twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 31 Desember 2020

Memotret Keseruan Praktik Food Technology Bersama Chef Ernawati



Mahasiswa Pastry Art (P1) Akpar Majapahit Dikenalkan Teknik Buat Strawberry Jam Skala Home Industry

 

PERTEMUAN hari terakhir mahasiswa Pastry Art (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi bersama Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group Ernawati M.MPar., dengan materi teknik membuat Strawberry Jam (Selai Strawberry) dihelat di Laboratorim Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Kamis (17/12/2020) pagi.


Di pasaran, Strawberry Jam banyak ditawarkan dengan berbagai merek dagang dari yang bermain di segmen pasar low end, middle sampai level high end (premium class). Namun hal itu tidak menyurutkan niat seseorang untuk memproduksi anek jenis selai termasuk Strawberry Jam dalam skala rumahan (home industry).


Di era keterbukaan informasi saat ini me,ungkinkan calon pelaku usaha baru untuk merintis bisnis pengolahan hasil pertanian khususnya buah Strawberry yang bahan bakunya cukup melimpah di sentra-sentra pertanian buah yang berasa asam manis ini.


Antusiasme pelaku usaha rumahan (home industry) membuat Strawberry Jam, juga tidak lepas dari melimpahnya pasokan buah segar ini di pasaran. Selain Strawberry, buah-buahan lainnya seperti Blueberry, Nanas, Orange, Apel, Kacang Tanah, juga bisa diolah lebih lanjut menjadi selai.


Mengingat pangsa pasarnya yang masih terbuka lebar, maka mahasiswa Pastry Art (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi pun diajarkan teknik membuat Strawberry Jam skala home industry. Menariknya dalam praktik kali ini, Chef Ernawati giliran mengandalkan buah Strawberry segar sebagai bahan utamanya. Dalam praktik sebelumnya menggunakan bahan utamanya dari Pineapple (buah Nanas yang masih segar).

 

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI, kandungan gizi buah Strawberry segar per 100 gram, mengandung 32 kcal (energy), karbohidrat 8 gram, 0,30 gram lemak, serat pangan 2 gram, gula 4,9 gram, protein 0,7 gram, kolesterol 0 mg dan kandungan mineral esensial mulai kalium 153 mg, magnesium 13 mg, natrium 1,0 mg dan zat besi 0,7 mg. Sedangkan kandungan vitaminnya cukup beragam mulai vitamin A 12 IU hingga vitamin C 58,8 mg.

 

Untuk membuat Strawberry Jam yang memenuhi standar industrial, maka Chef Ernawati hanya memberikan satu resep dengan memanfaatkan bahan sebagai berikut strawberry fruit (420 gram), glucose syrup (120 gram), CMC (3 gram), sugar (450 gram), citric acid (2-3 gram), food colouring dan food flavouring, wadah selai berupa kemasan botol plastik.

 

Sebelum praktik diakhiri, Strawberry Jam itu diaplikasikan dengan roti tawar untuk disajikan di atas piring dan di-garnish lebih dulu agar tampilannya cantik dan menarik. Pemanfaatan selai dari buah Strawberry yang dioleskan di atas roti tawar (breads) pas banget untuk disajikan saat breakfast atau cocok untuk menemani acara minuman teh atau secangkir kopi hangat. Ini jelas mantap banget bro …!

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar