twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 11 Desember 2020

Mahasiswa Tristar Cruise Cooking Practice with Chef Suro Hartoyo


Berjibaku di Kitchen Demi Sajikan Fresh Crunchy Assorted Lettuce Salad, Pan Seared Fish with Corriander Basting Flavor dan Cream Caramel Pudding


DEMI membekali sembilan mahasiswa Tristar Cruise International Training Centre (TITC) sebelum final exam pada tanggal 22 Desember 2020 mendatang, mereka mengikuti gelaran bertajuk Cooking Practice with Chef Suro Hartoyo di Kitchen Mariposa Restaurant, Best Western Papilio Hotels Surabaya, Kamis (10/12/2020) siang.

 

Sebelum bekerja di kitchen, Chef Suro, sapaan akrabnya, memberi pengarahan singkat seputar sistem kerja di industri perhotelan, khususnya di kitchen hotel berbintang. Selain dituntut kemampuan individual yang mumpuni juga kesolidan bekerja sebagai sebuah teamwork dan kemampuan mengelola waktu sejak prepare bahan, proses memasak hingga menghias hasil masakan serta menyajikannya.

Mahasiswa Tristar Cruise Class Jemursari diminta memperhatikan bahan dan bumbunya apa saja dan tahapan teknik memasaknya bagaimana. Tujuannya agar peserta memahami standard operational procedure (SOP) memasak makanan Western Food (Continental Cuisines) yang biasa diterapkan di industri perhotelan termasuk di kapal pesiar juga.

 

Dalam gelaran Cooking Practice with Chef kali ini, Chef Suro Hartoyo –sehari-hari menjabat sebagai Executive Chef Best Western Papilio Hotels— menyebutkan bahwa tiga menu masakan Western Food tersebut harus diselesaikan hanya dalam waktu 30 menit.


Tiga menu masakan Western Food itu adalah Fresh Crunchy Assorted Lettuce Salad with Grilled Chicken Spicy Dressing (Salad/Appetizer), Pan Seared Fish with Corriander Basting Flavor, Crouded Vegetable, Mashed Potato & Classical Lemon Beucre Blan (Main Course) dan Cream Caramel Pudding (Dessert). Tiga menu Western Food tersebut merupakan salah satu menu favorit tamu yang menikmati perjalanan di atas kapal pesiar.

Demi efektivitas pekerjaan di kitchen, sembilan mahasiswa Tristar Cruise Class Jemursari dibagi tiga kelompok kecil. Misalnya, yang bekerja membuat Fresh Crunchy Assorted Lettuce Salad with Grilled Chicken Spicy Dressing (Appetizer) adalah Britania, Intan dan Nisa.

Sedangkan Ritchie, Jesslyn dan Ricky dipercaya Chef Suro untuk menyiapkan Pan Seared Fish with Corriander Basting Flavor, Crouded Vegetable, Mashed Potato & Classical Lemon Beucre Blan (Main Course). Sementara itu tugas membuat Cream Caramel Pudding (Dessert) diserahkan kepada Jenny, Jordan dan Sherina.

Masing-masing kelompok berupaya tampil all out sejak prepare bahan, memproses masakan hingga menyajikannya di atas meja uji. Selama proses memasak hingga mem-plating hasil masakan tersebut, apa yang dikerjakan mahasiswa siang itu disupervisi langsung oleh Chef Suro bersama tim kitchen Mariposa Restaurant.

Aksi mahasiswa tersebut dimonitor dari second per-second. (detik per detik mengingat durasi masak hanya 30 menitan). oleh kru kitchen Mariposa Restaurant demi produk masakannya nanti sesuai dengan standar industri perhotelan, minimal memenuhi tiga aspek yakni tampilan dan kreativitas, tekstur dan rasanya.

Menurut penilaian Chef Suro, dari tiga kelompok yang memenuhi ekspektasi sistem kerja di kitchen hotel adalah kelompok 2 yang bertugas membuat menu Main Course, sedangkan kelompok 1 (Appetizer) dan kelompok 3 (Dessert), masih amburadul dalam pengorganisasian anggota kelompoknya, demi mengelola durasi masak yang hanya dipatok 30 menit tersebut.

”Kelompok 2 yang membuat menu Main Course, cara pengorganisasiannya sudah tepat. Leadership dan pendelegasian tugas berjalan sesuai harapan, mulai prepare bahan, operasional di kitchen, proses plating & garnish hingga finishing-nya sehingga kitchen tampak bersih kembali. Overall kerja mahasiswa Tristar Cruise Class sudah oke,” puji Executive Chef Best Western Papilio Hotels tersebut.

Sementara itu dari tim kitchen Mariposa Restaurant sendiri juga kebagian tugas menyiapkan Crispy Tomato Basil Bruschetta with Calypso Spicy Dressing (Amuse Bouche) dan The Fresh Classical Tomato Soup with Crunchy La Vosh (Soup).

Kehadiran rombongan mahasiswa Tristar Cruise Class Jemursari siang itu di dampingi Dosen Pengajar TITC Surabaya Chef Hartono, Kaprodi F&B Product Imania Ayu Wulandari M.MPar dan Kaprodi Perhotelan Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Tristar Cruise Class Jemursari di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, WA 0813 3035 0822, 0812 3375 2227 dan 0812 3253 9310, sekarang juga. (ahn)

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar