twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 29 Desember 2020

Dari Final Exam Masak Indonesian Food di Graha Tristar Surabaya


Bilal Tampilkan Makanan Khas Manado, Ikan Dori Sambal Dabu-Dabu with Nasi Daun Jeruk dan Tumis Daun Pepaya

 

FINAL exam pada hari terakhir, Kamis (24/12/2020) pagi, menampilkan dua kreasi plating masakan Indonesian Food persembahan dari Muhammad Bilal Nugraha (single fighter yang mewakili Tim 1) dan duet maut Amanda Caroline M dengan Nur Tari Pandan Arum (mewakili Tim 2), di meja display Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Selama final exam tersebut, Tim 1 harus berjibaku seorang diri demi masak Ikan Dori Sambal Dabu-Dabu with Nasi Daun Jeruk dan Tumis Daun Pepaya yang superenak di hadapan Tim Juri yang terdiri dari Chef Endang Sri Rahajoe, Chef Renny Savitri dan Chef Thomas Denny.


”Masakan tradisional khas daerah Manado itu saya angkat dalam ujian praktik masak kali ini karena kuliner dari Provinsi Sulawesi Utara ini cukup populer di kalangan wisatawan domestik maupun turis mancanegara,” kata Bilal, sapaan akrab Muhammad Bilal Nugraha.


Lembutnya olahan Daging Ikan Dori dengan balutan bumbu oranye khas Sulawesi Utara itu sangat menggoda selera jika dipadupadankan dengan Sambal Dabu-Dabu yang pedasnya nendang dan semakin lengkap jika dinikmati bersama Nasi Daun Jeruk dan Tumis Daun Pepaya.


Sedangkan Tim 2 yang terdiri dari Amanda dan Nur Tari, fokus masak Nasi Merah Gurih with Udang Pedas Saus Madu dan Tumis Sayur Pelangi. Salah satu masakan tradisional dari daerah Banyuwangi Jawa Timur ini pedasnya juga nendang banget.


Olahan Nasi Merah (dipilih karena warnanya yang menarik) yang dibumbui hingga berasa gurih itu cocok untuk menu diet berkat kadar kalorinya yang rendah dibanding Nasi Putih biasanya. Kombinasi Nasi Merah Gurih dengan lauk dan sayurannya, yakni Udang Pedas Saus Madu dan Tumis Sayur Pelangi, merupakan perpaduan apik bagi Anda penyuka masakan pedas.


Demi mempersembahkan dua kreasi plating-an yang cantik dan menarik, kedua tim pun bekerja keras di Kitchen Culinary Lantai 3 Graha Tristar Surabaya, mengingat durasi ujian praktik masak tersebut hanya dipatok 1,5 jam saja.


”Makanya saya dan Nur Tari berbagi tugas sejak menyiapkan bahan-bahan yang akan dimasak, memproses masakan tersebut hingga menyajikannya di atas piring dan mem-plating masakan itu secantik dan semenarik mungkin,” ujar Amanda Caroline kepada kru www.sekolahmasak.info, pekan lalu.


Dua kreasi plating masakan Indonesian Food yang ditampilkan anak didik Chef Ari Purwantoro, selanjutnya dinilai oleh Tim Juri berdasarkan tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasanya. Tiga kriteria penilaian itu merupakan Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diterapkan di industri perhotelan. Good jobs bro…!

 

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit terakreditasi A dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar