twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 23 Februari 2018

Demi Mendekatkan Mahasiswa dengan Dunia Kerja di Industri - Mahasiswa Akpar Majapahit Belajar Table Manner, Housekeeping dan Cost Control Sambil Kuliner di Hotel

Demi Mendekatkan Mahasiswa dengan Dunia Kerja di Industri 

Mahasiswa Akpar Majapahit Belajar Table Manner, Housekeeping dan Cost Control Sambil Kuliner di Hotel 

DEMI mendekatkan mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan,  Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par.,  mengajak anak didiknya menghadiri praktik Table Manner, Housekeeping dan belajar Cost Control sambil berwisata kuliner di beberapa hotel berbintang di Surabaya dan Sidoarjo sejak dua pekan terakhir di bulan Januari 2018.
Untuk praktik Table Manner dihelat dua kali di MaxOne Hotels Tidar Surabaya, tepatnya pada Kamis (18/01/2018) siang dan Selasa (23/01/2018) siang. Pada gelaran acara Table Manner pertama, Kamis (18/01/2018) siang, rombongan mahasiswa Akpar Majapahit Konsentrasi Pastry Kelas Siang (17 orang) ini di dampingi Dosen Food Service R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Kabag Kemahasiswaan Hardhita Kusdharyanto M.Par.,  Manager Bursa Kerja Akpar Majapahit Agus Sudarsono M.Par dan Dosen Food & Beverage (FB) Service Peter ST.
Sementara itu, acara Table Manner kedua, Selasa (23/01/2018) siang, rombongan mahasiswa Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary dan Pastry Kelas Pagi (34 orang) ini di dampingi Dosen Food Service Maftucha Dipl. Hot., SE, M.Par., Kaprodi D3 Perhotelan R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Manager Bursa Kerja Akpar Majapahit  Agus Sudarsono M.Par.
Menurut Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno, meskipun acara inti di MaxOne Hotels Tidar Surabaya saat itu menitikberatkan praktik Table Manner, namun peserta kegiatan ini mendapat manfaat lain yakni tour hotel dengan melihat langsung sejumlah fasilitas hotel –mulai front office, kamar hotel hingga kitchen berikut aktivitas karyawan hotel sesuai jobs desk-nya masing-masing. 
Selain  itu, yang tidak kalah serunya peserta acara ini bisa menikmati sajian makan siang lengkap (lunch Western). Kegiatan ini boleh dibilang belajar sambil berwisata kuliner di hotel berbintang. Icip-icip makanan di hotel ini tentunya cocok banget dengan keahlian mereka sebagai chef yunior,” kata Paulus, yang juga Dosen Food Service ini.
Pada gelaran Table Manner pertama, Kamis (18/01/2018) siang, menu jamuan makan siang lengkap mulai Bread & Butter (BB), Appetizer, Soup, Main Course dan Dessert disiapkan  oleh Executive Chef MaxOne Hotels Tidar, Bambang Nurianto bersama timnya. Untuk B&B-nya berupa Mini Spring RollGreen Salad Tuna (Appetizer), Chicken Corn Soup (Soup), BBQ Grill Chicken Sauce (Main Course) dan Strawberry Mousse (Dessert)-nya.
Sementara itu, gelaran Table Manner kedua, Selasa (23.01/2018) siang, giliran Sous Chef MaxOne Hotels Tidar, Eko Sudaryanto bersama timnya, menyiapkan menu jamuan makan siang lengkap berupa Garlic Bread dan Mini Spring Roll (B&B), Mix Green Salad (Appetizer), Asparagus Soup (Soup), Grill Chicken Blackpepper Sauce (Main Course) dan Strawberry Mousse (Dessert)-nya.
Apresiasi tinggi disampaikan Yohannes dan M. Rizky Tahrizi, mewakili rekan-rekannya sesamq mahasiswa Akpar Majapahit, usai menikmati jamuan makan siang lengkap di MaxOne Hotels Tidar Surabaya. 
”Pasalnya, selain kami bisa berinteraksi langsung dengan sejumlah kru hotel mulai general manager hingga waitress/waiters MaxOne Hotels Tidar, kami juga dipersilakan mengkritisi tampilan, citarasa dan tekstur makanan yang disajikan pihak hotel,” terang Rizky kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.
Tidaknya hanya praktik Table Manner, 23 mahasiswa Akpar Majapahit yang mengambil mata kuliah Housekeeping dan Basic Accounting yang diasuh Agus Sudarsono M.Par., juga diajak melihat dari dekat cara kerja Housekeeping termasuk praktik Make Up Room dan Making Bed di Premier Place Hotels Juanda, Senin (22/01/2018) pagi.
Usai praktik Housekeeping di Premier Place Hotels Juanda dan tour hotel, mahasiswa Akpar Majapahit menikmati jamuan makan siang ala buffet (prasmanan) di Coriander Resto & Café dengan ditemani Head Chef Andi Abidin dan Asst. HR Manager Premier Place Hotels Juanda, Anita Hariyani.
Sementara itu, 20 mahasiswa Akpar Majapahit Konsentrasi Pastry Kelas Siang yang mengambil Basic Accounting yang diasuh Agus Sudarsono M.Par., juga antusias menyimak materi Cost Control dan Hospitality Management yang disampaikan oleh General Manager Luminor Hotel Jemursari, Soesijanto, Selasa (23/01/2018) pagi.
Setelah puas menyimak materi pembelajaran Cost Control dan Hospitality Management dari Soesijanto, yang berlangsung sekitar dua jam, lalu mahasiswa Akpar Majapahit dipersilakan menikmati makan siang yang dikemas ala prasmanan di lantai 5 hotel bintang tiga yang dikelola Waringin Hospitality. Menu makan siang tersebut disiapkan Executive Chef Ariyanto Wibowo bersama timnya di main kitchen Luminor Hotel Jemursari.
”Strategi yang kami lakoni dengan mengajak mahasiswa mengikuti kegiatan di sejumlah hotel ini, selain bertujuan memperbanyak relasi dengan pihak hotel, juga mendekatkan mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan,” kata Kaprodi.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar