twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 28 November 2018

Lebih Dekat dengan Jelmy, Dosen Tamu dari Denali & Gilbey’s - ”All Out” Ketika Ajarkan ”Latte Art” kepada Mahasiswa Advanced Pastry Class di Dapur Pastry 2 Graha Tristar

Lebih Dekat dengan Jelmy, Dosen Tamu dari Denali & Gilbey’s

”All Out” Ketika Ajarkan ”Latte Art” kepada Mahasiswa Advanced Pastry Class di Dapur Pastry 2 Graha Tristar
SEBAGAI dosen tamu (Guest Lecture) yang mengajarkan pengetahuan seputar sisik melik cara membuat aneka kreasi Latte Art,  Jelmy, praktisi Barista dari Denali & Gilbey’s, senantiasa tampil all out saat berbagi ilmu dengan tujuh mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Selain membekali anak didiknya dengan teori dasar meracik kopi ala café & resto (Basic Coffee Knowledge) dan cara meracik kopi dengan tampilan canik dan menarik (Latte Art) sesuai standar industri, juga mempraktikkannya langsung teknik membuat aneka kreasi Latte Art bersama anak didiknya. 
Tujuh mahasiswa Advanced Pastry Class itu adalah Abigail Gabriela, Delvina Sascia Putri, Steven Irfan Wibisono, Kenneth Tulangow, Ivony Wijaya Limantara, Ratu Isnaeny Surya dan Nouva Swisstania Fasma. Mereka antusias mengikuti praktik membuat aneka kreasi Latte Art, sejak tatap muka hari pertama Selasa (15/05/2018) hingga hari keempat Jumat (18/05/2018) pagi di Dapur Pastry 2.
Demi mencapai hasil pembelajaran yang maksimal, sejumlah peralatan meracik kopi standar ala café-café modern pun dibawa langsung dari tempatnya bekerja ke Graha Tristar. Di antaranya adalah grander coffee (penghancur biji kopi matang menjadi bubuk halus), coffee maker (mesin pembuat kopi) ukuran portable, teko, thermometer cairan, stopwatch, cocktail shaker (alat pengocok), jigger, contoh kopi bubuk, dan aneka jenis sirup merek Denali (UK). 
”Saya tidak ingin setengah-setengah saat mengajarkan Latte Art kepada mahasiswa Advanced Pastry Class. Makanya, sejumlah peralatan meracik kopi standar industri saya bawa ke sini,” kata Jelmy, Guest Lecture dari Denali & Gilbey’s Surabaya kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, Senin (21/05/2018) siang.
Kehadirannya di hadapan mahasiswa Advanced Pastry Class ini, selain mengajarkan teori dasar meracik kopi (Barista) ala café & resto sesuai standar industri pariwisata dan perhotelan, juga berbagi ilmu pengetahuan bahan mulai jenis kopi Robusta dan Arabica yang dibudidayakan di Indonesia termasuk kelebihan kopi luwak dibandingkan kopi biasa.
Tak hanya itu, mahasiswa juga dibekali tentang cara pemanenan dan pengolahan biji kopi (pascapanen) menjadi bubuk kopi, bubuk cokelat (chocolate), fresh milk, simple sirup, es batu (tube ice) dan air hangat hingga peralatan apa saja yang diaplikasikan untuk belajar membuat Latte Art.
Pada kesempatan itu, Jelmy mengungkapkan, secara umum cara meracik kopi seperti yang sudah diajarkan di kelas. Karena itu, kehadirannya di hadapan mahasiswa untuk berbagi ilmu sekaligus mengingatkan kembali bagaimana cara meracik kopi dengan tampilan nan cantik (Latte Art) desain kekinian, yang sekarang lagi trend di pasaran. 
”Dan diharapkan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran kali ini bisa memperoleh manfaat dan pengalaman baru tentang Latte Art yang barangkali belum diajarkan di kelas,” ujar praktisi Barista dari Denali & Gilbey’s tersebut.
Jelmy pun mengajarkan teori dasar teknik meracik kopi (Basic Coffee Knowledge) sesuai standar industri, mengenal kopi yang dibudidayakan di Indonesia, cara pemanenan biji kopi, pengolahan pascapanen kopi menjadi bubuk kopi siap sedu, pengetahuan bahan pendukung meracik kopi seperti simple sirup, bubuk cokelat, tube ice (es batu), fresh milk, air hangat dan peralatannya kepada mahasiswa.
Pada kesempatan itu, mahasiswa juga dikenalkan sejumlah peralatan meracik kopi yang biasa ditemukan di café-café modern, seperti grander coffee (penghancur biji kopi matang menjadi bubuk halus), coffee maker (mesin pembuat kopi), teko, termometer cairan.
Coffee maker yang dibuat untuk praktik mahasiswa adalah coffee maker portable yang praktis dibawa ke mana-mana. Dengan alat itu, mahasiswa bisa mempraktikkan secara langsung teknik membuat Latte Art sesuai arahan dosen pembimbing, tapi bahannya bukan bubuk kopi melainkan  bubuk cokelat  dan fresh milk.
”Sedangkan praktik membuat Latte Art sesuai standar industri, bahan yang digunakan bukan bubuk cokelat tetapi biji kopi yang sudah matang atau bubuk kopi, fresh milk (krim), simple sirup, es batu dan air hangat,” terang Jelmy. 
Pepatah bilang sambil menyelam minum air, maka Jelmy pun memberikan ulasan singkat tentang sirup yang diproduksi oleh Denali (UK), Denali Flavoured Syrup yang memproduksi berbagai sirup halal untuk memenuhi kebutuhan café-café, restoran hingga hotel-hotel berbintang.
Denali Flavoured Syrup ini direkomendasi untuk campuran kopi, mocktail dan cocktail. Sirup merek Denali (UK) ini juga telah mengantongi Sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). 
Di pasaran ada banyak pilihan sirup Denali, di antaranya Denali Grenadine Syrup, Denali White Chocolate Syrup, Denali Syrup Peach, Denali Syrup Caramel, Denali Syrup Blue Caracao, Denali Syrup Gourmet, Denali Syrup Chocolate, Denali Passion Fruit Syrup. Di pasaran, harga sirup Denali per botolnya dipatok mulai Rp 99 ribu ke atas.
Selain menyediakan aneka sirup untuk segmen pasar menengah ke atas, Denali & Gilbey’s juga memasok aneka Powdered Sugar, Buttercream, Cake Batter, Vanilla Syrup for Glaze dan New Fragrances untuk hotel, restoran dan café-café di seluruh wilayah Indonesia.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Pastry Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar