twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 20 Oktober 2019

Dari Ujian Praktik FoodTech Bersama Chef Rachma Nur Devianti - Mahasiswa Advanced Culinary Class Persembahkan Gurami Sweet & Sour + Tumis Buncis with Beef, Beef Patty Katsu Curry dan Beef Patty Steak

Dari Ujian Praktik FoodTech Bersama Chef Rachma Nur Devianti

Mahasiswa Advanced Culinary Class Persembahkan Gurami Sweet & Sour + Tumis Buncis with Beef, Beef Patty Katsu Curry dan Beef Patty Steak
USAI diajarkan teknik membuat sembilan produk olahan makanan dengan pendekatan Food Technology selama sepekan terakhir, giliran sekarang mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit ditantang membuat kreasi masakan (food creations) menurut versi mereka sendiri. Ujian praktik masak secara individual tersebut dihelat di Kitchen Culinary 3, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (19/06/2019) pagi.

Tiga mahasiswa Advanced Culinary Class yang maju ujian praktik masak pada Selasa (18/06/2019) pagi itu adalah Edric Wilbert Tjoa, Hatmadi Ismu S dan Wahyu Trisna Ardi. Mereka berupaya tampil all out saat masak makanan kesukaannya pada final exam tersebut, demi menghasilkan kreasi masakan yang terbaik dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur dan rasanya.
Tema utama ujian praktik masak yang wajib ditampilkan oleh anak didik Chef Rachma adalah membuat kreasi makanan yang memanfaatkan produk olahan chicken crispy, mushroom crispy, tomato sauce, chili sauce, patty burger, mayonnaise, thousand island, BBQ sauce atau mushroom sauce seperti yang telah diajarkan sebelumnya di Kitchen Graha Tristar Surabaya.
Oleh karena itu, Edric Wilbert Tjoa pun antusias menyiapkan kreasi masakan andalannya yang berjudul Beef Patty Katsu Curry, Kreasi masakan yang dibuat Edric ini ini diadopsi dari Negeri Sakura (Jepang). Sedangkan Hatmadi Ismu S., memutuskan untuk mengkreasi masakan kesukaannya yakni Gurami Sweet & Sour + Tumis Buncis with Beef. Kreasi makanan itu dijagokannya pada final exam tersebut.
Tidak mau kalah dengan dua koleganya, Wahyu Trisna Ardi pun ingin tampil beda dengan membuat kreasi masakan yang bertajuk Beef Patty Steak, pada ujian praktik masak secara individual di Kitchen Culinary Graha Tristar, Selasa (18/06/2019) pagi.
Menurut Dosen Pengajar Food Technology Tristar Group Chef Rachma Nur Devianti STP., M.MPar., ujian praktik masak yang diikuti tiga mahasiswa Advanced Culinary Class ini durasinya sekitar 1,5-2 jam, sejak prepare bahan masakan, proses memasaknya hingga menyajikan hasil kreasi masakan yang sudah di-plating di hadapan juri.
Seperti pada ujian praktik masak sebelumnya, maka dalam final exam kali ini ada tiga kriteria penilaian yang dijadikan acuan juri, yakni dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur dan rasanya. Tiga kriteria penilaian itu mengacu pada Standard 0peration & Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.
Seperti diberitakan sebelumnya bahwa tiga mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit, Edric Wilbert Tjoa, Hatmadi Ismu S dan Wahyu Trisna Ardi, telah diajarkan Chef Rachma, teknik membuat chicken crispy, mushroom crispy, tomato sauce, chili sauce, patty burger, mayonnaise, thousand island, BBQ sauce atau mushroom sauce, selama empat kali pertemuan, Rabu (12/06/2019) hingga Senin (17/06/2019).
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar