twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 26 November 2018

Dari Ujian Praktik Buat Kreasi Kue Street Food di Dapur Pastry 2 - Mahasiswa Advanced Pastry Class Persembahkan Enam Kreasi Jajanan ”Street Food” Desain Kekinian

Dari Ujian Praktik Buat Kreasi Kue Street Food di Dapur Pastry 2

Mahasiswa Advanced Pastry Class Persembahkan Enam Kreasi Jajanan ”Street Food” Desain Kekinian
PADA hari Jumat (13/04/2018) pagi, enam mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit diuji membuat aneka kreasi kue Street Food menurut versi mereka sendiri. Pada saat ujian praktik masak di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya itu mereka di dampingi chef Laurentia Vivi S.Pd., MM.Par. 
Enam mahasiswa Advanced Pastry Class yang maju ujian praktik kali ini adalah Abigail Gabriela, Delvina Sascia Putri, Steven Irfan Wibisono, Ivony Wijaya Limantara, Ratu Isnaenny Surya Dessy A.P. dan Nouva Swisstania Fasma. Mereka tampil all out mengikuti ujian praktik membuat aneka kreasi kue Street Food sejak persiapan bahan hingga mem-plating hasil kreasinya masing-masing di Dapur Pastry 2.
Dalam ujian praktik yang berdurasi sekitar 3-4 jam tersebut, Ivony Wijaya Limantara membuat Smoked Beef Cheese Takoyaki (Jepang), Abigail Gabriela menyiapkan Brawnies & Ice Cream Mochi (Jepang) dan Ratu Isnaenny Surya membikin Putu Mozarella (Indonesia).
Selanjutnya, Nouva Swisstania Fasma membuat kreasi kue Street Food bertajuk Honey Hotteok (Korea), Delvina Sascia Putri antusias membuat kreasi Macaron Filled Matcha Obanyaki (Jepang) dan Steven Irfan mempersembahkan kreasi Kue Cubit Green Tea (Indonesia).
Hasil kreasi mahasiswa Advanced Pastry Class yang telah di-plating disajikan di hadapan dosen penguji untuk dinilai berdasarkan tiga kriteria yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Tidak kriteria itu mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.
Sebelum maju ujian, mereka telah dibekali teknik membuat aneka kreasi kue Street Food dengan desain kekinian di Dapur Pastry 2 selama empat kali tatap muka. Pada tatap muka hari pertama, Selasa (06/03/2018) siang dengan materi antara lain teori dan praktik seputar teknik membuat Cold Klappertart, Durian Klappertart dan Cheese Klappertart dengan desain kekinian dan citarasa istimewa yang tentunya sangat disuka konsumen.
Pada praktik hari pertama itu, mahasiswa Advanced Pastry Class diajarkan membuat dua kreasi menu Street Food tersebut di Dapur Pastry 2 oleh chef Vivi di dampingi asistennya, Selvi. Meski kreasi kue yang diajarkan diberi titel Street Food, namun aneka produk Street Food yang diajarkan kepada mahasiswa ini bukan kue pasaran karena tampilannya tidak kalah dengan produk pastry kekinian yang lagi nge-trend di pasaran.
”Pasalnya dengan sentuhan modern baik dari aspek teknik membuat maupun pemilihan bahan bakunya, maka tampilan tiga resep Klappertart ini terkesan berkelas, elegan dan bercitarasa tinggi,” terang chef Vivi di hadapan anak didiknya.
Giliran pada pertemuan hari kedua, Selasa (10/04/2018) siang, chef Vivi berbagi ilmu dengan anak didiknya cara membuat tiga kreasi Street Food yakni Bubble Milo Ice, Churro Basket Ice Cream dan Brownie Ice Cream Bomb di Dapur Pastry 2.
Selanjutnya pada tatap muka hari ketiga, Rabu (11/04/2018) siang, chef Vivi dan asistennya Selvi, membekali anak didiknya teknik membuat Korean Egg Bread, Thai Bread dan Chicken Pao Sandwich. Dua resep ini merupakan bagian dari pengembangan kreasi Street Food juga.
”Sedangkan pada pertemuan hari keempat, Kamis (12/04/2018) siang, mahasiswa Advanced Pastry Class, kami ajarkan cara membuat Kue Ijo, Lumpang Thai dan Lumpang Gulmer,” terang chef Vivi, sapaan akrab Laurentia Vivi kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, Selasa (10/04/2018) siang.
Setelah mengikuti pembelajaran selama empat kali tatap muka mulai Senin (09/04/2018) hingga Kamis (12/04/2018), maka pada pertemuan hari terakhir, Jumat (13/04/2018), siang hari ini,  mahasiswa Advanced Pastry Class akan diuji untuk membuat kreasi Street Food menurut versi mereka sendiri di Dapur Pastry 2, Lantai 2,  Graha Tristar Surabaya.
”Ke depannya, kami harapkan akan lahir kreasi-kreasi baru dari pengembangan Street Food melalui tangan-tangan trampil dari kreativitas mahasiswa Advanced Pastry Class. Upaya ini sekaligus untuk memperkaya khasanah jajanan Indonesia,” cetusnya.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar