoordinasi dengan tim kitchen yang dipimpin Jesslyn (Chef de Party) untuk menghidangkan menu makanan sesuai urut-urutannya.

 

Menu pertama yang disajikan sebagai pembuka adalah Egg Station, kemudian disusul Appetizer. Menu berikutnya adalah Soup dan selanjutnya menghidangkan Main Course. Untuk Dessert-nya sebagai menu makanan penutup baru disajikan belakangan sesuai nomor urut terakhir. Rangkaian acara Fine Dining yang dikemas ala Table Manner itu berlangsung sekitar 1,5 jam, dimulai pada pukul 18.00 dan baru berakhir sekitar pukul 19.30-an.


Demi menyukseskan perhelatan acara Fine Dining tersebut dan empat personel FBS itu juga menyiapkan musik instrumentalia lembut untuk diperdengarkan di ruangan VIP tersebut, demi menambah kesan tenang dan nyaman suasana jamuan makan malam. See you tomorrow & good bye …!

 

Sekadar informasi, mahasiswa Tristar Cruise Jemursari itu sehari-hari diasuh oleh Chef Hartono, instruktur profesional dari TITC Surabaya. Oleh Chef Hartono, mahasiswa Tristar Cruise Jemursari dibekali pengetahuan praktis seputar sistem kerja di atas kapal pesiar (cruise) dan praktik masak berbagai menu Western Food (Continental Cuisines) di Kitchen Modern Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya selama tiga bulan.

 

Mahasiswa juga diajarkan tata cara menghidangkan makanan dan minuman standar hotel berbintang dan kapal pesiar yang dikemas dalam materi praktik Food & Beverage Services (FBS). Sepekan sebelum pelaksanaan final exam di FUB Surabaya. sembilan mahasiswa Tristar Cruise Class Jemursari juga mengikuti acara Cooking Practices with Chef Suro Hartoyo, di Kitchen Mariposa Restaurant Lantai 7 Best Western Papilio Hotel Surabaya.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Tristar Cruise Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar