twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 17 Desember 2020

KREASI DESSERT BUAH MANGGA

 

Challange Dessert Pastry Menggunakan Signature Buah Mangga

Mahasiswa Pastry Tristar Culinary Institute Bogor

            MENGKREASIKAN  BUAH MANGGA JADI DESSERT MEWAH


Mangga. Buah tropis yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Rasanya nikmat dan murah harganya. Di tangan para mahasiswa Tristar Culinary Institute Bogor, berubah menjadi sajian  mewah dan mahal. 

Enam orang mahasiswa Pastry  3 Desember 2020 lalu, mengkreasikan buah mangga itu menjadi berbagai sajian mewah. Itu dilakukan dalam   Challange Dessert Pastry Menggunakan Signature Buah Mangga.

Enam macam dessert tersaji di meja setelah dua jam proses memasak yang cukup mengasyikkan. Challange yang tidak tegang. Itulah suasana yang tercipta di dapur, ketika para mahasiswa menjalankan tantangan. 


Dalam challange ini, mahasiswa dibagi menjadi tiga tim. Masing-masing tim terdiri dari  dua orang, mereka membuat dessert dengan basic berbeda yakni cake, sus dan pie.

Tim tersebut hanya bekerja sama untuk pembuatan bahan dasar kue. Untuk selanjutnya, mereka membuat topping yang berbeda dengan signature buah mangga. 


Meski ini adalah challange, namun suasana di dapur tetap menyenangkan dan akrab. Dapur memang tempat yang paling menyenangkan bagi mahasiswa. Karena disana tidak ada jarak antara dosen dan mahasiswa. 

Mahasiswa tidak sungkan untuk bertanya. Dosen juga tidak segan turun tangan membantu. Gagal bikin adonan, wajar. Namanya juga belajar. Dosen pun dengan sigap membantu si mahasiswa untuk mengatasi masalahnya.


Memang resiko mahasiswa pastry, harus rela mengerahkan tenaga ketika mengaduk adonan. Kecepatan dan kekuatan mengaduk adonan, adalah kunci sukses berhasilnya adonan kue sus. 

Kue Sus Dias Cahya Cicilia akan bermasalah, jika  Chef Fanda tidak segera memberikan contoh teknik cara mengaduknya. Maka, sukseslah adonan sus yang renyah dan mengembang sempurna. Eclair with Manggo Cream, itulah hasil akhir challange Dias.


Masih tentang sus. Kali ini Dilla Nurfadillah harus mengulang adonan kue sus miliknya. Karena, adonannya terlalu lembek dan tidak bisa dibentuk, tentunya. 

Mahasiswa Pastry Tristar Culinary Institute Bogor, tidak perlu khawatir dengan bahan. Karena semua sudah tersedia di dapur. 

Dengan sedikit perjuangan, dibantu Dias dan diawasi Chef Fanda, maka sukseslah adonan sus Dilla. Sus Fla Manggo yang lezat, akhirnya tersaji dengan cantik.

Riski Reja, yang sibuk menyiapkan Cake Manggo Custard bergerak lincah. Kompor, meja dapur dan oven seolah sudah menjadi bagian dari dirinya.  Maka cake pun dalam sekejap sudah berada di oven.


 Sigap sekali Riski menyelesaikan tantangannya. Mangga yang dikreasikan menjadi curstard, dalam sekejap sudah siap. Durasi dua jam dalam challenge ini, memberi kesempatan yang cukup untuk plating. Indah dan menggiurkan.


 Dhea Dwi yang berbagi meja dengan Riski, seolah tak menemui hambatan.  Manggo Cheese Lemonade yang disiapkannya dalam challange ini, tersaji tepat waktu dengan plating yang cantik.

Veren  Nera Chandra dan  Avisiena Kurnia yang menempati meja di pojok, nampak dengan tenang menyiapkan adonan tarletnya. Dua jam kemudian, dua mahasiswi ini berhasil menyiapkan dessert yang lezat. Tartlet Manggo Mint dan Manggo Tartlet tersaji dengan menarik. 


Secara umum, challange itu berlangsung dengan lancar dan sukses. Durasi dua jam yang diberikan dosen pembimbing, terpakai dengan baik. Tidak ada mahasiswa yang terlambat menyerahkan hasil kerjanya. (sr)

*

Anda punya passion di bidang culinary dan pastry, disinilah tempatnya untuk berkembang. Tanpa tes masuk, pendaftaran mahasiswa baru setiap 3 bulan. Praktek setiap hari.  Tristar Culinary Institute Bogor tempat yang paling tepat untuk mencetak Anda menjadi Chef Profesional.

Info lengkap hubungi  kami :

Tristar Culinary Institute Bogor

Jln. Raya Tajur No 33, Bogor

Telp: 0251-8574434, 0811173022, 081272017761, 081217929008

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar