twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 13 Desember 2020

Demi Belajar Accounting Hotel dan Praktiknya di Industri Perhotelan


Junior Accounting Best Western Papilio Bekali Mahasiswa Pastry Art Class Ilmu Akuntansi dan Alur Distribusi Barang


MAHASISWA D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Pastry Art Class yang diasuh Dosen Pengajar Akuntansi Hotel Agoes Soedarsono M.Par., antusias belajar Akuntansi Hotel dan Praktiknya di Industri Perhotelan bersama M. Ari Fajar Wibisono, Junior Accounting Best Western Papilio Hotel Surabaya, Jumat (04/12/2020) siang.


Selain untuk me-refresh kembali materi kuliah yang telah diajarkan di kelas, mahasiswa juga diajak melihat langsung alur distribusi barang yang masuk ke hotel, sejak barang tersebut diterima staf bagian penerimaan, kemudian disimpan di gudang (general store) atau di freezer (ruang pendingin) hingga dimanfaatkan oleh tim kitchen hotel untuk diolah lebih lanjut menjadi sajian makanan yang superlezat dan dihidangkan kepada tamu hotel.

Presentasi materi Akuntansi Hotel termasuk Alur Distribusi Barang yang disampaikan Junior Accounting Best Western Papilio Hotel tersebut mengambil tempat di Lacewing Room Lantai 7 dengan dihadiri 11 mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit.

Untuk memberi gambaran riil di bagaimana alur barang di hotel, mahasiswa diajak ke Lantai Basement yang salah satu arealnya dimanfaatkan untuk tempat penerimaan barang dari pemasok (vendor). Barang yang diterima pihak hotel, sebelum dimasukkan ke dalam general storage atau dibawa ke ruang pendingin di kitchen (Lantai 7), dicek lebih dulu oleh staf penerima barang berdasarkan order dari pihak hotel.

General storage itu isinya kebanyakan barang-barang kering yang tidak mudah rusak dan relatif tahan lama, seperti aneka jenis mie, minyak goreng, beras, gula pasir, tepung terigu, makanan kalengan, sirup dalam kemasan botol, air gallon, air minum dalam kemasan (AMDK). Keberadaan general storage ini tidak dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang yang sifatnya mudah rusak (perisable), seperti daging, ikan segar, sayur dan buah-buahan.

Sementara itu jika barang –seperti daging (beef), chicken, telur, ikan segar dan seafood, sayur dan buah-buahan--  itu untuk merupakan bahan-bahan kebutuhan masak tim kitchen dan harus diolah hari ini atau keesokan harinya, maka barang itu langsung dibawa ke kitchen Mariposa Restaurant di Lantai 7 Best Western Papilio Hotel.

Karena itu, M. Ari Fajar Wibisono juga mengajak mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit ke kitchen Mariposa Restaurant, untuk melihat sejumlah fasilitas berupa ruang pendingin, freezer, gudang bumbu dan aneka kebutuhan kitchen, ruang cool kitchen, ruang hot kitchen, ruang kerja Executive Chef dan F&B Director, serta gudang penyimpanan aneka piring, sendok dan gelas.

Acara kunjungan industri dipungkasi dengan jamuan makan siang bersama yang dikemas ala family style di Mariposa Restaurant Lantai 7, Best Western Papilio Hotel Surabaya. Menu makan siang itu disajikan secara berurutan mulai Fruits Salad with Cheese Greated (Appetizer), Chicken Vegetables Soup (Soup).

Sementara itu Main Course-nya meliputi Nasi Goreng Jawa, Mie Goreng Sosis, Ca Brocolli Saus Bawang, Ayam Bumbu Kuning, Ikan Saus Padang, Telur Sambal Lombok Ijo dan Ayam Bumbu Lada Hitam. Sedangkan Dessert-nya sendiri berupa Es Kopyor Kelapa Muda, Cakes dan Pudding.

Jamuan makan siang ala family style itu semakin gayeng dengan dibukanya acara dialog dan diskusi langsung antara mahasiswa Pastry Art Class dengan Executive Chef Best Western Papilio Hotel Suro Hartoyo yang dipandu Kaprodi Perhotelan R. Paulus W. Soetrisno M.Par.

Dalam kesempatan itu Chef Suro menjelaskan dari A to Z suka duka bekerja di kitchen hotel berbintang. Pasalnya, dirinya merintis karier kerja di hotel berbintang itu dimulai dari posisi paling bawah yakni sebagai tukang cuci piring (Stewarding) pada 1989 silam. Kemudian naik ke Hot Kitchen sebagai Cook Helper, Cook hingga Chef de Party (CDP).


"Selanjutnya saya dimutasi ke Cool Kitchen. Oleh Chef Robin Hawkswort dari Hilton Patra Jasa Surabaya (sekarang Singgasana Hotel), saya diminta belajar Pastry (Patisserie) Product. Saat ini dipercaya sebagai Executive Chef di Best Western Papilio Hotel Surabaya,” pungkasnya. Selamat menikmati!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar