twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 14 Februari 2018

Belajar Food Technology Bersama Chef Anastasia - 13 Mahasiswa Culinology Class Tristar Institute Praktik Buat Jelly Candy dan Marshmellow di Lab Tekpan J-5

Belajar Food Technology Bersama Chef Anastasia

13 Mahasiswa Culinology Class Tristar Institute Praktik Buat Jelly Candy dan Marshmellow di Lab Tekpan J-5
SEBANYAK  13 orang mahasiswa Culinology Class Tristar Institute praktik membuat dua resep permen kekinian yakni Jelly Candy dan Marshmellow dengan sentuhan Food Technology bersama chef Anastasia Kristien STP., di Laboratorium Praktik Teknologi Pangan (Tekpan) Tristar Institute Jl  Prapen Indah Blok J-5 Surabaya, selama dua hari, Jumat (08/12/2017) dan Sabtu (09/12/2017).

13 mahasiswa Culinology Class tersebut dibagi dalam empat kelompok kerja. Kelompok 1 anggotanya adalah Cindy, Fahmi dan Novi, Kelompok 2 terdiri dari Anggara, Sekar Arum dan Dina, Kelompok 3 personelnya terdiri dari Azizah, Ismaria dan Tika, sedangkan anggota Kelompok 4 meliputi Debrina, Lucky, Nana dan Resti.
Pada tatap muka hari pertama, Jumat (08/12/2017) siang, Kelompok 1 dan 2 diminta chef Anastasia membuat Jelly Candy rasa mangga (mango) dan Jelly Candy rasa orange. Sedangkan Kelompok 3 dan 4 membuat Marshmellow rasa mint dan Marshmellow rasa lemon.
Dalam praktik siang itu, chef Anas, sapaan akrab Anastasia Kristien STP, selain berbagai resep teknik membuat Jelly Candy dan Marshmellow dengan mahasiswa Culinology Class Tristar Institute, juga membekali pengetahuan singkat seputar gula dan pemanfaatannya di industri.
Gula termasuk karbohidrat sederhana karena dapat larut dalam air dan langsung diserap tubuh untuk diubah menjadi energi. Secara umum gula dibedakan menjadi dua yakni Monosakarida dan Disakarida.
”Melihat kelebihannya tersebut, maka Kelompok 1 dan 2 sata tugaskan membuat permen Jelly Candy dengan sentuhan Food Technology di Laboratorium Praktik Tekpan. Komposisi bahan untuk membuat Jelly Candy itu sendiri terdiri dari 100 gram Gelatine, 120 gram Glucose Syrup, 5-10 gram Fruit Acid, 600 gram Sugar, 160 gram Water, Food Colouring dan Food Flavouring,” terang chef Anastasia.
Cara membuatnya, 160 gram Water dibagi dua, 80 gram dipakai untuk melarutkan 100 gram Gelatine dan 80 gram sisanya dimasak (menggunakan api sedang suhu 120 *C) untuk melarutkan Sugar dan Glucose Syrup.
Setelah bahan itu larut baru ditambahkan Fruit Acid. Kemudian tambah pewarna makanan + food flavouring (rasa mango atau orange) dan selanjutnya kompor dimatikan.Olahan permen setengah jadi berbentuk emulsi itu kemudian dituangkan pada cetakan –bentuk satwa, daun, bintang, bulan sabit, matahari— kemudian didinginkan selama sehari (sekitar 24 jam) baru dimasukkan dalam toples kaca atau toples mika transparan.
Sedangkan Kelompok 3 dan 4 tampil all out membuat Marshmellow yang bahan-bahannya terdiri dari 75 gram Egg White (di-mixer), 70 gram Glucose Syrup, 25 gram Gelatine, 300 gram Sugar, 150 gram Water.
Cara membuatnya, 150 gram Water dibagi dua, 75 gram dipakai untuk melarutkan 25 gram Gelatine, sedangkan 75 gram sisanya dimasak (menggunakan api sedang pada suhu 120 *C) untuk melarutkan Sugar dan Glucose Syrup.
Setelah itu tambahkan putih telur yang sudah di-mixer + pewarna makanan dan essence aduk sampai rata sekalipun kompor sudah dimatikan. Adonan permen Marshmellow (rasa mint maupun lemon) berbentuk emulsi setengah jadi itu kemudian dituangkan dalam loyang berbentuk persegi dan selanjutnya didinginkan selama 24 jam.
Pada pertemuan terakhir, Sabtu (09/12/2017) siang, permen Jelly Candy yang masih berada di cetakan diambil satu persatu kemudian dimasukkan toples yang sudah dihias cantik, sedangkan untuk mengambil Marshmellow diloyang persegi, sebelum diambil dan dimasukkan wadah toples yang telah dihias menarik, Marshmellow itu dipotong kecil-kecil dengan ukuran 2x4 cm2 atau 3x3 cm2 sesuai selera.
”Dari pembelajaran langsung seperti ini, diharapkan bisa menginspirasi mahasiwa untuk membuat Jelly Candy dan Marshmellow skala rumahan untuk usaha. Permen kekinian ini sangat disuka anak-anak,” terang chef Anas kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, belum lama ini.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar