twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Sabtu, 26 Desember 2020

Dari Final Exam Masak Indonesian Food di Graha Tristar Surabaya


Tumpeng Mini Kreasi Ervina Rahmawati Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Pagi Dapat Pujian dari Tim Juri

 

TUMPENG MINI kreasi Ervina Rahmawati, mahasiswa Culinary Art (C1) Akpar majapahit Kelas Pagi yang dibimbing Chef Ari Purwantoro, mendapat pujian dari Tim Juri pada final exam hari kedua yang bertajuk Indonesian Food Creations, di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Surabaya, Selasa (22/12/2020) pagi.

 

Keberanian Ervina tampil beda pada final exam kali ini menjadi poin tersediri di mata Tim  Juri, yang terdiri dari Chef Nadya Ratri Aryani, Dewi Mariyanah M.Par dan R. Paulus W. Soetrisno M.Par. Sedangkan tiga mahasiswa lainnya berjibaku masak tiga kreasi masakan Indonesia yang telah diajarkan sebelumnya.

 

Tumpeng Mini belakangan ini jadi tren di kalangan pebisnis kuliner dari tampilannya yang cantik dan menarik, juga harganya lebih bersahabat di kantong dibandingkan penampilan tumpeng jumbo yang biasanya.


Meski menu yang disajikan pada Tumpeng Mini tidak sebanyak tumpeng jumbo tetapi tampilannya sudah cukup memikat. Menu Tumpeng Mini yang dikreasi Ervina ini terdiri dari Nasi Kuning, Ayam Goreng, Perkedel Kentang, Sambal Goreng, Urap-Urap, Telur Dadar, Hiasan Tomat Buah dan garnish-nya sendiri terdiri dari edible flower, hiasan dari bawang Bombay dan irisan jeruk nipis.

 

Makanya, Tumpeng Mini pun layak disajikan untuk momentum acara yang hanya dihadiri keluarga kecil atau kerabat dekat, kado ulang tahun sahabat karib dan syukuran keluarga dengan budget terbatas. Tak salah jika kreasi baru Tumpeng Mini akhir-akhir ini semakin diminati masyarakat.


 

Selain Tumpeng Mini, masih ada tiga kreasi masakan mahasiswa Culinary Art yang dinilai Tim Juri yakni Nasi Merah, Ayam Bumbu RW dan Thutilinanga (Fido Handy Wijaya), Nasi Ayam Suwir Bumbu Merah dan Tumis Kacang Panjang (Mochammad Farhan FP) dan Nadya Amarti mempersembahkan Nasi Putih, Sayur Asem Jawa Timuran, Dadar Jagung dan Ayam Balado.

 

Fido Handy Wijaya dalam final exam pagi itu mengangkat salah menu masakan khas dari Manado Sulawesi Utara, yakni Nasi Merah, Ayam Bumbu RW dan Thutilinanga. Sedangkan Mochammad Farhan FP fokus membuat Nasi Ayam Suwir Bumbu Merah dan Tumis Kacang Panjang.

 

Sementara itu Nadya Amarti, mahasiswa Culinary Art Class, juga mengaku kerja keras pada final exam ini demi mempersembahkan masakan kesukaannya, yakni Nasi Putih, Sayur Asem Jawa Timuran, Dadar Jagung dan Ayam Balado, yang sedap rasanya.

 

”Dalam ujian praktik masak ini saya harus pandai-pandai membagi waktu sejak prepare bahan masakan hingga menyajikan di atas meja display, karena durasi masaknya hanya 1,5 jam dan final exam itu sifatnya individual,” ujar Nadya Amarti, di sela-sela menunggu hasil penilaian oleh Tim Juri.


 Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar