twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 23 Februari 2018

Belajar Table Manner di MaxOne Hotels Tidar Surabaya - 20 Mahasiswa Akpar Majapahit Konsentrasi Pastry Kelas Siang Nikmati Menu Utama Fish Breaded Butter Sauce

Belajar Table Manner di MaxOne Hotels Tidar Surabaya 

20 Mahasiswa Akpar Majapahit Konsentrasi Pastry Kelas Siang Nikmati Menu Utama Fish Breaded Butter Sauce
PADA awal Februari 2018 atau tepatnya hari Kamis (01/02/2018) pagi, 20 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Pastry Kelas Siang memenuhi undangan acara jamuan makan siang resmi untuk Table Manner di MaxOne Hotels Tidar Surabaya. Kegiatan ini demi mengaplikasikan mata kuliah Food Service 1 yang dibimbing Maftucha Dipl.Hot., SE, M.Par. Praktik Table Manner ini juga bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan.

Kedatangan rombongan mahasiswa D3 Akpar Majapahit Gelombang I ke hotel bintang tiga milik Mailstone Pacific Hotel Group (MPHG) di Jl. Tidar No. 5 Surabaya, pagi itu, di dampingi dua dosen pembimbing, yakni R. Paulus W. Soetrisno M.Par. (Kaprodi), dan Kabag Kemahasiswaan Hardhita Kusdharyanto M.Par.
Kedatangan rombongan mahasiswa Akpar Majapahit di MaxOne Hotels yang baru beroperasi setahun lalu itu disambut Sales Manager Andra, Asst. Food & Beverage Manager Kasiadik, Food Beverage Sales Manager Dundhee, Asst. Sales & Marketing Manager Marsha, Executive Chef Bambang Nurianto serta beberapa staf hotel yang lainnya di Open Oven Bistro (Café & Resto) MaxOne Hotels Tidar.
Setelah mengikuti acara seremonial penyambutan di Open Oven Bistro Lantai 2, lalu mahasiswa diajak tour hotel oleh FB Sales Manager Dundhee dan Asst. Sales & Marketing Manager Marsha antara lain melihat beberapa kamar hotel tipe Happiness, Max Happiness, Warmth (masing-masing berkapasitas dua orang) dan Love (berkapasitas lima orang) di Lantai 6.
”MaxOne Hotels Tidar yang berlantai enam itu mengoperasikan 79 kamar dengan fasilitas bathroom, AC, TV layar datar, TV kabel hingga layanan free Wi-Fi di dalam kamar,” kata Dundhee kepada rombongan mahasiswa Akpar Majapahit. Selain itu, mahasiswa juga ditunjukkan fasilitas dapur (Main Kitchen) dan Open Oven Bistro (Café & Resto).
Setelah puas meninjau sejumlah fasilitas hotel, rombongan mahasiswa Akpar Majapahit kembali ke Open Oven Bistro (Café & Resto) Lantai 2, kemudian dilanjutkan dengan acara utama yakni Table Manner Mahasiswa Akpar Majapahit Konsentrasi Pastry Kelas Siang di MaxOne Hotels Tidar yang dihelat sekitar pukul 10.00 hingga 12.30-an.
Acara tersebut dipandu langsung oleh Asst FBM MaxOne Hotels Tidar Kasiadik. Sementara itu R. Paulus W. Soetrisno dan Hardhita Kusdharyanto– keduanya adalah dosen D3 Perhotelan Akpar Majapahit-- proaktif mendampingi mahasiswanya mengikuti rangkaian kegiatan Table Manner
Menurut Adi, sapaan akrab Asst FBM MaxOne Hotels Tidar, pengertian umum Table Manner adalah tata cara dan etika dalam perjamuan makan. Biasanya orang yang menghadiri acara Table Manner di hotel atau Istana Negara, misalnya, sudah lebih dulu mendapat undangan dari panitia (mewakili pihak yang punya hajat).
Atas dasar undangan itu, pihak tamu sudah tahu kapan waktu hajatan itu digelar, dress code-nya apa (bisa mengenakan busana batik atau setelan jas) dan sebagainya.Saat hadir di tempat jamuan makan, sikap duduk juga mesti diperhatikan dan dijaga yakni duduk tegak dengan sikap sempurna. 
Kedua tangan juga tidak diperkenankan menempel di meja. Bicara pun juga harus diatur sedemikian rupa dan tidak boleh terlalu keras karena aturan ini terkait dengan etika sebuah jamuan makan resmi.
Pada acara Table Manner, meja makan sudah di-set up untuk jamuan makan resmi. Ada gelas piala, berbagai ukuran sendok (sendok makan, sendok garpu dan sendok sup), pisau, napkin (celemek), dan tissue.
Keberadaan napkin (celemek) biasanya ditaruh di paha tamu. Saat tamu menikmati makanan yang disajikan, celemek ini boleh dipakai untuk membersihkan mulut jika ada sisa makanan yang masih menempel. 
”Sekalipun di meja makan sudah tersedia tissue, napkin atau celemek tetap boleh dipakai membersihkan mulut karena standard operation procedure (SOP)-nya memperbolehkan hal itu atas pertimbangan faktor higienis dan etika,” terang Adi, saat sesi tanya jawab dengan mahasiswa Akpar Majapahit. Seperti pada acara serupa pekan lalu, mahasiswa yang bisa menjawab pertanyaan Kasiadik berhak mendapat cendera mata (souvenir) cantik atau voucher dari pihak hotel.
Sedangkan Executive Chef MaxOne Hotels Tidar, Bambang Nurianto bersama timnya sibuk menyiapkan menu lengkap jamuan makan siang ala Barat (lunch Western) untuk Table Manner. Menu lengkap itu meliputi Garlic Bread dan Bruschetta  (Bread & Butter), Mix Green Salad (Appetizer), Seafood Spicy Soup (Soup), Fish Breaded Butter Sau
ce (Main Course) dan Strawberry Mousse (Dessert). 
Bread & Butter (B&B) disajikan untuk menunggu acara jamuan makan yang sesungguhnya. B&B biasanya berupa seiris roti tawar dan butter yang disajikan di atas lepek dan sudah dilengkapi sebuah pisau kecil untuk mengoleskan butter ke cuilan roti. Dalam acara kemarin siang, pihak hotel menghidangkan Garlic Bread dan Bruschetta sebagai B&B-nya.
Menginjak ke acara jamuan makan siang ala Barat (lunch Western), menu makanan pembuka (Appetizer) yang disajikan adalah Mix Green Salad. Untuk menyantap Appetizer ini tamu cukup menggunakan sendok garpu. Makanan pembuka ini sifatnya tidak mengenyangkan dan diharapkan bisa merangsang nafsu makan tamu untuk menikmati sajian menu berikutnya.
Menu yang kedua adalah Seafood Spicy Soup (Soup). Untuk menikmati sup yang lezat  ini, Anda bisa menggunakan sendok sup yang tersedia di meja. Sedangkan menu utama (Main Course)-nya berupa Fish Breaded Butter Sauce dan sebagai makanan penutup (Dessert)-nya adalah Strawberry Mousse.
Sementara itu Dosen Food Service R Paulus W. Soetrisno M.Par yang menggantikan t Maftucha Dipl.Hot., SE, M.Par karena yang bersangkutan ada tugas ke Jakarta, mengatakan, acara Table Manner ini sepenuhnya diserahkan kepada anak didiknya. Dalam hal ini yang ditunjuk sebagai host-nya adalah Kenneth Tulangow yang akrab disapa Kenneth. 
Host inilah yang order tempat hingga mengajukan set menu lunch Western untuk Table Manner --diikuti 20 mahasiswa Akpar Majapahit-- dengan Marsha, Asst. Sales & Marketing Manager MaxOne Hotels Tidar, berikut menentukan besaran biaya acara tersebut,” kata Paulus kepada kru www.culinarynews.info, Kamis (01/02/2018) siang.
Sebuah rangkaian acara yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Diharapkan pengalaman empiris ini kelak bisa dijadikan bekal mahasiswa –setelah mereka lulus kuliah tentunya-- untuk menerjuni dunia kerja di industri perhotelan. Semoga. 
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar