twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 31 Desember 2020

Memotret Kehebohan Gelaran Cooking Demo with Chef di Graha Tristar Surabaya


Chef Thomas Libatkan Mahasiswa Culinary Art Class Saat Demo Masak Siomay Bandung yang Superenak


 

TIGA hari jelang pelaksanaan final exam, 11 mahasiswa Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Pagi, antusias mengikuti gelaran Cooking Demo with Chef Thomas Denny bertema Siomay Bandung, di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Jumat (18/12/2020) pagi.

 

”Dipilihnya sajian Siomay Bandung dalam gelaran cooking demo kali ini karena menu itu tidak tersaji dalam Buku Ajar (Silabus) yang sudah dibagikan kepada mahasiswa. Dengan demikian diharapkan mahasiswa Culinary Art Class tertarik mengikuti gelaran demo masak tersebut,” kata Chef Thomas, sapaan akrab Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group, kepada kru www.sekolahmasaak.info di ruang kerjanya, pekan lalu.

 

Menariknya, untuk membuat Siomay Bandung yang layak jual di pasaran, memang sedikit ribet karena ada beberapa tahapan pekerjaan yang harus disiapkan. Mulai membuat siomay-nya sendiri berikut skin dan filling-nya, tahu bakso, kentang dan ubi jalar yang di-steam, labu siam, buah pari berikut filling-nya, bumbu kacang, hingga menyiapkan irisan mentimun untuk dibuat acar dan jeruk limau sebagai finishing-nya.

 

Untuk mempercepat pekerjaan di kitchen, Chef Thomas melibatkan beberapa anak didiknya antara lain membuat filling-nya siomay dengan memanfaatkan bahan yang terdiri dari ikan tengiri atau bisa juga pakai ikan tuna dipotong seukuran dan udang yang sudah dibersihkan kulitnya, lalu di-blender dengan mesin food processor bersama bahan-bahan lainnya.

 

Sebelum dipakai untuk filling-nya siomay, bisa ditambahkan irisan halus wortel lalu siomay itu di-steam sampai matang. Isian siomay tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk isiannya tahu bakso dan buah pari yang lebih diambil bijnya.

 

Tahu bakso, buah pari, labu siam, kubis yang dikukus bareng dengan siomay yang sudah jadi, kentang utuh yang sudah dibersihkan dan uji jalar. Sedangkan daun kubis yang sudah di-steam lalu digulung seperti Lumpia Semarang.

 

Pekerjaan selanjutnya adalah membuat bumbu kacang Siomay Bandung. Bumbunya sendiri meliputi kacang tanah, daun bawang, hot chilli, red chilli, bawang putih, bawang merah, brown sugar, salt & pepper kemudian di-sautee dan di-blender bersama kacang tanah --yang sudah digoreng sampai matang dan dibersihkan kulit arinya-- sampai halus seperti Sambal Pecel.


Pekerjaan terakhir sebelum Siomay Bandung itu di-plating dan disajikan di atas meja display produk kuliner, Chef Thomas Denny membuat acar dari irisan mentimun, bawang merah ditambah sedikit cuka dan water secukupnya.

 

”Tidak lupa irisan jeruk limau sebagai finishing-nya untuk memberi efek aroma segar khas jeruk limau yang dicampurkan dalam bumbu Siomay Bandung,” tandas Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group itu. Hmmm sedapnya…!


Anda tertarik kegiatan mahasiswa Tristar Group dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Kampus Tristar Group di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar