twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 25 Desember 2020

Dari Final Exam Masak Indonesian Food di Graha Tristar Surabaya


Mahasiswa Culinary Art Kelas Siang Beradu Plating dan Tasting Enam Kreasi Masakan Khas Daerah Indonesia

 

ENAM mahasiswa Culinary Art (C1) Akpar Majapahit Kelas Siang, adu plating dan tasting kreasi masakan khas daerah Indonesia pada final exam bertajuk Indonesian Food Creations di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Surabaya, Senin (21/12/2020) siang.

 

Enam mahasiswa Culinary Art Class yang sehari-hari diasuh oleh Chef Ari Purwantoro, Dosen Pengajar Culinary Akpar Majapahit itu harus berjibaku demi mempersembahkan kreasi masakan terbaiknya di hadapan Tim Juri yang terdiri dari Chef Mario Alvin Jonathan, Chef Renny Savitri dan Chef Nadya Ratri Aryani.

 

Gabriele Benedicta, misalnya, tampil percaya diri saat masak makanan khas dari daerah Jatim yakni Nasi Putih, Urap-urap, Gurami Bakar Madu dan Sambal Bawang sejakm prepare bahan, proses memasak hingga mem-plating-nya. Mengingat durasi masak pada final exam kali ini waktunya tidak lebih dari 90 menit atau 1,5 jam saja.

 

Dengan ketrampilannya yang mumpuni, Gabriele pun kali pertama menanak nasi putih dan menyiapkan sayuran untuk membuat Urap-Urap berikut bumbu Urap-Urap dari garlic, brown sugar, shallot, hot chilli, red chilli, parutan kelapa muda, garam dan daun jeruk..

 

Selanjutnya mahasiswi nan lincah ini menyiapkan bumbu untuk masak Gurami Bakar Madu dan membuat Sambal Bawang, sebelum olahan tersebut di-plating menjadi satu tampilan cantik dan menarik di atas piring.

 

Sedangkan Claudia Lelyana fokus masak Nasi Campur Khas Bali yang terdiri dari Nasi Putih, Sate Lilit Ikan, Ayam Suwir, Lawar dan Sambal Matah yang tampilannya begitu menggoda selera makan. Claudia juga harus berjibaku di kitchen demi mengejar waktu masak yang hanya dipatok 1,5 jam.

 

Tak kalah hebohnya adalah aksi Syah Daffa’ Al Anwar. Mahasiswa yang akrab disapa Anwar ini harus bekerja ekstra keras di kitchen, demi mempersembahkan masakan khas dari Pulau Dewata (Bali), yakni Nasi Gurih, Ayam Betutu, Sayur Lawar dan Sambal Matah, yang cita rasanya Bali banget.

 

Sementara itu Erick Michael V., juga tampil penuh percaya diri untuk mempersembahkan makanan kesukaannya yakni Rawon Risotto, Beef Steak dan Vege yang memadukan (fusion style) makanan Indonesian Food dan Western (American) Food yang sudah akrab di lidah kebanyakan orang Indonesia.


 

Sedangkan Daud Christian B.J. dan Feivel Gavin S., tampil all out demi membuat masakan khas Indonesia yang lezat rasanya. Christian masak makanan yang bertajuk Nasi Putih, Ayam Goreng Cabe Ijo dan Tumis Kangkung. Feivel sendiri antusias menyiapkan masakan khas dari daerah Jateng, yakni Garang Asem Ayam dan Nasi Putih yang juicy banget citarasanya.

 

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar