twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 16 Oktober 2019

Belajar Buat Aneka Kreasi Kue Kekinian Bersama Chef Vivi - Mahasiswa Advanced Pastry Class Giliran Praktik Buat Sembilan Kreasi Cakes Bertema ”Idul Fitri Corner 2019”

Belajar Buat Aneka Kreasi Kue Kekinian Bersama Chef Vivi

Mahasiswa Advanced Pastry Class Giliran Praktik Buat Sembilan Kreasi Cakes Bertema ”Idul Fitri Corner 2019”
 
DEMI menyambut Hari Raya Idul Fitri 2019, tiga mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit, kembali diajarkan Chef Laurentia Vivi S.Pd., M.MPar., membuat 8-10 kreasi kue (cakes) kekinian bertajuk Idul Fitri Corner 2019, di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Praktik membuat aneka kreasi kue Idul Fitri itu dihelat mulai Rabu (15/05/2019) hingga Senin (20/05/2019) mendatang.
 
Tiga mahasiswa Advanced Pastry Class yang mengikuti praktik membuat dua kreasi kue Ramadhan pada tatap muka hari pertama, Rabu (15/05/2019) pagi itu adalah Merliana Sari (Mei Mei), Dwi Mei R. dan Willyam Mak. Chef Vivi bersama anak didiknya pagi itu tampak bahu membahu, saat praktik membuat Oreo Cup Cheese dan Coffee Jelly Cheese Cake di Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya.
 
 
”Untuk membuat Oreo Cup Cheese hanya perlu menyiapkan dua ingredient, sedangkan untuk membuat Coffee Jelly Cheese Cake perlu menyiapkan tiga ingredient berikut dengan topping-nya dari coffee jelly,” kata Dosen Pengajar Pastry tersebut.
 
 
Sementara itu pada pertemuan hari kedua, Kamis (16/05/2019), mahasiswa Advanced Pastry Class kembali dibekali oleh Chef Laurentia Vivi, teknik membuat tiga kreasi cakes yang berbeda, yakni Rainbow Brownies Pudding, Jelly Glass Candy dan Mozza Rainbow Toast.
 
 
Untuk membuat Rainbow Brownies Pudding, misalnya, ada beberapa tahapan pekerjaan yang harus dilakoni mahasiswa, yakni membuat Brownies dengan tiga ingredient lebih dulu. Ingredient A bahannya terdiri dari butter, vegetable oil, DCC dan rhum bake.
 
 
Selanjutnya menyiapkan ingredient B bahannya meliputi egg, cheese, sugar dan cake emulsifier, sedangkan ingredient C menggunakan bahan SB flour, cocoa powder, BP dan salt. Sedangkan pekerjaan selanjutnya menyiapkan Pudding juga dengan tiga ingredient dan membuat pudding-nya sendiri.
 
 
Sementara itu untuk membuat Mozza Rainbow Toast. Pekerjaan yang harus dijalani anak didik Chef Vivi adalah menyiapkan ingredient untuk membuat Mozza Rainbow Toast yang bahannya terdiri dari toast bread, mozzarella cheese, rainbow food color
 
 
Sedangkan ingredient untuk membuat Jelly Glass Candy meliputi agar-agar powder, water, sugar, tutti frutty, essence dan rainbow food color, Jelly Glass Candy yang sudah jadi kemudian dipotong persegi dengan ukuran 3x2 cm2.
 
 
Sedangkan pada tatap muka hari ketiga, Jumat (17/05/2019), Chef Laurentia Vivi kembali berbagi ilmu dengan anak didiknya cara membuat dua resep cakes yakni Banana Delight Brownies dan Kolak Cake, yang masih senada dengan tema Idul Fitri Corner 2019 dengan tampilan kekinian. 
 
 
Selanjutnya pada pertemuan hari keempat, Senin (20/05/2019) pagi, mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit, masih dibekali lagi dengan praktik membuat dua kreasi cakes, yakni Tiger Mandarin Roll Cake dan Ananas Tart Brownies yang masih terkait dengan tema Idul Fitri Corner 2019.
 
 
Sementara itu pada tatap muka hari terakhir, Selasa (21/05/2019) pagi, giliran tiga mahasiswa Advanced Pastry Class diuji membuat aneka kreasi cakes menurut versi mereka sendiri dengan tema yang sama, yakni Idul Fitri Corner 2019.
 
 
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Pastry Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar