twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Sabtu, 19 Desember 2020

Dari Kunjungan Industri di Best Western Papilio Hotel Surabaya


Enam Tim Mahasiswa Tristar Group Adu Cepat Plating ”Chicken Cordon Bleu with Mass Potato & Fresh Vegetables” Standar Hotel Berbintang


SETELAH dibekali pengetahuan praktik seputar Hygiene & Hotel Sanitation, Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) dan Stewarding, 39 mahasiswa Tristar Group yang terbagi dalam enam tim, ditantang Executive Chef Best Western Papilio Hotel Surabaya Suro Hartoyo, meramaikan gelaran adu cepat teknik mem-plating Chicken Cordon Bleu with Mass Potato & Fresh Vegetables standar hotel berbintang, di Mariposa Restaurant, Sabtu (06/12/2020) siang.


Dalam gelaran tersebut, Chef Suro, sapaan akrabnya, hanya memberi batasan waktu untuk mem-plating satu menu western food (Main Course) itu secantik dan semenarik mungkin tidak lebih dari 10 menit. Sehingga pada saat disajikan tampilannya betul-betul berkelas dan elegan.

Tantangan dari Chef Suro Hartoyo itu sebenarnya bukan hal yang baru bagi mahasiswa Trestelle Accademia Culinaria e Pasticceria (Tristar Group), baik mahasiswa Culinary Art Class Tristar Samator maupun mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar), yang setiap hari bergelut di kitchen kampus.

”Selain ingin tahu sejauh mana koordinasi antaraanggota tim, saya juga ingin melihat atensi mahasiswa saat diajarkan teknik memasak hingga mem-plating Chicken Cordon Bleu with Mass Potato & Fresh Vegetables oleh Chef Usman Sulaiman (Sous Chef Best Western Papilio Hotel) sebelumnya,” terang Chef Suro.

Keseruan masing-masing tim untuk menampilkan plating-an terbaiknya juga menarik perhatian Kaprodi Perhotelan Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Dosen Pengajar Hygiene & Hotel Sanitation Hardhita Kusdharyanto, M.Par., yang turun menyemangati mahasiswa agar tampil percaya diri atas hasil kreasi original-nya masing-masing, mengingat kreasi mereka itu dinilai langsung oleh Executive Chef Best Western Papilio Hotel.

Secara keseluruhan, Chef Suro Hartoyo meilhat antusiasme masing-masing tim saat bekerja di bawah tekanan –karena waktu mem-plating hanya dibatasi 10 menit—cukup baik. Begitu juga koordinasi antaranggota tim yang terlibat lumayan mengalir, sejak mereka menyiapkan sauce, mayonnaise, memberikan tambahan garnish pada  proses finishing-nya hingga bagaimana mengatur manajemen waktunya. Tak pelak lagi jika gelaran adu cepat mem-plating satu menu western food itu berlangsung cukup heboh.

Di sela-sela acara tersebut, Chef Suro Hartoyo juga menginformasikan, kalau satu menu Chicken Cordon Bleu with Mass Potato & Fresh Vegetables  rata-rata mengandung 400-450 gram kalori. Rinciannya Chicken Cordon Bleu berkisar 180-210 gram kalori, sedangkan Mass Potato & Fresh Vegetables sendiri sekitar 190-240 gram kalori.

 kalori Main Course sebanyak itu belum ditambah dengan Soup yang bermain pada kisaran 120 gram kalori. Belum lagi kalori dari asupan Salad (Appetizer) dan Dessert-nya. ”Jadi kalau satu set menu itu dikonsumsi oleh seseorang yang menghadiri acara jamuan makan siang yang di-set up ala Table Manner, sudah cukup mengenyangkan dan bergizi lagi,” ujarnya Chef Suro menambahkan.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar