twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 31 Desember 2020

Melihat Kehebohan Acara Baking Demo with Chef di Graha Tristar Surabaya


 

Jika Chef Lusi All Out Buat Durian Sticky Rice Layered, Giliran Chef Mei Tampilkan Pudding Jelly Cream


 

PEKAN terakhir sebelum pelaksanaan final exam, tepatnya pada Jumat (18/12/2020) pagi, Dosen Pengajar Pastry Art (P1) Akpar Majapahit Chef Lusiana dan Chef Dwi Mei Retnowati, menggelar acara Baking Demo with Chef untuk membuat dua kreasi kue kekinian sekaligus, yakni Durian Sticky Rice Layered dan Pudding Jelly Cream, dengan tampilan yang cantik, menarik dan berkelas.


Gelaran demo pada sesi pertama, Jumat (18/12/2020) pagi itu dihadiri 12 mahasiswa Pastry Art (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi. Mereka antusias mengikuti demo membuat dua kreasi kue kekinian tersebut di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha TristarJl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Selama demo tersebut, Chef Lusi tampil all out demi mempersembahkan Durian Sticky Rice Layered yang rasanya manis legit dengan aroma durian yang khas. Untuk teknik membuat kue kekinian ini, maka Anda harus melakukan empat tahapan pekerjaan.


Tahap pertama menyiapkan resep untuk membuat Tuiles, yang bahannya meliputi margarine, butter, icing sugar, egg, medium flour (segitiga), cornstarch, baking powder, vanilla paste dan rhum paste. Adonan Tuiles ini lalu di-bake pada suhu 170*C selama 10 menitan.


Tahapan pekerjaan berikutnya adalah menyiapkan Sticky Rice. Bahannya terdiri dari glutinous rice (di-steam selama 15 menitan), coconut cream, water, salt dan pandan leaf untuk memberi efek aroma harum dari ketan yang telah di-steam.


Langkah selanjutnya membuat Pandan Kaya Layer. Demi mengerjakan pekerjaan tahap ketiga ini, maka bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain pandan leaf (di-juice), water, coconut cream, sugar, salt, mungbean flour, custard powder, agar-agar powder (plain), water dan green color diambilkan dari pandan paste. Untuk coconut cream (santan)-nya sendiri cukup di-warm saja jangan sampai grilled agar tidak rusak kandungan gizinya.


Sedangkan tahapan pekerjaan terakhir adalah menyiapkan Silky Durian Kaya Layer-nya. Demi membuat Silky Durian Kaya Layer yang teksturnya lembut, maka fresh durian di-blender sampai halus dan ditambahkan dengan coconut cream dan bahan lain seperti egg yolk, egg, water, sugar, salt, custard powder, rice flour, agar-agar powder dan yellow color untuk memberi efek warna dari olahan duriannya.


Selain itu masih ada tambahan beberapa bahan lain seperti sugar, water, lemon juice dan red color agar tampilan Durian Sticky Rice Layered itu nantinya semakin cantik, menarik dan berkelas saat disajikan di meja display produk pastry.


Tidak hanya Chef Lusi yang tampil all out saat menghelat baking demo, Chef Dwi Mei Retnowati yang akrab disapa Chef Mei pun harus berjibaku demi mempersembahkan Pudding Jelly Cream dengan tampilan kekinian.


Saat demo di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar pagi itu, Chef Mei juga melibatkan anak didiknya agar mereka bisa belajar mengkreasikan sendiri dari apa yang dilihat dan dipraktikkan ini, untuk selanjutnya diaplikasikan pada saat ujian praktik yang dihelat pada tanggal 21-24 Desember 2020.


Untuk membuat Pudding Jelly Cream yang rasanya maknyus, langkap pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan Pudding Base-nya terlebih dulu, yakni membuat Layer 1 dan Layer 2.


Bahan untuk membuat Layer 1 sendiri meliputi chocolate jelly powder, agar-agar plain, DCC, sugar dan water. Sedangkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Layer 2 adalah jelly powder (plain/sirsak/leci), agar-agar plain, sugar dan fresh milk.


Langkap selanjutnya membuat Jelly Cream-nya, dengan memanfaatkan bahan-bahan seperti jelly powder (plain/sirsak/leci), sugar, cornstarch, water, white margarine dan agar-agar plain.


“Dari dua tahapan pekerjaan itu maka tampilan Pudding Jelly Cream seperti tower atau menara tiga tingkat mulai diameter 24 cm, 16 cm dan puncaknya berdiameter 8 cm. Lalu dihias sedemikian rupa agar tampilan pudding kekinian itu terkesan mewah dan berkelas,” pungkas Chef Mei kepada kru www.sekolahmasak.info, beberapa waktu lalu.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar