twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 20 Desember 2020

Dari Master Demo Chocolate Modelling di Laboratorium Graha Tristar Surabaya


Chef Renny Persembahkan Kreasi Pohon Natal dan Rumah Coklat yang Cantik Bernuansa Christmas Day 2020


 

DALAM gelaran Master Demo bertema Chocolate Modelling yang dihelat dua hari, Rabu (16/12/2020) dan Kamis (17/12/2020), Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Chef Renny Savitri M.Par., mempersembahkan dua kreasi coklat yang bernuansa Christmas Day 2020, yakni Pohon Natal dan Rumah Coklat yang cantik dengan hiasan lampu flip flop.


 

Dua kreasi coklat yang bernuasa Christmas Day 2020 itu di-display di lobi Graha Tristar Surabaya sejak Kamis (17/12/2020) sore, sejurus dengan selesainya pekerjaan menghias Pohon Natal dan Rumah Coklat  tersebut yang melibatkan sekitar 40-an mahasiswa Pastry Art A-2 dan B-2 (Kelas Pagi dan Kelas Siang).


Demi memudahkan pekerjaan di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar, Chef Renny membuat sistem kerja secara simultan sejak prepare bahan, memprosesnya hingga finishing-nya, di mana pekerjaan yang dimiulai mahasiswa Pastry Art A-2 Kelas Pagi dilanjutkan mahasiswa Pastry Art  A-2 Kelas Siang.


”Begitu juga pekerjaan yang mulai digarap mahasiswa Pastry Art B-2 Kelas Pagi diteruskan mahasiswa Pasry Art B-2 Kelas Siang. Sejak prepare sampai dua kreasi coklat ini di-display di lobi Graha Tristar butuh waktu dua hari,” terang Chef Renny Savitri kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Jumat (18/12/2020) pagi.

 

Dua kreasi coklat itu, yakni Pohon Natal dan Rumah Coklat, masing-masing menghabiskan 3-4 kg coklat murni dan bahan tambahan berupa parutan kelapa (coconut) yang dikeringkan untuk menggambarkan saljunya.


”Untuk memberikan rasa manis pada dua kreasi produk Chocolate Modelling itu ditambahkan corn syrup saat memproses coklatnya, sehingga kreasi coklat itu berasa manis. Jadi kedua produk coklat yang saya display ini juga layak dikonsumsi,” ujarnya.


Semi menyiapkan ornamennya sendiri, setiap 1 kg Elmer Chocolate Compound butuh 75 gram corn syrup (sirup dari saripati jagung). Jika setiap produk membutuhkan 4 kg coklat murni, maka untuk corn syrup-nya sendiri butuh sebanyak 300 gram.


Selama belajar dan praktik Chocolate Modelling di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar, pekan lalu, tekniknya adalah coklat yang masih berbentuk lantakan itu dirusak dan diolah lagi sehingga menjadi ornamen-ornamen baru yang lebih bagus, cantik dan menarik tampilannya.


Tampilan baru dari hasil kreasi coklat itu bisa dilihat di lobi Graha Tristar, yakni Pohon Natal dan Rumah Coklat yang bernuansa Christmas Day atau bisa juga Anda buat model ala Chocolate Mosque (Masjid Coklat) demi menggambarkan suasana Ied Mubarak yang berkesan.


Masih menurut Chef Renny, Master Demo yang dihelat menjelang pelaksanaan final exam itu merupakan pengganti dari materi praktik Chocolate Modelling yang seharusnya juga dilakoni mahasiswa. Sebelum belajar Chocolate Modelling, mahasiswa Pastry Art Class sudah dikenalkan materi praktik Chocolate Pralines dan Troffles dengan tampilan kekinian.


Dalam kesempatan itu kami juga berterima kasih atas dukungan Elmer Chocolate Premium sebagai sponsor utama dan dukungan dari Parrot Chocolate yang menjadi supporting-nya, sehingga dua kreasi coklat itu bisa kami persembahkan,” pungkas dosen cantik dengan hijab di kepala tersebut.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar