twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 09 Oktober 2019

Dari Majapahit Travel Fair (MTF) 2019 di Grand City Surabaya - BEM Tristar Group Sukses Gelar Lomba Macaki Kue Coklat, Chocolate Showpiece, Talkshow Pemanfaatan Coklat dan Bumbu Jangkep Dance

Dari Majapahit Travel Fair (MTF) 2019 di Grand City Surabaya

BEM Tristar Group Sukses Gelar Lomba Macaki Kue Coklat, Chocolate Showpiece, Talkshow Pemanfaatan Coklat dan Bumbu Jangkep Dance
 
 
UNTUK kali kesekian, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Tristar Group Periode 2018/2019 sukses menghelat sejumlah kegiatan yang dipercayakan oleh pihak Akademik. Kali ini BEM Tristar Group kembali mengukir prestasi berkat kesuksesannya menggelar Lomba Macaki Kue Coklat, Chocolate Showpiece bertajuk Save Our Planet, Talkshow tentang Pemanfaaan Coklat untuk Membuat Aneka Olahan Produk Pastry dan Bumbu Jangkep Dance.
 
 
Rangkaian acara yang dikemas apik oleh pengurus dan sejumlah anggota BEM Tristar Group yang menjadi Panitia Lomba Macaki Kue Coklat itu, digelar usai Opening Seremony perhelatan Majapahit Travel Fair (MTF) 2019 oleh Gubernur Jatim Hj. Khofifah Indar Parawansa di Grand City Convex Surabaya pada 2-5 Mei 2019.
 
 
Pada lomba Macaki Kue Coklat, durasi menghias kue tersebut tidak lebih dari satu jam karena setiap peserta (siswa SMK dari Surabaya, Malang dan Mojokerto), menyiapkan kue yang belum dihias (setengah jadi) itu dari rumah termasuk semua pernak-perniknya.
 
 
”Dengan demikian waktu yang kami sediakan hanya 60 menit itu sudah lebih dari cukup untuk proses Macaki Kue Coklat hingga kue yang sudah dihias tersebut ditampilkan di hadapan tiga orang juri,” kata Mellynia Amzali, Ketua Panitia Lomba Macaki Coklat kepada kru www.culinarynews.info, di sela-sela lomba, Kamis (02/05/2019).
 
 
Melly, sapaan akrab mahasiswi D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit ini mengatakan, pihak Panitia mendatangkan tiga juri yang sangat berkompeten di dunia pastry (patisserie). Mereka adalah Chef Mickey Gunawan (PT Smart Tbk), Chef Rio Armansyah (ChefMate Chocolate) dan Chef Otje Herman Wibowo SE, M.Par (Tristar Group).
 
 
Ada lima kriteria penilaian untuk Lomba Macaki Kue Coklat yang dibuat Tim Juri, yakni Tampilan, Kreativitas, Tekstur, Rasa dan Kebersihan.Lima kriteria penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.
 
 
Dari hasil penilaian tiga orang juri tersebut, akhirnya diputuskan bahwa Juara I dengan nilai 1.269 diraih Vania Clarissa (SMK Mater Amabilis). Vania berhak menerima tropi, sertifikat dan uang tunai Rp 3 juta dari Ketua Yayasan Eka Prasetya Mandiri Evie Mulyasari Dewi S.Si.Apt., M.MPar.
 
 
Sedangkan Juara II dengan nilai 1.259  berhasil direbut oleh Christina Andre. Pelajar SMK ini berhak menerima trofi, sertifikat dan uang tunai Rp 2 juta dari Chef Mickey Gunawan dari PT Smart Tbk.
 
 
Selanjutnya Juara III dengan nilai 1.202 disabet Melissa Sandra. Siswi SMK ini berhak menerima tropi, sertifikat dan uang tunai Rp 1 juta dari Kaprodi D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit.
 
 
Juara Harapan I dan Juara Harapan II masing-masing diraih oleh Raffifa dan Amelia Anita G, keduanya juga siswa SMK. Raffifa dan Amelia berhak menerima tropi, sertifikat dan uang tunai (Rp 300 ribu dan Rp 200 ribu), yang diserahkan langsung oleh Chef Rio Armansyah dari ChefMate Chocolate.
 
 
Sebelum pengumuman pemenang Lomba Macaki Kue Coklat, ada beberapa acara yang sudah disiapkan pihak Panitia, yakni Chocolate Showpiece  bersama Chef Otje Herman Wibowo., dengan dipandu langsung oleh Lenny, mahasiswa Tristar Samator, yang dipercaya Panitia menjadi host-nya.
 
 
Usai menggelar Chocolate Showpiece bertajuk Save Our Planet, giliran yang tampil berikutnya adalah Bumbu Jangkep Dance. Tarian rancak menghentak itu dibawakan oleh enam mahasiswi cantik energik dari Tristar Group. Mahasiswi yang tampil nge-dance sore itu adalah Oceana Wijaya, Maya Prisilya, Clarissa Patricia Anggara, Alda Trecya, Helen Nadia dan Steffany Brenda.
 

 
Setelah aksi ciamik Bumbu Jangkep Dance yang dikoreograferi oleh Leonardo dari Surabaya, selanjutnya Chef Otje Herman Wibowo kembali tampil menjadi narasumber acara Talkshow tentang Pemanfaatan Coklat untuk Membuat Aneka Olahan Produk Pastry yang dipandu oleh Lenny, presenter cantik dengan hijab di kepala.
 
 
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit (Tristar Group), Anda ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar