twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 08 Desember 2020

Dari Kemeriahan Acara Wisuda XII Akademi Pariwisata Majapahit


137 Orang Wisudawan/Wati Suka Cita Mengikuti Prosesi Acara Wisuda di Ballroom Novotel Samator Hotels


GELARAN acara Wisuda Mahasiswa Akademi Pariwisata (Akpar) Majapahit 2020 ini terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, hajatan tahunan kali ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, yang menuntut penyelenggara acara maupun peserta wisuda berikut undangan VIP-nya, mematuhi ketentuan Protokol Kesehatan yang ditetapkan Pemerintah.


Namun tak mengurangi kekhidmatan dan rasa suka cita, acara wisuda terhadap 137 mahasiswa Akpar Majapahit yang dihelat di Ballroom Novotel Samator Hotel Jl. Raya Kedungbaruk No. 78-82 Surabaya, Minggu (06/12/2020) siang itu berjalan lancar.

Mahasiswa yang mengikuti prosesi acara Wisuda XII Rapat Senat Terbuka Civitas Akademika Akpar Majapahit itu berasal dari Prodi D3 Perhotelan, Prodi D3 Food & Beverage (FB) Product dan Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW).

Berdasarkan hasil keputusan Rapat Panitia Wisuda Akpar Majapahit 2020, dari 137 mahasiswa yang diwisuda tersebut, 71 orang mahasiswa hadir bersama orang tua di Novotel Samator Hotels. Sedangkan 66 mahasiswa lainnya mengikuti prosesi acara wisuda secara online (webinar) dari rumahnya masing-masing.

Pada acara Minggu (06/12/2020) siang itu, Akpar Majapahit secara resmi melepas 137 mahasiswa dalam acara Wisuda XII Akpar Majapahit. Dengan dikukuhkannya wisudawan dan wisudawati dalam Rapat Senat Terbuka yang dipimpin Direktur Akpar Majapahit Ir Juwono Saroso MM, MM.Par., maka mereka sekarang berhak menyandang gelar Ahli Madya Pariwisata (AMd.Par).

Wisuda XII Akpar Majapahit yang dihadiri perwakilan dari Kopertis Wilayah VII Jatim, BAN-PT, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jatim, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), mitra usaha Tristar Group dari dalam dan luar negeri, orang tua mahasiswa, pengurus Yayasan Prasetya Eka Mandiri, dosen dan segenap civitas akademika Akpar Majapahit berlangsung khidmat, meriah dan glamour.

Kebahagiaan, keceriaan dan suka cita terpancar dari wajah wisudawan dan wisudawati bersama orang tuanya masing-masing seusai mereka mengikuti prosesi acara wisuda pada siang itu.

Undangan dan tamu VIP yang hadir pada gelaran acara Wisuda XII Akpar Majapahit juga dihibur oleh paduan suara yang menyanyikan Hymne Akpar Majapahit dan sejumlah lagu Nasional.

Sementara itu dalam sambutannya, Direktur Akpar Mapajahit Ir Juwono Saroso MM, MM.Par berpesan kepada wisudawan dan wisudawati bahwa dengan dikukuhkannya mereka dalam wisuda kali ini bukan berarti perjalanan Anda berhenti sampai di sini, melainkan Anda harus menghadapi tantangan ke depan di tengah pandemi Covid-19.

Meski pandemi virus Corona masih belum bisa diprediksi kapan berakhirnya, pihaknya tetap minta wisudawan dan wisudawati untuk mengikuti uji kompetensi profesi di industri pariwisata yang sebelumnya telah Anda dalami selama kuliah. Kompetensi profesi ini penting dan besar manfaatnya karena siap mengantarkan Anda memasuki era Millenial. Anda pun leluasa terjun ke masyarakat demi memberikan sumbangsih yang terbaik kepada Bangsa dan Negara ini.

Diakuinya, jika prosesi acara wisuda itu sendiri kalau boleh dianalogikan ibarat orangtua melepas anak panah dari busurnya. Seperti yang dikutip dari seorang penyair hebat dari Libanon awal abad 20, Kahlil Gibran, ”Kamu (orangtua atau dosen) ibarat sebuah busur, sedangkan anak-anakmu (mahasiswa) adalah anak panahnya. Biarkan mereka terbang tinggi ke angkasa demi mengukir buah karyanya dengan tinta emas sesuai jamannya yang memang berbeda dengan era dirimu.”

Makanya Anda juga tidak boleh berhenti belajar. Makanya, Anda harus terus berkarya dan berusaha. Jangan takut gagal, karena kegagalan adalah sukses yang tertunda. Kalau Anda ingin meraih sukses, pelajarilah kesuksesan orang lain. ”Karena itu gunakanlah masa produktif Anda dengan melakukan hal-hal positif demi menata masa depan Anda yang lebih baik,” pesan Juwono Saroso, usai prosesi acara wisuda.

Lebih lanjut dikatakan Juwono, meski Industri Pariwisata Global (termasuk Perhotelan, Restaurant dan Jasa Transportasi) selama 2020 terpukul oleh persebaran virus Corona yang mematikan, namun upaya untuk bangkit dari keterpurukan ditempuh Pemerintah Indonesia dengan mendatangkan 1,2 juta vaksin buatan Sinovac Biotech Ltd., demi melawan Covid-19, di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Jakarta, Minggu (06/12/2020) malam.

Semoga upaya yang dilakukan Pemerintah Indonesia ini mampu membangkitkan kembali Industri Pariwisata Nasional –melalui program Sapta Pesona Indonesia-- yang perlahan-lahan mulai menggeliat lagi jelang tutup tahun 2020 dan memasuki Tahun Baru 2021. 

Untuk informasi lebih lanjut terkait agenda perkuliahan di Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, WA 0813 3035 0822, 0812 3375 2227 dan 0812 3253 9310, sekarang juga. (ahn) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar