twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 14 Februari 2018

Ujian Praktik Masak European Cuisine di Kampus J-5 - Mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Triwulan III, Diuji Buat Kreasi Makanan Eropa untuk Disajikan ala Lunch Buffet

Ujian Praktik Masak European Cuisine di Kampus J-5

Mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Triwulan III, Diuji Buat Kreasi Makanan Eropa untuk Disajikan ala Lunch Buffet
SELAMA tiga hari, tepatnya pada Selasa (12/12/2017) hingga Kamis (14/12/2017) lalu, 15-an mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Triwulan III yang diasuh chef Nadya Ratri S.Pd., M.Kes., ditantang membuat aneka kreasi masakan makanan Eropa (European Cuisine) pada ujian praktik masak yang dikemas ala Lunch Buffet di Laboratorium Praktik Teknologi Pangan Tristar Institute Jl Prapen Indah J-5 Surabaya.

15 mahasiswa Culinary Class Triwulan III itu dibagi dalam tiga kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan lima orang mahasiswa. Pada ujian praktik  masak hari pertama, Selasa (12/12/2017) lima mahasiswa anggota Kelompok 1 yang tampil adalah Budiarti Wilujeng P.R., Samuel Hadisaputra, Gundo Ari Bismoko, Zikri Sagit Prakasa Putra dan Carlos Krisnatius S.B. 
Sementara itu, anggota Kelompok 2 dan Kelompok 3 baru tampil pada Rabu (13/12/2017) dan Kamis (14/12/2017), sesuai jadwal ujian praktik masak yang sudah disusun oleh pihak Akademik cq chef Nadya Ratri selaku dosen pembimbing mahasiswa Culinary Class Triwulan III.
Lima mahasiswa Culinary Class Triwulan III (Kelompok 1) berusaha tampil all out di Laboratorium Praktik Tristar Institute Kampus J-5, sejak prepare untuk menyiapkan bahan masakan, memproses masaknya sendiri hingga mem-plating hasil masakan yang akan disajikan ala Lunch Buffet di hadapan juri di Kampus J-5.
Menurut chef Nadya, sapaan akrab Nadya Ratri, pembelajaran masak European Cuisine oleh dosen pembimbing selama tiga pekan (15 kali pertemuan), mahasiswa sedikitnya dibekali sekitar 39-45 resep. Pasalnya, setiap kali tatap muka, mahasiswa diajarkan membuat tiga resep masakan Eropa.
”Dalam ujian praktik masak kali ini, mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Triwulan III, saya minta menyiapkan menu lengkap makanan Eropa yang disajikan ala Lunch Buffet. Menu lengkap tersebut mulai appetizer (satu menu), soup (satu menu), main course (empat menu) dan dessert-nya (satu menu),”  tandas chef Nadya Ratri kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, belum lama ini.
Untuk itu, pihak kampus memberikan subsidi biaya pengadaan bahan baku masak itu berupa uang belanja @ Rp 75 ribu per mahasiswa atau setiap kelompok terdiri dari lima mahasiswa, maka uang belanja yang terkumpul sekitar Rp 375 ribu. 
”Jika saat belanja bahan baku berikut bumbu-bumbunya itu ada kekurangannya, maka kekurangan biayanya ditanggung sendiri oleh lima mahasiswa yang tergabung dalam satu kelompok,” kata chef Nadya Ratri di Kampus J-5.
Sesuai kesepakatan, lima mahasiswa Culinary Class Triwulan III yang tergabung dalam Kelompok 1, menyiapkan menu lengkap ala Luch Buffet pada ujian praktik masak hari pertama: Prawn Salad (appetizer), Chicken Mushroom Cream Soup (soup), Beef Blanquette, Spiced Chicken Roast, Grill Prawn dan Crispy Dory with Tartar Sauce (main course), dan Brownie Choco Mousse (dessert). Sejak pukul 08.30-10.30.
Selanjutnya masakan hasil kreasi mahasiswa anggota Kelompok 1 yang telah di-plating  di Laboratorium Praktik Teknologi Pangan Tristar Institute disajikan di meja yang sudah dihias lebih dulu, untuk selanjutnya dinilai oleh tiga anggota dewan juri yang terdiri dari chef Ari Purwantoro, chef Yanuar Kadaryanto dan chef Masario W. Saputra.
”Penyajian masakan hasil kreasi mahasiswa yang dikemas ala Lunch Buffet itu mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang diaplikasikan di industri perhotelan. SOP itu sudah termasuk memperhatikan aspek higienis dan sanitasi. Sementara itu penilaian ujian praktik masak tersebut oleh juri meliputi tiga aspek yakni penampilan, tekstur dan citarasa,” kata chef Nadya menutup pembicaraan.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar