twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 23 November 2018

Dari Ujian Praktik Masak di Dapur Culinary 2 Graha Tristar - Mahasiswa Advanced Culinary Class Persembahkan Aneka Kreasi Makanan dengan Pendekatan ”Food Technology”

Dari Ujian Praktik Masak di Dapur Culinary 2 Graha Tristar 

Mahasiswa Advanced Culinary Class Persembahkan Aneka Kreasi Makanan dengan Pendekatan ”Food Technology”

PADA hari Jumat (06/04/2018) siang, 19 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary (Advanced Culinary Class), diuji untuk membuat aneka kreasi makanan dengan sentuhan Food Technology di Dapur Culinary 2 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya dan Laboratorium Praktik Culinary Tristar Institute Lantai 2, Jl. Raya Jemursari No. 234 Surabaya.

Ujian praktik ini dilaksanakan setelah sebelumnya mahasiswa diajarkan membuat sejumlah kreasi masakan melalui pendekatan Food Technology bersama chef Rachma Nur Devianti STP,  di Laboratorium Praktik Culinary Tristar Institute.
19 mahasiswa Advanced Culinary Class yang mengikuti ujian praktik masak membuat aneka kreasi masakan (food creation) itu adalah Kevin Irawan, Defries Haryo Yudhanto, Noor Ainun, Abdullah Umar Al-Faruq, Rivaldi Jun Artanto, Muhammad Lucky Kurniawan, Nicholas Anderson, Iversen Riky D.J., Alfonso Senomurti Atmoko, Ronaldo Dimas Julianto, Leonardo Aldy Mahat, Yoseph Veda Hidayat, Moehammad Rizky Brillyan, Setia Yoga Pratama, Syaifullah Yusuf, Eroldo, James Armando Suroso, Septian Ade C.J.P. dan Melvin Septian Budiono.
Dalam ujian praktik masak tersebut, 19 mahasiswa Advanced Culinary Class itu dibagi menjadi sembilan kelompok kecil beranggotakan 2-3 orang. Empat kelompok ujian praktiknya mengambil tempat di Laboratorium Praktik Tristar Institute Jl. Raya Jemursari No. 234 Surabaya, sedangkan lima kelompok yang lain ujiannya bertempat di Dapur Culinary 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
Kevin dan Defries (Kelompok 1) membuat kreasi masakan dengan nama Sushi, Noor Ainun dan Abdullah Umar (Kelompok 2) mengkreasi masakan yang bertema Fish Cake Sprill Roll & Sauce Bumbu Rujak, Rivaldi dan Lucky (Kelompok 3) mengangkat kreasi masakannya dengan titel Spaghetti Java Sauce Telur Asin with Sambal Goreng Bantal
Sedangkan Nicholas dan Iversen (Kelompok 4) membuat kreasi masakan andalannya dengan nama Ayam Geprek  Mozarella with Sambal Terasi, Alfonso dan Ronaldo (Kelompok 5) menyiapkan masakan unggulannya yang bertajuk Otak-otak Cumi with Sambal Ijo.
Selanjutnya, Leonardo dan Yoseph (Kelompok 6) fokus membuat Nasi Goreng Seafood Sambal Balado Salted Egg, Rizky Brillyan dan Setia Yoga (Kelompok 7) tampil percaya diri membuat Ayam Penyet Mleshet Saus Telur Asin, Syaifullah Yusuf dan Eroldo (Kelompok 8) menyiapkan Otak-otak dan Tempura Suace Kailan with Brocolli, dan terakhir James dan Septian (Kelompok 9) antusias membuat Grilled Fish & Shrimp Cake with Salted Egg Cheese Sauce.
Sebelum mengolah bahan masakan menjadi sajian masakan Asian Advance Food, mereka prepare dulu bahan-bahan untuk memasak kepada pihak  Store (Toko 9) pada H-1, tepatnya Kamis (05/04/2018) siang, usai praktik masak membuat Sambal Indonesia –Sambal Bajak Teri dan Sambal Terasi-- dalam Kemasan bersama chef Rachma.
Dalam ujian praktik masak membuat aneka kreasi makanan melalui pendekatan Food Technology mahasiswa diberi sedikit kelonggaran, jika biasanya waktu ujian dibatasi tidak lebih dari 1,5 jam, namun dalam ujian kali ini waktunya sekitar dua jam.
Setelah berjuang keras mengeluarkan kemampuannya selama dua jam di Laboratorium Praktik Culinary Tristar Institute dan Dapur Culinary 2 Graha Tristar, masing-masing peserta ujian mem-plating hasil kreasi masakannya untuk disajikan di hadapan dosen penguji. Ada empat kriteria penilai yang menjadi tolak ukur, yakni dari aspek citarasa, tekstur, tampilan (kreativitas penampilan) dan kebersihan yang mengacu pada standar industri perhotelan.
Sementara itu, sebelum dihelat ujian praktik masak membuat aneka kreasi masakan menurut versi mereka sendiri, mahasiswa telah dibekali chef Rachma pengetahuan seputar Advanced Culinary dan Food Technology (Teknologi Pangan) selama empat kali pertemuan, sejak Senin (02/04/2018) hingga Kamis (05/04/2018) siang.
Pada tatap muka hari pertama, Senin (02/04/2018) siang, chef Rachma mengajarkan cara membuat Morami + Kojo untuk Kecap dan Telur Asin  (dibuat melalui tiga perlakuan), yakni dengan cara direndam, dibalut abu dan dibalut batu bata (bata merah).
Sedangkan pada pertemuan hari kedua, Selasa (03/04/2018), siang giliran chef Rachma, sapaan akrab Rachma Nur Devianti mengajarkan cara membuat Sambal Instan Indonesia yakni Sambal Soto Instan, Sambal Ijo Instan dan Sambal Tabur (Kering).
Sementara itu pada tatap muka hari ketiga, Rabu (04/04/2018) siang, mahasiswa Advanced Culinary Class diajarkan membuat produk Otak-otak Industri (berupa frozen food curah) dari ikan tengiri, Tempura Industri juga dari ikan tengiri dan Sambal Kacang Siap Saji.
Sedangkan pada pertemuan hari keempat, Kamis (05/04/2018) siang, chef Rachma mengajarkan mahasiswa Advanced Culinary Class cara membuat Sambal Indonesia dalam Kemasan yakni Sambal Bajak Teri dan Sambal Terasi.
Kepada kru www.culinarynews.info, akhir pekan lalu, chef Rachma mengatakan, ujian praktik masak membuat aneka kreasi makanan bagi mahasiswa Advanced Culinary Class kali ini mengangkat kreasi makanan berbasis Food Technology yang telah diajarkan sebelumnya.
Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan sisik melik program Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, BB 2AICE131, 25D164CF, 53B4EFD8, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar