twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 23 November 2018

Dari Ujian Praktik Pastry di Dapur Pastry 3 Graha Tristar - Tiga Dosen Ditunjuk menjadi Juri ”Cupcakes, Pinata dan Cakes” Hasil Kreasi Mahasiswa Pastry (P3) Kelas Pagi

Dari Ujian Praktik Pastry di Dapur Pastry 3 Graha Tristar

 Tiga Dosen Ditunjuk menjadi Juri ”Cupcakes, Pinata dan Cakes” Hasil Kreasi Mahasiswa Pastry (P3) Kelas Pagi
TIGA Dosen Akpar Majapahit yakni Chef Otje H. Wibowo SE., M.Par., Dewi Mariyanah M.Par dan Imania Ayu Wulandari MM.Par ditunjuk menjadi juri pada ujian praktik masak membuat aneka kreasi Cupcakes, Pinata dan Cakes yang diikuti tiga mahasiswa Pastry (P3) Kelas Pagi di Dapur Pastry 3 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (29/03/2018) pagi.
Ketiga anggota Dewan Juri itu dengan cermat melihat satu persatu produk Cupcakes, Pinata dan Cakes hasil kreasi mahasiswa Pastry (P3) Kelas Pagi yang sehari-hari diasuh oleh Chef Renny Savitri M.Par bersama asistennya, Chef Fitri Syntiadewi SE di Dapur Pastry 3. 
Tidak hanya melihat tampilannya saja, ketiga orang juri itu juga dipersilakan mencicipi satu persatu dari enam produk hasil kreasi mahasiswa Pastry (P3) Kelas Pagi dengan disaksikan Chef Renny Savitri M.Par.
Dalam ujian kali ini, ada tiga kriteria penilaian oleh Dewan Juri yang mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan, yakni creativity & plating (penampilan), texture (tekstur) dan taste (citarasa). 
Tiga kreasi produk Cupcakes, Pinata dan Cakes hasil kreasi mahasiswa Pastry (P3) Kelas Pagi yang disajikan di meja, mulai Chocolate Oreo Cupcake Tara Sponge Cake with Durian Mousse & Ice Cream tak luput dari perhatian dan dikritisi oleh tiga orang juri berdasarkan tiga aspek yakni penampilan, tekstur dan citarasanya. 
”Hal ini demi mendapatkan obyektivitas selama penilaian dan yang nilainya tertinggi memang produk pastry tersebut betul-betul cantik, menarik dan enak ditinjau dari aspek penampilan, tekstur dan citarasanya,” kata Chef Renny Savitri M.Par., usai penjurian pada ujian praktik hari terakhir, Kamis (29/03/2018), di Dapur Pastry 3.
Sementara itu, tiga mahasiswa yang maju ujian praktik membuat aneka kreasi Cupcakes, Pinata dan Cakes pada hari terakhir, Kamis (29/03/2018) pagi, adalah Athalia Stefi Mulyadi, Ignatius Andrew Suwanto dan Fira M. Kamidia.
Dalam ujian praktik siang itu, Athalia antusias menyiapkan Chocolate Ore Cupcake, Andrew membuat Tara Sponge Cake with Durian Mousse & Ice Cream dan Fira all out membikin Green Tea Banana Crepes Cake Pinata.
Sebelum praktik masak di Dapur Pastry 3, 12 mahasiswa Pastry (P3) Kelas Pagi yang sehari-hari dibimbing Chef Renny Savitri dan asistennya Chef Fitri, memperoleh jatah uang belanja @ Rp 50 ribu per orang dari pihak Kampus. 
Uang tersebut untuk dibelanjakan aneka bahan kue dan roti sesuai kebutuhan peserta ujian.  Kalau dananya dirasa masih kurang saat mereka berbelanja, maka peserta ujian tersebut wajib nomboki dari uang sakunya sendiri.
Selain itu setiap peserta ujian juga diminta menyerahkan resep cara membuat kreasi produk Cupcakes, Pinata dan Cakes yang akan dibuat mahasiswa Pastry Akpar Majapahit kepada dosen atau asistennya, sebelum ujian berlangsung.
Durasi ujian praktik membuat aneka kreasi Cupcakes, Pinata dan Cakes di Dapur Pastry 3 pagi itu dimulai pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB. Dengan waktu sekitar tiga jam, diharapkan setiap peserta ujian sudah bisa menampilkan hasil kreasinya –sudah di-plating atau di-garnish— semenarik mungkin di hadapan dewan juri.
Tiga orang juri tersebut adalah Asdir II Bidang Keuangan dan Umum Akpar Majapahit Chef Otje H. Wibowo SE., M.Par., Kaprodi D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Dewi Mariyanah M.Par dan Kaprodi Food Product Akpar Majapahit Imania Ayu Wulandari MM.Par.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Pastry Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar